8 Cara Membedakan Casio Edifice Asli dan Palsu (KW), Pahami Yuk!

Cara Membedakan Casio Edifice Asli dan Palsu

Cara membedakan Casio Edifice asli dan palsu terbilang cukup menantang. Terutama bagi kamu yang belum paham seluk-beluk jam tangan. Namun, ada beberapa hal mudah yang dapat diperhatikan sebagai rujukan.

Casio Edifice adalah merk jam tangan dari Casio yang cukup populer di kalangan menengah ke atas. Selain desain yang keren, bahan-bahannya juga berkualitas tinggi.

Setiap komponen jam dibuat dengan memperhatikan ketahanan, estetika, dan kenyamanan. Sehingga saat memakainya kita tak hanya terlihat keren, namun menambah rasa percaya diri.

Sudah bukan rahasia umum kalau peredaran jam tangan palsu kian meningkat. Oleh sebab itu, cara membedakan jam tangan Casio Edifice asli dan palsu memiliki tantangan tersendiri. Agar tidak salah beli, yuk simak artikel berikut.

Cara Membedakan Casio Edifice Asli dan Palsu

Jam tangan original umumnya dibuat dari bahan yang lebih baik dan berkualitas tinggi. Bukan hanya Casio saja, berlaku untuk semua merk seperti Alba hingga Seiko.

Hal ini membuat daya tahan jam lebih lama dan tidak mudah rusak. Sementara jam tangan KW biasanya memiliki detail yang lebih kasar dan terkesan "murahan".

Namun jika tidak yakin, sebagai referensi kamu bisa simak beberapa cara membedakan Casio Edifice asli dan palsu berikut ini.

1. Box atau Kotak Jam 


Hal pertama yang terlihat jelas adalah box packaging atau kotak jam. Umumnya ketika membeli Casio asli, box produk berbahan kardus tebal dengan bentuk persegi panjang. Di dalamnya sudah termasuk kartu garansi dan sertifikat resmi.

Meskipun ada jam tangan Casio fake yang “pintar” meniru kemasan box, namun kalau diperhatikan kita dapat menemukan banyak perbedaan, baik pada logo maupun kerapian pengemasan.

Material packaging Casio Edifice asli terlihat pada ukuran logo dan tulisan “Edifice” yang lebih rapi berwarna abu-abu atau putih terang. Selain itu, jam juga dilengkapi dudukan bantal tebal.

2. Ukuran dan Berat

Selanjutnya, memperhatikan ukuran dan berat juga bisa jadi cara membedakan Casio Edifice asli dan palsu. Secara umum, Edifice original memiliki diameter atau ukuran yang tidak terlalu tebal. Namun, kalian harus teliti dalam hal ini.

Pasalnya, banyak Casio Edifice palsu dengan harga 500 ribuan yang dirancang mirip seperti asli. Padahal, kalau kita beli di official store, harga paling murah sekitar 1 jutaan.

Oleh sebab itu, perhatikan ukuran dan berat produk sebelum membeli. Casio Edifice original tidak dibuat dengan case terlalu tebal atau bulky, sehingga ketika digunakan tetap terasa nyaman.

3. Cek Cover Belakang


Meskipun banyak produsen jam tangan KW yang pintar, namun keotentikan jam asli tak bisa ditiru begitu saja. Dikutip dari HolaSoyPedro2, Casio Edifice asli memiliki ukiran lingkaran berjarak dari ujung jam.

Sementara Edifice asli cederung mentok ke bagian ujung dengan ukiran teks logo dan water resistant yang lebih besar. Selain itu, biasanya yang original memiliki serial number di bawah tulisan “Edifice Casio”.

4. Detail di Stopwatch, Date, DLL


Cara membedakan Casio Edifice asli dan palsu berikutnya adalah dengan melihat detail pada komponen atau fitur. Pada Edifice asli, terdapat detail melingkat seperti layer-layer yang tidak menimbulkan pantulan cahaya.

Sementara Casio Edifice palsu tidak memiliki detail. Komponen dirancang dengan bahan “plat” yang jika terkena cahaya akan terlihat mengkilap. Cek gambar untuk perbedaan lebih jelas.

5. Kerapihan Tali Jam


Tak bisa dipungkiri kalau jam tangan asli dibuat dengan sangat teliti sehingga menghasilkan produk berkualitas dan rapi. Kalau list di atas belum cukup memuaskan, kamu bisa cek tali jam untuk mengetahui beda Casio Edifice asli atau palsu.

Entah itu berbahan kulit atau stainless steel, tali jam Casio original terlihat lebih rapi terutama pada jahitan pinggir. Berbeda dari Casio KW yang asal jahit sehingga menghilangkan kesan mewah.

6. Desain Bagian Pinggir


Selanjutnya, jam Casio Edifice ori vs fake dapat dibedakan dari desain bagian pinggir di dekat tombol-tombol. Sangat mudah mengetahuinya, karena Casio yang asli didesain tanpa menghasilkan bentuk lancip.

Sedangkan Casio KW terlihat bentuk lancip ke bawah. Hal ini tentunya mengurangi kesan elegan pada jam. Memang sulit menjelaskan secara detail, tapi kamu bisa cek gambar di atas.

7. Movement dan Adjustment

Sebenarnya ini adalah cara membedakan jam tangan asli dan palsu secara umum. Jadi, bukan hanya untuk merk Casio Edifice saja. Bahkan G-Shock maupun Seiko asli vs palsu juga dapat diketahui dengan melakukan metode ini.

Hal yang harus kamu lakukan adalah melakukan adjusment. Pertama tekan tombol “Adjust” satu kali, lalu biarkan jarum jam berputar. Selanjutya, pencet lagi tombolnya dengan tujuan agar jarum jam kembali ke posisi awal.

Kalau Casio Edifice kamu asli, seharusnya jarum jam berputar ke arah kanan. Sementara yang palsu berputar arah ke kiri sehingga butuh waktu lumayan lama.

8. Selalu Beli di Official Store

Jangan pernah beli jam di toko yang tidak punya sertifikat resmi, baik itu secara online maupun offline. Sebab, belakangan banyak dijumpai jam Edifice palsu, khususnya di Shopee dengan harga Rp100.000 hingga Rp500.000.

Percayalah, kalau Casio Edifice tersebut benar-benar original, harganya tidak kurang dari Rp1 jutaan. Kalian bisa cek sendiri di “Casio Official Store”.

Harga Casio Edifice Original

Setelah tahu cara membedakan Casio Edifice asli dan palsu, sekalian admin rekomendasikan tempat beli jam Casio original murah. Tentunya selain tersedia di toko resmi (offline), sekarang sudah ada official store online di e-commerce.

Berikut beberapa harga Casio Edifice original dan link pembelian:

1. Casio Edifice EFR-569DC-1AVUDF


Casio Edifice tipe EFR-569DC-1AVUDF dibuat dari stainless steel band dengan komponen triple-fold clasp, glass, dan sapphire crystal. Ini membuatnya terlihat begitu elegan perpaduan warna hitam dan gold atau emas.

Selain sebagai petunjuk jam, tipe ini juga hadir dengan fitur stopwatch, tanggal, dan water resistance. Jadi, kamu tak perlu melepas jam ketika ingin berwudhu. Menariknya lagi, baterai bisa bertahan hingga 3 tahun.

Casio EdificeEFR-569DC-1AVUDF
HargaRp3.399.000
Official StoreBeli di Shopee

2. Casio Edifice EFR-569BL-2AVUDF


Casio Edifice yang terlihat mewah dan trendy, terbuat dari bahan stainless steel sehingga tahan air (water resistance) hingga kedalaman 100 meter. Sementara tali jam terbuat dari bahan kulit yang awet dan tahan lama.

Fitur yang disajikan antara lain, stopwatch, tanggal, split time, analog hour minute second, dan ketahanan baterai hingga 3 tahun.

Casio EdificeEFR-569BL-2AVUDF
HargaRp3.009.000
Official StoreBeli di Shopee

3. Casio Edifice EFV-590D-1AVUDF


Tak jauh berbeda dari tipe sebelumnya, Casio Edifice EFV-590D-1AVUDF juga dibuat dari bahan stainless steel. Ini membuatnya sangat kokoh namun tetap ringan. Dengan fitur one-touch 3-fold clasp menambah kesan mewah.

Tipe ini mampu bertahan di air dengan kedalaman maksimal 100 meter. Dengan kata lain, meskipun kamu kehujanan, kinerja jam tetap berfungsi maksimal.

Fitur lainnya adalah date display, regular timekeeping, analog hour minute second, dan stopwatch. Untuk masa hidup baterai, maksimal 3 tahun.

Casio EdificeEFV-590D-1AVUDF
HargaHarga Rp1.989.000
Official StoreBeli di Shopee

Kelebihan Jam Tangan Casio Edifice

Meskipun harganya mencapai jutaan rupiah, namun kualitas Casio Edifice tak perlu diragukan. Desain yang dihadirkan cukup untuk menambah wibawa pengguna. Apalagi merk jam Casio sudah punya nama di seluruh dunia.

Berdasarkan informasi yang didapat dari official store Casio di e-commerce, terdapat beberapa tipe Edifice yang paling populer. Seperti EFR-539BK-1AVUDF, ECB-20DB-1ADF, dan EFR-569BL-2AVUDF.

Lantas apa sih keunggulan jam tangan Casio Edifice?

1. Desain Elegan

Casio selalu menghadirkan produk jam tangan berkelas. Edifice adalah satu dari sekian banyak tipe yang paling diminati. Dengan desain yang elegan, pengguna jadi terlihat lebih berwibawa, apalagi saat mengenakan setelan formal.

Dibanding tipe lain, Edifice memang dirancang untuk pengguna yang ingin tampil elegan. Selain itu, Casio Edifice juga dibekali fitur-fitur bermanfaat, misalnya lap detik, tanggal, tahan air, hingga kompas penunjuk arah.

2. Punya Banyak Tipe

Seperti penjelasan awal, ada banyak pilihan tipe Casio Edifice. Kamu bisa pilih sesuai keinginan mana yang paling cocok saat digunakan. Ada ragam warna dan desain yang masing-masing dijual dengan harga berbeda.

Apabila kamu ingin tampil elegan dengan setelah jas dan dasi, Casio Edifice EFR-S572GS-1AVUDF bisa jadi pilihan yang tepat. Namun jika ingin tampil sporty, mungkin Casio Edifice EFR-569BL-2AVUDF cocok untuk kamu.

3. Mewah & Branded

Bicara soal Casio, brand ini didirikan di Jepang tahun 1946 oleh Tadao Kashio. Memang fokusnya bukan hanya jam tangan saja, namun produk lain yang berhubungan dengan elektronik seperti kamera digital hingga kalkulator.

Selain Edifice, produk jam tangan Casio yang juga paling diminati adalah G-Shock. Bahkan, sudah banyak produsen abal-abal yang menjual G-Shock palsu dengan harga lebih murah dibanding original.

Oleh sebab itu, karena kepopulerannya, tak bisa dicegah peredaran produk KW. Kita hanya perlu mengamati cara membedakan Casio Edifice asli dan palsu agar tidak tertipu.

Akhir Kata

Dengan melakukan pengecekan dasar, kita dapat mengetahui mana Casio asli dan KW. Hal ini tentunya dapat menghindari risiko ditipu penjual yang mengaku produk mereka 100% original.

Jadi itulah beberapa cara membedakan Casio Edifice asli dan palsu. Untuk lebih meyakinkan, sebaiknya beli di toko resmi atau mitra yang sudah terafiliasi Casio. Ingat, jangan tergiur harga murah!