7 Strategi Marketing Bisnis Kuliner untuk Meningkatkan Penjualan

strategi marketing bisnis kuliner

Strategi marketing bisnis kuliner menjadi salah satu cara pemasaran yang paling dicari. Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini bisnis kuliner menjadi bidang bisnis yang paling berkembang di Indonesia. Jumlah peminat yang tak pernah sepi menjadi alasannya.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bisnis kuliner sangat dipengaruhi oleh digital marketing kuliner yang menjadi cara paling efektif untuk meningkatkan penjualan. Selain dengan digital marketing, berikut ini merupakan strategi marketing bisnis kuliner yang bisa Anda coba.

Strategi Marketing Bisnis Kuliner

Inilah beberapa strategi marketing bisnis kuliner yang harus dipahami jika ingin membuka kafe, warung makan, ataupun restoran.

1. Promosi Awal dan Promosi Event

Saat ini banyak generasi milenial yang memulai bisnis kuliner dengan membuat ragam produk kuliner unik untuk dipasarkan. Agar lebih mudah untuk memperkenalkan produk baru kepada masyarakat, sangat disarankan untuk memberikan promosi awal.

Promosi di awal maksudnya hari pertama saat produk mulai dipasarkan. Cara ini dipercaya mampu membuat konsumen menjadi lebih tertarik untuk mengenal produk yang ditawarkan.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cara promosi untuk berbagai event yang sedang berlangsung atau sedang happening saat ini.

Misalnya, ada event Halloween setiap bulan Oktober yang bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk mempromosikan bisnis kuliner yang Anda miliki. Momen-momen itu bisa dimanfaatkan untuk memperluas marketing sekaligus meningkatkan keuntungan.

2. Perluas Pasar Melalui Berbagai Event

Bila telah memberikan berbagai diskon menarik saat awal pembukaan bisnis, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai event yang ada di luar sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pemasaran bisnis kuliner.

Bila Anda turut bergabung di berbagai event, masyarakat bisa semakin mengenal produk yang ditawarkan. Bila ada event seperti bazaar atau festival, tidak perlu ragu untuk bergabung dan memperkenalkan produk yang Anda miliki kepada masyarakat luas.


Cara ini juga berlaku sebagai strategi marketing untuk cafe dan resto. Anda bisa memanfaatkan event bazaar atau expo untuk memberikan diskon dan memperluas target market. Modal awal yang digunakan dapat diubah menjadi keuntungan dalam waktu yang cukup singkat.

3. Gunakan Jasa Influencer

Saat ini, sosial media menjadi salah satu cara pemasaran yang paling efektif. Hampir semua segmen usia turut menjadi pengguna aktif sosial media. Dari fenomena tersebut, Anda bisa memanfaatkannya sebagai salah satu cara untuk memasarkan bisnis kuliner.

Anda bisa menjalin kerjasama dengan influencer yang menurut Anda memiliki engagement yang tinggi. Dari situ Anda bisa menggunakan jasanya untuk melakukan review terhadap bisnis yang Anda miliki.

influencer untuk cafe dan bisnis kuliner

Pengaruh yang diberikan oleh para influencer tersebut diharapkan bisa meningkatkan penjualan dan keuntungan.

Review yang diberikan bisa menggunakan Instastory ataupun dengan menggunakan feed yang ada di Instagram.

Bila Anda ingin menggunakan fitur sponsored yang ada di berbagai platform sosial media, Anda disarankan untuk tetap bekerja sama dengan para influencer dan mengunggahnya melalui fitur sponsored yang ada di sosial media tersebut.

4. Gencarkan Branding di Sosial Media

Melanjutkan cara sebelumnya, akan lebih baik bila Anda juga melanjutkan prosesnya dengan melakukan branding di sosial media. Branding melalui sosial media bisa meningkatkan pemasaran dari bisnis kuliner yang Anda miliki.

Cara ini bisa dimulai dengan membangun kesan untuk para calon konsumen melalui berbagai platform sosial media.

Bila Anda telah bekerjasama dengan influencer, proses branding bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Proses branding melalui sosial media juga bisa dilakukan langsung menggunakan fitur sponsored. Melalui Instagram, kita bisa menemukan fitur berbayar yang bisa digunakan untuk melakukan promosi bisnis makanan atau minuman.

5. Perbarui Konsep Secara Berkala

Proses mengelola bisnis kuliner merupakan hal yang sangat dinamis. Sebagai pemilik, Anda harus menggunakan berbagai ide kreatif marketing restoran. Ide kreatif bisa dikembangkan dengan mengenali permintaan pasar yang sedang berlaku saat ini.

Konsumen atau pasar selalu mengalami perubahan. Perubahan tersebut juga berlaku pada dunia kuliner, dimana konsumen selalu membutuhkan inovasi dan sesuatu yang baru. Secara berkala, Anda sebaiknya memberikan inovasi agar konsumen tidak bosan.

6. Lengkapi Fitur Layanan Online

Di era kemajuan teknologi seperti saat ini, penjualan secara online menjadi salah satu strategi bisnis kuliner yang paling efektif untuk dilakukan. Berikut ini merupakan beberapa fitur layanan online yang bisa Anda coba untuk mengembangkan bisnis kuliner:

a. Layanan Pesan Antar Ojek Online

Saat ini, layanan pengantaran makanan dengan menggunakan beberapa platform ojek online bisa dijadikan sebagai salah satu strategi pemasaran restoran yang penting untuk dilakukan. Layanan ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan.

Sebagian konsumen saat ini cenderung lebih menyukai sistem pemesanan yang praktis.

Pemesanan melalui media aplikasi ojek online bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk membaca keinginan pasar.

b. Delivery Order via Aplikasi Khusus

Fitur layanan online juga bisa dilakukan dengan mengembangkan aplikasi khusus untuk bisnis kuliner yang Anda miliki. Cara ini cukup revolusioner untuk dilakukan, karena kita bisa mendapatkan cara pemasaran yang unik dengan cara ini.


Bila konsumen memesan melalui aplikasi khusus ini, kita bisa memberikan tambahan diskon atau promo menarik untuk para konsumen setia. Sistem poin dan penukaran poin dengan jumlah tertentu juga bisa dilakukan untuk menarik konsumen.

Fitur layanan online kini juga sudah banyak dicoba sebagai strategi pemasaran warung makan yang cukup efektif untuk dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. Tidak ada salahnya bila Anda ingin mencoba cara ini sebagai salah satu cara pemasaran.

7. Lengkapi Fasilitas yang Nyaman

Agar bisnis kuliner semakin maju dan memiliki cakupan yang lebih luas, Anda juga bisa melengkapi fasilitas di tempat bisnis kuliner Anda. Berikut ini adalah beberapa contoh fasilitas yang bisa Anda terapkan sebagai penarik konsumen.

strategi marketing warung makan dan cafe

a. Fasilitas Free Wi-Fi

Salah satu poin tambahan yang bisa digunakan untuk membuat para konsumen betah berada di cafe atau resto adalah tersedianya fasilitas free WiFi. Perkembangan teknologi dan kebutuhan akan internet menjadi salah satu daya jual yang bisa dimanfaatkan.

Agar konsumen betah dan jadi langganan, tidak ada salahnya untuk memberikan fasilitas ini di lokasi bisnis kuliner Anda. Bila konsumen terus datang, penjualan lebih mudah untuk ditingkatkan.

b. Live Music dan Tempat yang Bersih

Agar para konsumen tidak mudah bosan, fasilitas live music juga bisa menjadi salah satu cara yang tepat untuk dipilih. Dengan adanya fasilitas live music, para konsumen semakin tertarik untuk terus berada di tempat tersebut.

Fasilitas venue yang menarik dan lengkap menjadi cara yang tepat untuk mengembangkan bisnis kuliner. Pada periode waktu tertentu, perbarui beberapa hal yang berada di lokasi bisnis kuliner Anda sehingga bisnis tersebut kian berkembang.

Bila dikelola dengan baik, bisnis kuliner merupakan salah satu bidang bisnis yang paling menjanjikan saat ini. Kita bisa menggunakan strategi marketing bisnis kuliner terbaik untuk membuat bisnis tersebut kian menguntungkan dan berkembang ke arah yang lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel