10 Ide Bisnis Pertanian Modal Kecil yang Menggiurkan di Tahun 2021

ide bisnis pertanian modal kecil

Normanardik.com
- Bisnis pertanian memiliki potensi yang besar. Ada banyak peluang yang bisa dikembangkan. Tidak hanya sebatas menanam, potensi diluar bercocok tanam juga layak digali. Yang menarik, tidak perlu modal besar. Anda bisa mengembangkan bisnis pertanian modal kecil.

Di sosial media banyak anak-anak muda yang mengunggah status memperlihatkan kegiatan berkebun. Dengan trend ini ada celah bisnis yang bisa Anda manfaatkan.

Seperti yang kita tahu di zaman digital ini sesuatu yang populer selalu berawal dari media sosial.

Kalau dulu bertani atau berkebun dianggap sebagai kegiatan yang buang-buang waktu dan kotor bagi sebagian besar anak muda, sekarang anggapan itu terpatahkan dengan banyaknya anak muda yang sukses dengan bertani.

Selain menanam bunga, sayur, atau buah, masih banyak ide bisnis pertanian untung yang menghasilkan banyak uang.

Ingin terjun ke dunia pertanian tapi tidak tahu cara memulainya? Tenang, karena saat ini banyak tersedia informasi seputar pertanian di internet, Anda tinggal cari saja mana yang paraktis dan mudah dipahami.

Apalagi jika Anda ingin menjadikan pertanian sebagai bisnis. Banyak cara dan ide bisnis pertanian modal kecil mudah yang bisa Anda lakukan asalkan ada niat.

Ide Bisnis Pertanian Modal Kecil

Jika ada yang beranggapan kalau bisnis ini membutuhkan modal besar, jangan langsung percaya, karena saat ini banyak jenis bisnis bidang pertanian menguntungkan tanpa modal besar.

Banyak pilihan usaha kadang justru membuat Anda bingung. Berikut beberapa ide bisnis pertanian dengan modal kecil yang bisa Anda tekuni.

1. Tanaman Sayuran Organik

ide bisnis pertanian

Banyak orang saat ini mulai beralih mengkonsumsi sayuran organik karena diyakini bebas pestisida, sehingga lebih aman dikonsumsi. Selain sehat, sayuran yang dijual juga lebih segar. Tentu, ini peluang bisnis yang harus dimanfaatkan.

Dengan ide bisnis pertanian modal kecil yang satu ini, budidaya tanaman sayuran organik bisa dikembangkan dengan potensi keuntungan yang cukup besar. Anda tidak perlu lahan yang luas untuk mengembangkan budidaya tanaman ini. Dari sisi harga juga lebih tinggi dibanding sayuran non-organik.

2. Budidaya Tanaman Rempah

Rempah-rempah masih menjadi kebutuhan pokok untuk membuat masakan memiliki cita rasa lezat. Ada banyak jenis tanaman rempah yang bisa dibudidayakan dengan peluang keuntungan yang cukup besar. Peluang pasarnya juga tidak hanya di pasar lokal namun juga di pasar ekspor.

Bisnis budidaya tanaman rempah, selain tidak membutuhkan modal awal yang besar juga tidak memerlukan lahan yang luas. Untuk itu, bagi Anda yang punya modal terbatas, membuka usaha budidaya tanaman rempah-rempah merupakan ide yang cemerlang.

Beberapa jenis tanaman rempah-rempah yang bisa Anda kembangkan dengan modal kecil, misalnya bawang putih, bawang merah, cengkeh, adas, kapulaga, akar wangi, dan lain-lain.

3. Usaha Bibit Tanaman

Usaha jual bibit tanaman juga termasuk ide bisnis pertanian modal kecil. Tidak sedikit orang yang membuka usaha ini karena memiliki pasar yang luas serta potensi keuntungannya yang besar. Jika Anda masih pemula dengan modal awal yang kecil, usaha ini cocok dikembangkan.

Saat ini banyak jenis bibit tanaman yang bisa dibudidayakan. Anda bisa menjual bibit sayuran, tanaman buah, hingga tanaman obat. Namun, orang umumnya mencari bibit kangkung, bayam, atau jagung manis. Untuk kepuasan pelanggan, Anda harus menjual bibit tanaman berkualitas tentunya.

4. Membuka Kios Pupuk

ide bisnis tani buka kios pupuk

Anda juga bisa memulai tips bisnis pertanian bermodal kecil dengan membuka usaha jualan pupuk. Bisnis pupuk cukup menjanjikan karena pupuk dibutuhkan bagi masyarakat yang bercocok tanam. Anda bisa meracik berbagai macam pupuk untuk setiap tanaman yang berbeda.

Agar keuntungan yang didapat bisa lebih besar, Anda bisa meracik pupuk sendiri, kemudian memasarkannya ke sentra-sentra pertanian yang ada di seluruh Indonesia. Ingat, selama masih ada orang bercocok tanam, usaha kios pupuk tidak ada matinya.

5. Bisnis Tanaman Hias

Satu lagi ide bisnis pertanian yang punya peluang keuntungan cukup besar dengan modal kecil adalah membuka usaha jualan tanaman hias. Usaha ini seperti tak lekang dimakan waktu, mengingat pangsa pasarnya yang sangat luas.

Namun, sebelum memulai usaha ini, sebaiknya Anda terlebih dahulu melakukan survei pasar tentang jenis tanaman hias yang sedang laris di pasaran. Ada beberapa rekomendasi tanaman hias yang saat ini banyak diburu para penggemar tanaman hias, seperti adenium, bonsai, atau tanaman dolar.

6. Usaha Alat Pertanian

Untuk Anda yang ingin menjalankan bisnis pertanian dengan modal terbatas, membuka usaha alat-alat pertanian memiliki potensi keuntungan yang cukup besar.

Apalagi, Anda membuka usaha di pedesaan, dengan mayoritas penduduknya hidup sebagai petani. Usaha alat pertanian adalah alternatif usaha yang cocok untuk saat ini.

Untuk jenis alat pertanian yang banyak dibutuhkan para petani, mulai dari cangkul, sekop, roda, hingga alat-alat berat seperti traktor dan aneka mesin pertanian lainnya.

7. Membuka Toko Online

Di era digital ini kita harus pintar memanfaatkan peluang yang ada. Di samping toko offline, kita juga bisa membuka toko online dengan menjual berbagai keperluan pertanian yang banyak dicari saat ini. Anda bisa memasarkan pupuk, bibit, dan lain sebagainya.

Membuat toko online termasuk salah satu ide bisnis pertanian modal kecil yang menggiurkan. Pasalnya, kita tak harus memiliki toko fisik, cukup menyimpan barang jualan di rumah atau menjadi seorang dropshipper.

Saat ini ada banyak e-commerce yang bisa dimanfaatkan, seperti Shopee dan Tokopedia. Keduanya termasuk yang paling populer di Indonesia. Agar bisa menjaring banyak konsumen, yang harus dilakukan adalah promosi di media sosial.

8. Usaha Budidaya Cabe-cabean

ide bisnis pertanian modal kecil

Seperti yang kita tahu, hampir semua masyarakat Indonesia suka pedas. Berbagai tempat makan bahkan menyajikan menu berbahan cabe dengan banyak level. Oleh karena itu, memiliki kebun cabe bisa jadi solusi bisnis pertanaian yang sangat menguntungkan.

Tidak perlu lahan besar, cukup dalam polybag dan letakkan di halaman rumah. Selain itu, cara budidaya cabe juga mudah, tinggal kasih pupuk dan menyiramnya secara rutin. Anda bisa menitipkan ke warung dekat rumah atau berjualan di pasar.

9. Budidaya Tanaman Hidroponik

Karena permintaan pasar akan sayuran organik sangat tinggi, ini bisa jadi ide bisnis pertanian menjanjikan untuk memulai budidaya tanaman hidroponik. Terlebih, harga sayuran yang ditanam dengan cara hidroponik sangat mahal dibandingkan sayuran biasa.

Di samping itu, cara budidaya tanaman hidroponik juga sangat mudah. Sama halnya dengan cabe, Anda bisa memanfaatkan lahan terbatas seperti pekarangan rumah.

10. Bisnis Pengepul Padi

pengepul padi

Bagi Anda yang tinggal di desa, bisnis pengebul padi juga termasuk salah satu ide bisnis pertanian modal kecil yang menggiurkan. Apalagi masyarakat Indonesia sangat bergantung pada beras, sehingga permintaan padi tidak akan pernah putus.

Saat ini harga padi kering di pasaran sekitar Rp5.000 per satu kilogram. Kemudian Anda bisa menjualnya lagi ke tempat penggilingan, harga jualnya pasti bisa lebih mahal. Bayangkan kalau Anda punya 1 ton padi kering, berapa keuntungan yang didapat?

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian, membuat setiap orang punya peluang untuk menjalankan ide bisnis pertanian modal kecil. Kuncinya, selalu update informasi produk dan pasar untuk mencari celah peluang yang lebih menguntungkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel