Supaya Aman dari Penipuan, Ini 7 Tips Meminjam Uang di Aplikasi Pinjol

tips meminjam uang di aplikasi pinjol

Saat ini banyak bermunculan fintech yang menawarkan pinjaman online. Tapi, jika Anda ingin menggunakan layanan tersebut, sebaiknya perhatikan kredibilitas perusahaan. Selain itu, pahami juga tips meminjam uang di aplikasi pinjol agar terhindar dari penipuan.

Bukan menjadi rahasia umum lagi kalau banyak masyarakat yang tertarik meminjam uang secara online. Selain menawarkan kemudahan, biasanya persyaratan yang dibutuhkan lebih sedikit dibanding pinjaman di bank.

Nah, sebelum menjadi korban penipuan, saya telah merangkum tips aman pinjam uang di aplikasi pinjol yang diambil berdasarkan pengalaman pengguna dan pernyataan dari OJK.

Tips Meminjam Uang di Aplikasi Pinjol

Kenapa kita harus berhati-hati saat ingin meminjam uang secara online? Sebab, saat ini tak sedikit perusahaan fintech ilegal yang tidak jelas asal usulnya. Disamping itu, biasanya mereka memberikan bunga angsuran sangat besar.

Untuk itu, pastikan Anda meminjam uang di fintech pinjol yang sudah terdaftar di OJK dan memberikan persyaratan serta kebijakan yang tidak terlalu memberatkan.

Simak beberapa tips aman pinjam uang di aplikasi pinjol di bawah ini.

1. Pastikan Perusahaan Sudah Terdaftar di OJK

Memilih pinjol yang sudah terdaftar di OJK sangatlah penting. Pasalnya, OJK merupakan lembaga dengan fungsi untuk mengawasi perusahaan yang bergerak di bidang keuangan. Sehingga fintech tersebut sudah pasti legal dan aman.

Kalau Anda memilih fintech pinjol abal-abal, sudah pasti mereka membuat kebijakan sesuka hati bahkan memberikan bunga melewati batas yang telah ditentukan oleh OJK.

2. Sesuaikan Pinjaman dengan Kemampuan

Sebelum memutuskan untuk meminjam uang secara online, tips aman pinjam uang di pinjol ini juga tak boleh diabaikan. Sesuaikan nominal pinjaman dengan kemampuan, dan pastikan tidak melebihi pemasukan Anda setiap bulannya.

Dengan mengikuti tips ini, kewajiban membayar angsuran akan lebih mudah diselesaikan tanpa mengorbankan kebutuhan harian.

Perlu diketahui, biasanya perusahaan pinjol legal atau resmi OJK hanya menyetujui pinjaman dengan besaran 30% dari pendapatan nasabah per bulan.

3. Menawarkan Bunga Ringan

OJK telah mengatur maksimal bunga pinjaman 0,8% per hari dan 24% per bulan. Jadi, jika ada perusahaan pinjol menawarkan bunga lebih besar, sebaiknya cari yang lain. Tapi, Anda juga harus selektif memilih jasa pinjol dengan bunga lebih ringan.

Meskipun sangat membutuhkan uang, jangan pernah tergiur dengan strategi marketing mereka. Pasalnya, ini akan jadi kerugian besar kalau Anda memilih pinjol bunga tinggi. Misal Anda meminjam Rp1 juta, nanti pengembaliannya jadi Rp1,5 juta.

4. Pinjaman untuk Modal Usaha

Selanjutnya, tips meminjam uang di aplikasi pinjol yang juga harus diperhatikan adalah tujuan dari pinjaman itu sendiri. Sebaiknya, gunakan uang tersebut untuk modal usaha atau diputar untuk hal-hal yang menghasilkan cuan.

Jadi, Anda penghasilan utama tersendat, Anda masih punya pegangan untuk membayar angsuran. Hindari niat meminjam untuk hal yang sifatnya konsumtif, misal membeli barang elektronik. Tapi, tak masalah kalau barang tersebut digunakan untuk usaha.

5. Ingat Tanggal Angsuran

Banyak masyarakat yang semangat ketika meminjam, namum lesu saat jatuh tanggal pembayaran. Sebaiknya jangan mengikuti tradisi seperti ini. Kenapa? Karena jika telat membayar, nasabah akan dibebankan denda keterlambatan.


Biasanya denda akan berjalan per hari dan terus seperti itu sampai si peminjam melunasi angsuran. Ribet, kan? Untuk itu, sebelum melakukan pinjaman, pahami tips meminjam uang di aplikasi pinjol dengan benar agar tidak menyesal.

Usahkan angsuran di bayar selambat-lambatnya 1 minggu sebelum jatuh tempo. Karena dikhawatirkan Anda akan lupa dan juga berpotensi menghambat pekerjaan.

6. Patuhi Kebijakan Perusahaan

Tips yang juga harus diperhatikan ketika meminjam uang di aplikasi pinjol adalah mematuhi kebijakan dari perusahaan tersebut. Meskipun diawasi langsung oleh OJK, namun tiap fintech pinjol memiliki kebijakan berbeda.

Jadi, jangan asal setuju dengan formulir yang diberikan, pahami kebijakan dengan benar agar tidak menyesal di kemudian hari. Jika ada poin yang ada kurang cocok, lebih baik jangan disetujui. Cari perusahaan lain yang tidak terlalu “mengikat”.                                                                                                                          

7. Jangan Berniat Galbay

Saat ini banyak orang yang meminjam uang dengan tujuan untuk galbay atau gagal bayar. Istilah ini dapat diartikan sebagai individu yang tidak berniat untuk membayar angsuran. Jadi, mereka meminjam hanya untuk kepuasan pribadi saja.

Biasanya, makhluk seperti ini menggunakan data KTP milik orang lain yang didapat secara ilegal. Oleh karenanya, tindakan ini bisa dikenai pasal ganda. Yakni penipuan dan menggunakan data orang lain untuk kejahatan. 

Jika ingin meminjam di fintech, tak perlu khawatir dengan penipuan. Sebab OJK selalu memperbarui perusahaan atau aplikasi pinjaman online terpercaya yang punya kebijakan sesuai peraturan berlaku. Beberapa di antaranya Kredivo, Akulaku, Dana Bijak, hingga Finmas.

Penutup

Meskipun ada beberapa pihak yang melarang pinjaman online, namun kalau Anda sedang dalam keadaan terpaksa, tak ada salahnya dicoba. Tapi, pastikan memahami semua persyaratan dan risiko yang ditanggung agar tidak terjadi penyesalan.

Selain itu, pastikan menerapkan tips meminjam uang di aplikasi pinjol yang telah saya jabarkan di atas. Semoga dengan ini Anda bisa mengembangkan bisnis atau mendapatkan pemasukan kalau gajian bulan ini ditunda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel