2 Cara Mengosongkan Saldo DANA Tanpa Sisa Jadi 0 Rupiah

Cara Mengosongkan Saldo DANA

Cara mengosongkan saldo DANA wajib dilakukan bila kamu tak lagi menggunakan e-wallet tersebut. Sebab, ketika akun dihapus atau aplikasi di-uninstall data akan tetap tersimpan termasuk saldo berapapun nominalnya.

Tentu saja kalau tidak dikosongkan, kamu mengalami kerugian. Apalagi belakangan muncul kabar banyak pengguna mengalami saldo berkurang sendiri. Padahal mereka tidak pernah langganan Apps Play Store.

Nah, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, simak panduan cara mengosongkan saldo DANA berikut ini. Kamu bisa membuat nominal saldo jadi 0 rupiah atau tanpa sisa.

Kenapa Saldo DANA Harus Dikosongkan?

DANA sudah lama jadi andalan banyak orang untuk melakukan transaksi digital. Selain bisa kirim dan terima uang, e-wallet biru ini juga punya fitur lengkap. Ada menu Listrik untuk isi token PLN, pulsa, dan pembayaran tagihan.

Tapi belakangan, DANA mulai ditinggal pengguna. Salah satu alasannya saldo berkurang tanpa sebab. Bahkan nominalnya bisa sampai jutaan rupiah. Hal ini dialami banyak pengguna, bukan satu atau dua orang saja.

Berikut satu dari sekian banyak kasus saldo DANA dibobol:


Kalau kamu cek di Twitter, keluhan saldo DANA berkurang atau kirim uang gagal jadi topik yang tak pernah putus. Dalam satu hari bisa sampai puluhan keluhan.

Anehnya, CS DANA hanya menanggapi lewat BOT saja. Tidak pernah sekalipun membalas keluhan pengguna lewat Customer Service asli.


Dengan kata lain, tidak ada keseriusan dari DANA terhadap masalah yang dialami pengguna. Oleh karena itu, cara kosongkan saldo DANA adalah opsi terbaik agar kamu tidak mengalami hal serupa.

Cara Mengosongkan Saldo DANA

Pada dasarnya cara menghabiskan sisa saldo sama seperti kirim uang. Kamu hanya perlu mempersiapkan nomor rekening tujuan. Tapi kalau tak punya, opsi bayar tagihan atau beli pulsa dan token listrik bisa jadi pilihan.

Lantas, bagaimana cara mengosongkan saldo DANA hingga tersisa 0 rupiah? Silahkan ikuti dua metode di bawah ini.

1. Transfer ke Rekening Bank

Cara mengosongkan saldo DANA paling mudah adalah dengan transfer ke rekening bank. Kalau kamu tidak punya, bisa juga ke e-wallet lain seperti GoPay atau Shopeepay. Tenang, metode ini tanpa biaya admin kok.

Seperti halnya cara transfer dari DANA ke OVO, kamu hanya perlu masuk ke menu “Kirim”. Selengkapnya baca penjelasan berikut.

  • Pertama salin nomor rekening bank
  • Kalau e-wallet, pastikan pakai nomo Virtual Account
  • Jika sudah, buka aplikasi DANA di Android atau iPhone kamu
  • Di halaman awal klik menu “Kirim”
  • Pilih opsi “Kirim ke Bank”, letaknya ada di bagian bawah
  • Ketuk pilihan “Tambah rekening bank baru”
  • Pilih bank tujuan dan paste nomor rekening yang sudah disalin
  • Klik tombol Simpan & Lanjut
  • Selanjutnya masukkan nominal hingga saldo tidak bersisa
  • Terakhir klik lanjutnya dan selesaikan transaksi sesuai instruksi

Sampai tahap ini cara mengosongkan saldo DANA sudah selesai. Tapi, metode di atas hanya berlaku jika nominal saldo lebih dari Rp10.000. Kalau kurang, kamu bisa ikuti panduan kedua.


Perlu diketahui juga, transfer DANA ke OVO, GoPay, maupun e-wallet lain kemungkinan berlaku biaya admin. Kecuali transfer ke sesama DANA yang sepenuhnya gratis.

2. Beli Pulsa atau Token Listrik

Selain lewat fitur transfer, cara mengosongkan saldo DANA tanpa sisa juga bisa dengan beli pulsa atau token listrik. Jika ingin mengikuti metode ini, pastikan saldo kamu di atas Rp6.500 (pulsa) dan Rp21.500 (token).

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Di halaman utama pilih “Pulsa & Data” atau “Listrik”
  • Masukkan nomor hp atau nomor pelanggan
  • Pilh nominal pulsa atau token
  • Terakhir klik Bayar

Kalau saldo kamu pas Rp6.500 atau Rp21.500 untuk token listrik, seharusnya jumlah saldo yang tertera sudah kosong. Selanjutnya jika tidak mau pakai DANA lagi, kamu tinggal hapus data dan uninstall aplikasinya.

Akhir Kata

Meskipun membantu jutaan masyarakat, namun belakangan sistem DANA sangat kacau. Contohnya saldo berkurang sendiri dan proses transfer yang lama. Sehingga tak heran e-wallet ini tak lagi jadi pilihan banyak orang.

Demikian penjelasan lengkap tentang cara mengosongkan saldo DANA tanpa sisa hingga 0 rupiah. Sebelum melakukan hal ini, pastikan kamu sudah yakin tidak lagi menggunakan e-wallet DANA untuk transaksi digital.