Kenapa Jaringan Tri Lemot? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Kenapa Jaringan Tri Lemot

Kenapa Jaringan Tri Lemot
– Apakah Anda pengguna provider Tri? Mungkin bertanya-tanya Kenapa jaringan Tri lemot? Bahkan tidak bisa digunakan untuk browsing atau sekedar membalas WA. Agar lebih jelas lagi, ada beberapa penjelasan yang harus diperhatikan.

Akhir-akhir ini provider Tri memang sedang trending di dunia maya khususnya media sosial Twitter. Dikarenakan para netizen yang menggunakan kartu tersebut mengalami gangguan ketika mengakses internet.

Misalnya saja akses internet tak bisa berjalan dengan lancar sedangkan kuota yang mereka punya itu masih banyak. Sebetulnya dengan kondisi cuaca saat ini memang bisa saja menjadi kendala akan kelangsungan dari jaringan itu.

Tapi jangan khawatir, di bawah ini akan dijelaskan beberapa alasan kenapa jaringan Tri lemot hari ini beserta cara mengatasinya. Simak, ya!

Penyebab Jaringan Tri Lemot

Memang sudah banyak diketahui oleh masyarakat, sebetulnya provider apapun pernah mengalami gangguan sinyal, baik itu Indosat, Smartfren, XL, Axis, hingga Telkomsesl.

Namun untuk akhir-akhir ini memang Tri paling sering mengalami gangguan. Tapi sebetulnya apa yang jadi penyebabnya?

1. Cuaca yang buruk

Negara Indonesia sendiri, sudah menjadi hal umum apabila cuaca memberikan pengaruh cukup besar pada koneksi internet. Apalagi beberapa hari terakhir memang sering mengalami hujan yang cukup lebat.

Kondisi seperti inilah jaringan internet mendadak berubah bahkan tidak lancar lagi untuk digunakan buka media sosial ataupun sekedar mencari info di Google. Provider Tri mengalami lemot juga bisa dikarenakan cuaca seperti ini.

2. Kondisi jaringan sangat sibuk

Jam-jam sibuk juga bisa menjadi salah satu masalah, tentang kenapa jaringan Tri lemot hari ini. Ketika banyak orang tengah menggunakan koneksi internet dalam waktu persamaan, membuat sinyal pun akan terbagi-bagi.

Sebetulnya konsepnya juga sama dengan Wi-Fi. Apabila pemakainya terlalu banyak, terutama untuk mengunduh aplikasi, jaringan jadi kurang optimal.

Tentu satu-satunya cara yaitu mengakses internet pada saat bukan jamnya orang menggunakan internet untuk mengakses media sosial atau Google.

3. Mengalami maintenance atau perbaikan

Perlu diketahui, memang tidak ada hal yang paling parah dibandingkan satu ini. Dikarenakan maintenance atau perbaikan itu jelas sekali menjadi alasan kenapa jaringan Tri lemot.

Bahkan bisa jadi selama satu hari penuh tidak bisa mengakses internet sama sekali. Bila sudah begini, tentu harus menunggu beberapa waktu sampai proses dari perbaikan sudah berhasil dilakukan.

Pada umumnya, kondisi sinyal dari Tri yang sebelumnya lemot akan kembali bagus lagi setelah proses maintenance selesai.

4. Munculnya aplikasi yang mengganggu

Beberapa aplikasi yang aktif secara terus-menerus juga jadi alasan kenapa koneksi internet itu melambat. Misalnya saja dalam satu waktu Anda membuka Spotify, Instagram, dan beberapa APK lainnya.

Ini tentu dapat membuat kecepatan dari internet semakin melambat. Itulah kenapa pastikan untuk menyingkirkan aplikasi yang sudah tidak digunakan. Bisa juga menonaktifkannya atau di-uninstall apabila memang sudah jarang terpakai.

Cara Mengatasi Jaringan Tri Lemot

Sudah tahu kan alasan-alasan kenapa jaringan Tri lemot padahal kuota masih banyak? Mungkin ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi hal seperti ini jika muncul kembali.

Berikut panduan cara mengatasi jaringan Tri lemot yang perlu disimak:

1. Restart perangkat

Metode pertama yang bisa digunakan adalah melakukan restart perangkat. Dikarenakan untuk beberapa kasus memang sistem di ponsel mengalami masalah bisa kembali ke sediakala saat dimatikan kemudian dinyalakan kembali.

Ketika ponsel tersebut dimatikan sementara, secara otomatis aplikasi yang awalnya berjalan juga ikut berhenti. Maka dari itu jaringan dari internet bisa saja berjalan lancar seperti semula.

2. Nyalakan Flight Mode

Selanjutnya cara mengatasi jaringan Tri lemot bisa dengan menyalakan Flight Mode atau Mode Penerbangan. Silahkan aktifkan selama beberapa detik, setelah itu nonaktifkan kembali. Dijamin koneksi jadi lancar dan cepat.

3. Mulai ulang pengaturan sistem

Langkah selanjutnya yaitu melakukan restart pada pengaturan sistem. Cara seperti ini cukup ampuh untuk mengatasi jaringan Tri yang lemot.

Tapi bagaimana jika cara ini masih saja belum berhasil? Sepertinya Anda perlu mencoba flashing ulang pada firmware smartphone.

Setidaknya saat menggunakan cara ini pasti kondisi ponsel akan semakin bagus dan sinyal pun kembali seperti sedia kala. Tapi cara ini tidak disarankan karena resikonya cukup besar.

4. Melakukan akses melalui Safe Mode

Cara selanjutnya yaitu mengakses Safe Mode, dan untuk metode ini dirasa paling gampang. Bahkan sepertinya hampir semua pengguna smartphone telah melakukannya untuk mengatasi gangguan lemot pada kartu Tri.

Untuk melakukannya, Anda hanya perlu menekan tombol Power Off dengan durasi agak lama. Kemudian klik OK, jaringan akan berjalan normal saat metode ini dilakukan.

Kalau seperti itu, maka artinya jaringan yang melambat tadi disebabkan adanya aplikasi pihak ketiga. Mungkin Anda sering download aplikasi dari situs lain yang tidak terafiliasi Google Play atau App Store.

Penutup

Sebagai pertimbangan, coba dulu cara yang pertama dan kedua. Karena admin sering menggunakan cara itu ketika jaringan lemot. Hasilnya sesuai ekspektasi, jaringan kembali normal seperti sedia kala.

Itulah ulasan singkat tentang kenapa jaringan Tri lemot pada akhir-akhir ini. Pastikan untuk mengikuti panduan di atas dengan tuntas agar nantinya sinyal kembali bagus untuk kirim WA, buka aplikasi, maupun main game.