5 Rekomendasi Wisata Dekat Stasiun Malang yang Instagramable

Salah satu kota terbesar di Jawa Timur yang kerap dijadikan destinasi wisata adalah kota Malang. Namun, pernah terpikir tidak jika saat berhenti di stasiun Malang, Anda akan berkunjung ke tempat yang instagenic?

Jika belum, coba lihat rekomendasi wisata dekat Stasiun Malang yang murah dan instagramable ini!

1. Museum Malang Tempoe Doeloe

Sudah ketebak ya dari namanya? Ya, museum ini menyajikan atmosfer koleksi kota Malang pada zaman dulu. Lokasinya tidak terlalu jauh dari stasiun Malang persisnya di belakang Balai Kota Malang atau Jalan Gajahmada.

Destinasi wisata kota Malang ini memang cocok sekali untuk Anda yang penyuka sejarah atau budaya dari suatu daerah. Untuk mengaksesnya sendiri sangatlah mudah dari stasiun, bahkan Anda bisa melakukannya hanya dengan berjalan kaki.
Museum Malang Tempoe Doeloe. Source: IG @yogaoktovianusp
Anda bisa mengunjungi museum ini antara pukul 08.00 sampai 17.00. Untuk harga tiket masuknya jangan dicemaskan karena sangat terjangkau.

Selain wisata sejarah, Anda juga bisa menjadikannya wisata edukasi Malang yang murah meriah.

2. Taman Trunojoyo

Tidak perlu jauh-jauh, cukup di depan pelataran stasiun Anda sudah bisa mencapai taman ini alias nyeberang jalan saja.

Meski tergolong wisata baru, Anda akan mendapatkan beberapa fasilitas di sini seperti kantin, toilet, dan tempat duduk untuk melepas penat setelah menaiki kereta dari perjalanan.
Pohon di Taman Trunojoyo Malang. Source: IG @isyiamanda
Tempat ini juga cocok menyandang gelar tempat wisata anak di Malang karena di sisi lain taman terdapat playground untuk anak bermain. Bagi Anda yang seorang pecinta buku juga ada perpustakaan di sisi taman lain untuk menemani Anda menunggu jemputan atau sekadar ingin baca buku saja.

Yang paling menarik dari Taman Trunojoyo ini adalah patung singanya.

3. Alun-alun Tugu Malang

Wisata dekat Stasiun Malang selanjutnya ada alun-alun Malang yang berbentuk lingkaran dengan tugu menjulang di tengahnya. Sedangkan di sekeliling tugu terdapat kolam teratai yang luas dan menawan.

Bukan hanya kolam yang cantik, Anda juga bisa menikmati kawasan taman dengan rerumputan hijau dan bunga-bunga yang harum dan mempesona.

Jangan heran jika Anda langsung terpikat dengan pesonanya karena seolah bagi wisatawan, taman ini wajib dikunjungi meski hanya sekali. Apalagi kurang lengkap jika tidak berfoto di sini.
Alun-alun Tugu Malang. Source: IG @sandaljepit_putih
Untuk menuju alun-alun Anda tidak perlu menyewa kendaraan, cukup dengan jalan kaki mengikuti arus jalan raya besar dari Taman Trunojoyo. Tugunya dari kejauhan sudah terlihat, Anda tinggal mengikuti saja sampai ke sana.

Alun-alun ini dibangun sejak 1920 silam yang memiliki fungsi untuk memisahkan kawasan balai kota Malang dengan SMA Tugu.

4. Balai Kota Malang

Sudah ke Museum Tempoe Doeloe Malang? Maka jangan lewatkan Balai Kota Malang-nya.

Meskipun bukan tempat wisata, tetapi desain arsitektur bekas kolonial Belanda yang dimiliki bangunan ini cukup megah dan menawan. Tak heran ya jika banyak yang suka mampir dan berfoto di sini.
Bangunan Kolonial di Balai Kota Malang. Source: IG @arfiangw
Selain desain arsitekturnya, hal menarik lainnya dari tempat ini adalah keberadaan bus tingkat dengan nama Malang City Tour yang hanya beroperasi di pagi hari.

Untuk mendaftar sebagai penumpang, Anda harus rela bangun subuh ya karena sangat banyak yang menginginkan keliling kota Malang dengan bus ini.

5. Kampung Warna Jodipan Malang

Jika tempat ini populer dengan spot foto unik di Malang. Sama seperti tempat wisata lainnya, Anda hanya butuh jalan kaki untuk mencapai kampung ini.
Kampung Warna Jodipan. Source: IG @_yanuarrisky_
Awalnya kampung ini berada di pinggiran sungai dan menjadi permukiman kumuh. Namun kini penampilannya sudah berubah jauh menjadi cerah, menarik, dan unik yang memikat mata pengunjung.

Untuk masuk ke sini Anda hanya perlu mengeluarkan dua ribu perak saja. Namun jaga sopan santun ya karena dasarnya ini adalah pemukiman warga.

Dari kelima rekomendasi wisata dekat Stasiun Malang di atas, manakah yang sudah Anda kunjungi? Bagaimana kesan Anda saat mengunjunginya?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel