Cara Main Undawn di PC atau Laptop, Bisa Tanpa Emulator!

Undawn adalah game mobile yang dikembangkan oleh Garena. Meskipun begitu, game zombie survival ini juga tersedia versi PC dengan grafik yang lebih bagus.

Selain itu, memainkan Undawn di PC akan memudahkan kita dalam mengontrol karakter. Apalagi, game ini menghadirkan mode PvP dengan mekanisme yang cukup rumit.

Sehingga tak heran, banyak pemain yang memilih perangkat PC atau laptop. Terlebih lagi, full size Undawn di Android & iOS tidak ramah hp kentang.

Kalau kamu ingin merasakan keseruan bermain game zombie dengan grafik dan gameplay yang lebih baik, berikut ulasan tentang cara main Undawn di PC atau laptop.

Cara Main Undawn di PC atau Laptop

Spesifikasi Minimum Undawn PC

Berbeda dari game mobile lain yang hanya bisa dimainkan di PC dengan emulator, Undawn menyediakan versi khusus, yakni PC Launcher.

Hal ini membuat kita bisa bermain langsung tanpa harus download emulator. Jadi, setelah berhasil diunduh, game-nya bisa langsung dimainkan.

Akan tetapi, mengingat Undawn punya kualitas grafik yang bagus, dibutuhkan perangkat dengan spesifikasi mumpuni, mulai dari CPU, RAM, OS, hingga Video Card.

Berikut system requirements minimum Undawn di PC, komputer, dan laptop:

Requirements MinimumUndawn
CPUIntel® Core i3 4130 @ 3.40GHz
RAM6 GB
Video CardIntel HD Graphics 4600
Pixel Shader5.0
Vertex Shader5.0
OSWindows 7
Sound CardWindows Compatible Audio Device
Free Disk Space20 GB

Tapi kalau kamu ingin merasakan kenyamanan yang lebih baik saat bermain, sebaiknya gunakan perangkat dengan CPU Intel® Core™ i3-4160.

Selain itu, spesifikasi lainnya juga harus lebih tinggi seperti tabel berikut:

Rekomendasi RequirementsUndawn
CPUIntel® Core™ i3-4160
Dedicated Video RAM6 GB
Video CardNVIDIA GeForce GTX 660 6GB
Pixel Shader5.0
Vertex Shader5.0
OSWindows 10/11
Sound CardWindows Compatible Audio Device
Free Disk Space20 GB

Kita tentunya ingin merasakan keseruan tanpa kendala lag atau error. Untuk itu, penting memastikan spek perangkat mumpuni sebelum bermain.

Link Download Undawn PC

Kalau perangkat kamu sudah memenuhi kriteria di atas, selanjutnya game Undawn bisa langsung di-install. Namun, pastikan download dari website resmi Undawn.

Sejauh yang admin tahu, Garena hanya menyediakan satu tempat download Undawn, yakni lewat laman situs https://ud.garena.co.id/.

Nanti kalian bisa lihat beberapa pilihan platform, seperti Google Play (Android), App Store (iOS), PC Launcher, dan Steam.

Oh iya, untuk ukuran download Undawn PC, file-nya sekitar 136 MB. Ini belum termasuk data tambahan saat file game di-install.

Cara Main Undawn di PC atau Laptop

Setelah tahu spesifikasi minimum dan link download Undawn PC, selanjutnya kita masuk ke pembahasan utama, yakni cara main Undawn di PC atau laptop tanpa emulator.

Silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama kunjungi website https://ud.garena.co.id/ lewat Chrome
  • Kemudian klik tombol Unduh di kanan atas, tunggu hingga proses download selesai
  • Jika sudah, langsung saja klik file-nya

  • Pada pop-up yang muncul, pilih bahasa dan klik OK

  • Pada pop-up "Selamat datang di program instalasi Undawn", klik Lanjut

  • Baca semua kebijakan atau langsung saja klik Saya setuju

  • Selanjutnya pilih folder untuk menyimpan game-nya
  • Setelah itu klik Install dan tunggu prosesnya selesai, lalu klik Lanjut

  • Centang “Buat shortcut di desktop” dan “Jalankan game setelah instalasi”, lalu Tutup

  • Secara otomatis Launcher game Undawn akan terbuka
  • Di bagian bawah kalian bisa melihat instalasi sedang berjalan
  • Ada dua kali instalasi dengan size 136 MB dan 8,7 GB

  • Biasanya ini butuh waktu lama tergantung koneksi internet
  • Apabila sudah selesai, klik tombol “Buka Game”

  • Namun, kita masih harus download resources sekitar 16,67 MB
  • Setelah itu, ikuti saja instruksi sampai muncul opsi login

Sampai tahap ini, cara main Undawn di PC atau laptop sudah selesai. Kamu bebas login pakai Akun Google, Facebook, atau Garena.

Penting dipahami, internet yang stabil begitu krusial. Alangkah baiknya download dan install Undawn menggunakan Wi-Fi agar lebih cepat.

Solusi Stuck di Launcher atau Start Game

Beberapa pemain ada yang mengalami masalah saat ingin memainkan Undawn, salah satunya stuck di PC Launcher. Bagaimana cara mengatasinya?

Setelah melakukan eksperimen, solusinya ada di pojok kanan atas. Kalian bisa lihat ada Settings Option. Selanjutnya klik Fix Client atau Data (admin lupa).

Jika sudah, lakukan Konfirmasi dan biarkan game-nya close sendiri. Kemudian buka lagi Launcher-nya selang beberapa menit.

Akhir Kata

Undawn adalah game zombie survival dengan grafik bagus serta mekanisme yang cukup rumit. Sehingga, dibutuhkan perangkat spesifikasi tinggi agar permainan lancar tanpa kendala.

Demikian ulasan lengkap tentang cara main Undawn di PC atau laptop tanpa emulator beserta spesifikasi minimum dan yang disarankan. Selamat bermain!