Urutan Rank PUBG Mobile Apa Saja? Ini List dan Penjelasan

Urutan rank PUBG apa saja sih? Pasti banyak dari kamu yang belum tahu, terutama player baru. Pada dasarnya, saat ini ada 10 rank atau tier yang masing-masing menunjukkan statistik dan kecakapan kita di dalam game.

Semakin tinggi rank-nya, berarti kamu sudah termasuk jago. Sebab, tak banyak player yang mampu mencapai rank paling tinggi di PUBG. Terlebih lagi, persaingannya sudah mencakup Asia (kalau main di server Asia).

Kendati ada 10 rank, masing-masing rank memiliki tingkatan lagi. Jadi, sebelum mencapai rank berikutnya, kamu harus melewati beberapa level. Misal, untuk sampai ke Ace, perlu melalui Crown V, IV, III, II, dan I.

Nah, di artikel ini akan jelaskan urutan rank PUBG mulai dari yang terendah hingga paling tinggi. Selain itu, admin juga mau kasih beberapa tips agar cepat naik rank. Yuk simak!

Urutan Rank PUBG

Urutan Rank PUBG

PUBG jadi pilihan game bertemakan battle royale. Tencent selaku developer menghadirkan versi PC dan Mobile dengan kualitas yang tak jauh berbeda. Bahkan, sekarang pun grafis versi Mobile dapat disesuaikan.

Melihat antusiasme gamers akan PUBG, tak heran developer terus mengembangkan fitur serta gameplay agar tetap mampu bersaing dengan game battle royale lain.

Berikut daftar urutan rank PUBG terbaru:

1. Bronze (V-I)

Bronze adalah rank PUBG terendah yang terdiri dari level V hingga I. Rank ini diisi oleh player baru maupun player lama yang selalu kesulitan dalam bermain. Umumnya, di Bronze juga banyak ditemukan BOT.

Jadi intinya, Bronze adalah rank awal yang dapat dimanfaatkan untuk mengasah kemampuan. Kamu jangan fokus dapat Chicken Dinner dulu, pahami map dan mekanisme permainan.

Saat berada di Bronze, setidaknya kamu harus mengumpulkan 1.000 hingga 1.700 poin. Ini  sebagai syarat untuk naik rank berikutnya atau Silver.

2. Silver (V-I)

Kemudian ada Silver yang merupakan rank lanjutan setelah Bronze. Tak jauh berbeda, rank ini diisi player pemula dan cukup banyak ditemukan BOT. Namun, sering juga muncul player jago, entah itu dari Joki ataupun akun baru.


Oh iya, kalau kalian bertanya tier PUBG yang bisa mabar, sebenarnya dari Bronze sudah bisa. Hanya saja, team up-nya harus dengan player tier Bronzet hingga Platinum.

Sama seperti Bronze, Silver punya 5 level berbeda yakni V hingga I. Untuk dapat naik ke rank berikutnya, poin kamu harus mencapai 2.200.

3. Gold (V-I)

Setelah Silver, urutan rank PUBG Mobile adalah Gold. Biasanya, rank ini diisi player yang cukup berpengalaman. Mereka sudah paham struktur map, pemilihan senjata, hingga mekanisme permainan.

Oleh sebab itu, untuk dapat bertahan atau bahkan naik rank, kamu diwajibkan menyusun strategi terbaik. Kalau bisa, cari teman mabar yang jago dan hindari main Solo atau Squad dengan random.

4. Platinum (V-I)

Rank setelah Gold di PUBG adalah Platinum. Meskipun berada di Tier 4, mencapai rank ini lumayan sulit. Apalagi kita harus melewati Platinum V, IV, III, II, dan I sebelum naik ke rank berikutnya, yakni Diamond V.

Apabila sekarang kamu berada di tier Platinum, wajib banget menguasi jenis-jenis senjata di PUBG. Tujuannya agar saat bermain bisa memilih mana senjata yang tepat untuk jarak dekat dan jarak jauh.

5. Diamond (V-I)

Setelah berhasil melewati “neraka” Platinum, kamu akan menjalani permainan PUBG yang sesungguhnya. Diamond memang ada di Tier 5, namun rank ini dihuni player-player jago yang sudah paham dengan map dan medan tempur.

Selain itu, player di rank ini juga memiliki perangkat mumpuni, biasanya iPhone dengan spesifikasi tinggi. Sehingga, akurasi tembakan dan gerakan jadi lebih mudah.

6. Crown (V-I)

Rank PUBG setelah Diamond adalah Crown yang terbagi menjadi 5 level. Saat berada di rank ini sudah sewajarnya kamu punya teman mabar tetap. Kalian harus pandai menyusun strategi guna memperoleh Chicken Dinner di setiap match.

Saat mabar, komunikasi antar teman juga sangat penting. Pastikan kamu memakai smartphone dan earphone terbaik supaya mudah mengetahui lokasi musuh.

7. Ace

Berbeda dari 6 rank PUBG sebelumnya, Ace hanya memiliki 1 level. Tetapi, setelahnya kamu harus berjuang di 2 rank tambahan sebelum bisa mencapai Conqueror. Nama rank-nya Ace Master dan Ace Dominator.

Bisa dibilang rank ini sangat “kejam”. Semua player bermain layaknya profesional, bidikan bagus, gerakan lincah, dan tidak takut nge-push musuh adalah ciri-ciri player di rank Ace.

8. Conqueror

Terakhir, ada Conqueror yang merupakan rank PUBG paling tinggi. Sangat sulit mencapai rank ini karena dihuni pro-player dan orang-orang yang sudah lama bermain. Jadi, kemampuannya sudah terasah dengan baik.

Kendati demikian, bukan tak mungkin kamu bisa mendapat gelar Conqueror. Asalkan sering bermain, pemahaman map yang bagus, dan teman mabar yang jago.


Penting diketahui, setelah mencapai Conqueror, kamu tetap harus nge-push rank. Sebab, ada sistem Rank Points yang membuat rank turun kalau terus-terusan kalah atau jarang bermain.

Tips Agar Cepat Naik Rank di PUBG


Seperti halnya game battle royale lain, untuk naik rank dibutuhkan skill mumpuni dan ekstra kerja keras. Hanya saja, banyak pemain yang kesulitan naik rank, bahkan dari Gold ke Platinum sekalipun.

Nah, kalau kamu kesulitan dan frustasi, berikut beberapa tips agar cepat naik rank di PUBG Mobile: 

1. Sering Mabar atau Main Squad

Sistem rank PUBG Mobile memang sangat adil. Pemain diadu berdasarkan rank, sehingga mereka dapat terus belajar tanpa ada rasa khawatir dikalahkan pemain yang sudah jago. Kecuali kalau kamu berada di rank Diamond ke atas.

Adapun tips agar cepat naik rank d PUBG yang pertama, usahakan bermain bersama teman, boleh Duo atau Squad. Jangan pernah main Solo karena tingkat risikonya sangat tinggi.

2. Pilih Senjata yang Tepat

Seperti penjelasan awal, pemilihan senjata sangat berpengaruh pada permainan. Saat berada di urutan rank PUBG terendah, sewajarnya kamu sudah paham mana senjata yang bagus untuk situasi-situasi tertentu.

Misalnya, kalau mau nge-push musuh, senjata terbaik adalah Shotgun atau SMG. Sementara, Assault Riffle seperti M16A lebih cocok untuk pertempuran jarak menengah dan jauh (pakai Scope X6).

3. Hindari Mati di Awal (Toosoon)

Salah satu penyebab kenapa rank PUBG turun adalah terlalu sering toosoon atau mati di awal permainan. Oleh karena itu, jangan pernah turun di zona merah seperti Pochinki, Apartement, atau School.

Zona tersebut biasanya sangat ramai karena memiliki banyak senjata dan item bagus. Kalau mau turun, pilih daerah dengan bangunan sedikit atau tempat pendaratan terakhir.

4. Terus Asah Skill

Selanjutnya, tips agar cepat naik rank di PUBG adalah jangan pernah merasa puas. Kamu harus terus mengasah skill, entah itu skill menembak atau pemahaman map. Saran admin, sebelum bermain latihan dulu di Training Mode.


Menjadi yang terbaik di PUBG memang tidak mudah. Konsistensi sangat dibutuhkan, apalagi kita bersaing dengan player se-Asia yang mungkin sudah main bertahun-tahun.

Frequently Asked Questions (FAQs)

Q: Apa rank tertinggi PUBG?
A: Dari awal rilis hingga sekarang, rank tertinggi di PUBG adalah Conqueror.

Q: Siapa yang terbaik Conqueror di Indonesia?
A: Sejauh ini Fauzan atau biasa dikenal dengan Kapten ZAN.

Q: Rank habis Platinum apa di PUBG?
A: Rank atau tier PUBG setelah Platinum adalah Diamond.

Q: Rank habis Gold apa di PUBG?
A: Rank atau tier PUBG habis Gold adalah Platinum.

Q: Rank Ace PUBG sampai berapa?
A: Rank Ace di PUBG pada dasarnya hanya satu level. Namun, setelahnya ada Ace Master dan Ace Dominator.

Q: Apakah rank PUBG bisa turun?
A: Tentu saja. Rank di PUBG bisa turun apabila performa kamu buruk atau selalu kalah di medan pertempuran. Jadi, usahakan terus asah skill dan jangan sampai TOSOON.

Akhir Kata

Meskipun ada banyak pilihan game battle royale, PUBG masih jadi yang teratas, baik versi Mobile maupun PC. Selain menyajikan gameplay menawan, game dari Tencent ini juga hadir dengan grafis dan mekanisme tingkat tinggi.

Bagaimana, sekarang sudah paham urutan rank PUBG, kan? Mulai dari Bronze hingga Conqueror memiliki tingkat kesulitan berbeda. Oleh sebab itu, kamu harus terus berlatih agar tidak ketinggalan dari player lain.