5 Cara Promosi Makanan di Media Sosial Agar Penjualan Meningkat Pesat

Cara Promosi di Media Sosial – Berkembangnya teknologi mempermudah manusia dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Apa saja yang dibutuhkan dapat terpenuhi dengan adanya teknologi, salah satunya dalam melakukan promosi dengan memanfaatkan media sosial.

Apalagi dengan hadirnya ragam media sosial dengan segala kelebihan yang bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Semua bisnis, baik yang berupa produk pakaian hingga makanan bisa menjangkau banyak konsumen melalui promosi di media sosial.

Bisnis makanan memang sedang populer. Banyak orang mulai membuka cafe ataupun warung kecil-kecilan karena melihat peluang yang menjanjikan.

Jika Anda memiliki pemikiran yang sama, sebaiknya pahami cara promosi di media sosial yang baik agar bisnis makanan Anda sukses.

cara promosi makanan di media sosial gratis

Cara Promosi Makanan di Media Sosial

Mungkin ada yang bertanya-tanya, kenapa promosi menjadi acuan agar bisnis bisa sukses? Well, ilustrasi singkatnya seperti ini:

“Budi memiliki produk makanan yang enak dan kualitasnya sangat bagus, namun dari awal mulai jualan sampai bulan berikutnya yang beli hanya segelintir orang saja, atau bahkan orang-orang yang dia kenal.” 

Salahnya di mana?

“Budi hanya fokus pada faktor rasa dan kualitas, sedangkan faktor lain seperti promosi tidak terpikirkan oleh Budi.”

Tentu saja promosi sangat penting, setidaknya ada dua faktor yang tidak boleh terlewatkan saat memulai bisnis, yakni kualitas dan promosi.

Kalau hanya memperhatikan kualitas saja, sampai ikan hiu makan tomat pun produk Anda hanya akan jadi pajangan.

Nah, sebagai referensi bagi Anda yang ingin memulai bisnis F&B, berikut ini ulasan tentang cara promosi makanan di media sosial maupun media online agar laku dan banyak pelanggan:

1. Materi Promosi yang Menarik

cara promosi makanan di sosmed

Materi promosi yang menarik memiliki peluang untuk mendapatkan perhatian konsumen. Biasanya ketertarikan konsumen pada suatu produk berawal dari tampilan atau foto makanan yang mereka lihat pada materi promosi.

Untuk foto produk, yang diperlukan hanyalah kamera beresolusi tinggi agar foto makanan terlihat jelas. Jangan lupa untuk mengaplikasikan gaya foto kekinian aestethic, yang dapat disesuaikan dengan target pasar produk Anda.

Baca juga: Ide Bisnis Kuliner Modal Kecil

Bangkitkan rasa penasaran konsumen dengan membuat materi promosi yang berisi foto makanan yang Anda jual, harga, dan kata-kata singkat ala copywriting. Ada banyak contoh kata-kata promosi makanan Instagram yang bisa Anda tiru.

Meskipun produk makanan yang dijual hanya keripik pisang saja, namun kalau dipromosikan dengan materi promosi yang menarik, konsumen juga pasti akan tertarik. Selain itu, brand bisnis Anda juga akan mendapatkan kesan yang berbeda di mata konsumen.

2. Jelaskan Detail Produk

Yang namanya konsumen pasti ingin tahu detail produk sebelum memutuskan untuk membeli, seperti komposisi, expired date, dan lain sebagainya.

Apalagi jika Anda menjual makanan rumahan, diperlukan penjelasan tentang makanan tersebut agar bisa laku.

Menjelaskan detail produk juga termasuk cara memasarkan produk makanan rumahan yang efektif.

Detail produk bisa dilampirkan pada gambar ataupun pada caption postingan. Buat caption semenarik mungkin yang sekiranya bisa mengundang minat konsumen.

3. Tentukan Jadwal Posting

Setelah materi promosi selesai, cara promosi makanan di sosmed berikutnya adalah memposting di Instagram, Facebook, Twitter, ataupun media sosial lain yang menurut Anda sesuai dengan target pasar dari makanan yang dijual.

Agar promosi berjalan lancar, tentukan jadwal posting di jam-jam ramai. Hal ini bertujuan agar postingan dapat menjangkau lebih banyak pengguna.

Kata orang konsisten adalah kunci dari keberhasilan, untuk itu Anda harus konsisten memposting pada jadwal yang telah ditentukan.

Di samping itu, Anda bisa memposting dalam bentuk foto, video, maupun story singkat di masing-masing sosmed.

4. Menggunakan Jasa Periklanan

kata-kata promosi

Jika bisnis Anda masih baru, cara promosi warung makan baru yang paling populer adalah dengan menggunakan jasa periklanan.
Kalau di Intagram istilahnya jasa endorse, membayar artis atau selebgram guna mempromosikan suatu produk.

Dengan mengiklankan jualan Anda kepada seseorang yang memiliki banyak pengikut, besar kemungkinan produk makanan yang Anda jual dilirik oleh banyak konsumen.

Selain itu, ada juga jasa periklanan Facebook Ads yang bisa jadi solusi meningkatkan penjualan.

Untuk cara yang satu ini diperlukan biaya tambahan yang cukup mahal, namun meskipun begitu jasa periklanan banyak digunakan pebisnis untuk mempromosikan produknya.

5. Komentar di Postingan Viral

Kalau belum mampu menggunakan jasa periklanan, Anda tak perlu memaksakan diri. Pasalnya ada cara promosi makanan di media online gratis yang cukup memberikan manfaat untuk meningkatkan penjualan. Caranya yakni dengan berkomentar di postingan viral.

Untuk cara ini, Twitter adalah media sosial yang paling tepat. Dibandingkan Facebook maupun Instagram, pengguna Twitter lebih “royal” mengeluarkan uangnya untuk membeli makanan ataupun produk lain secara online.

Selain itu fitur yang ada di Twitter lebih mendukung untuk melancarkan promosi. Anda bisa me-reply tweet viral dengan sebuah foto makanan yang Anda jual beserta keterangannya.

Di era digital seperti sekarang ini, media sosial bukan hanya berguna sebagai tempat curhat atau tempat mencari hiburan semata. Ada banyak manfaat yang bisa diambil dari media sosial, salah satunya sebagai media promosi.

Kesimpulan

Berpromosi di media digital bertujuan untuk menjangkau lebih banyak konsumen serta meningkatkan nilai brand yang Anda miliki. Namun dalam melakukan promosi, ada aturan dan strategi yang harus diperhatikan supaya promosi tepat sasaran.

Itulah beberapa cara promosi makanan di media sosial yang bisa Anda coba untuk meningkatkan penjualan. Saya rasa cara-cara di atas cukup mudah dilakukan, bahkan oleh pebisnis pemula sekalipun. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel