Cara Rank Up Pemain di FC Mobile, Lebih Rumit dari FIFA Mobile?

Setelah lama vakum dari FC Mobile, akhirnya kemarin admin download lagi game-nya. Ternyata ada banyak sekali perbedaan dari FIFA Mobile, contohnya menaikkan OVR atau rank up pemain.

Kalau di FIFA Mobile kita hanya perlu menumbalkan pemain tanpa ada syarat tertentu. Sementara di FC Mobile, proses rank up harus menggunakan pemain yang sama.

Nah, masih bingung cara rank up atau naik peringkat di FC Mobile? Artikel berikut akan mengulasnya lebih lengkap. Yuk simak sampai selesai!

Cara Rank Up Pemain di FC Mobile

Penjelasan Rank Up atau Naik Peringkat FC Mobile

Rank up atau naik peringkat di FC Mobile adalah fitur yang memungkinkan kita meningkatkan OVR dan statistik pemain dalam susunan squad.

Berbeda dari FIFA Mobile, Rank Up di FC Mobile ini jauh lebih rumit karena kita butuh kartu pemain yang sama, mulai dari OVR, program/event, dsb.

Namun sepertinya ini tak berlaku untuk Pioneer atau Founders (kartu awal season) yang bisa menggunakan kartu pemain Icons untuk menaikkan peringkat.

Berikut syarat lengkap kalau mau rank up pemain di EA FC Mobile:

  • Gunakan pemain yang sama (OVR, program, dll)
  • Setelah rank up selesai, level training akan meningkat
  • Setiap rank up akan menghasilkan Skill Points untuk upgrade atribut/statistik pemain
  • Pemain yang sudah di-rank up harganya jauh lebih mahal

Sebagai contoh, admin mau rank up Frenkie De Jong (UCL, CM, OVR 93). Dengan begitu, admin harus menyiapkan kartu De Jong yang sama sebanyak 1 buah untuk level 5 & 10, 2 buah untuk level 15 dan seterusnya.

Karena sistem baru ini, ada baiknya kita tidak boleh asal-asalan dalam menaikkan peringkat pemain. Apalagi, sepertinya FC Mobile tidak menyediakan fitur transfer latihan (CMIIW).

Cara Rank Up Pemain di FC Mobile

Seperti penjelasan di awal, fitur Rank Up atau Naik Peringkat di FC Mobile berbeda dari Training untuk meningkatkan OVR pemain di FIFA Mobile.

Selain butuh pemain tumbal OVR rendah, kita juga harus menyiapkan tumbal pemain yang sama dari segi OVR, posisi, dan event.

Berikut tutorial cara rank up pemain di FC Mobile:

  • Pertama klik kartu pemain yang mau di-rank up
  • Lalu klik tombol Training
  • Klik Auto Select untuk melatih pemain ke level 5, 10, 15, 20, atau 25
  • Jika sudah, pilih opsi Rank Up
  • Nah, kalau belum ada bahannya beli dulu di Market
  • Pastikan bahannya sama dengan kartu pemain yang ingin di-rank up
  • Setelah itu, klik Rank Up
  • Selesai dan kamu akan mendapatkan Skill Points

Untuk menggunakan Skill Points, caranya cukup mudah yakni dengan masuk ke menu Details pada kartu pemain, lalu klik opsi Skill Points.

Nanti ada beberapa atribut yang bisa ditingkatkan, mulai dari Passing, Dexterity, dan Dribbling. Pastikan jangan asal pilih karena untuk meresetnya butuh 1.000 Gems.

Kenapa No Available Players Saat Mau Rank Up?


Setelah vakum yang cukup panjang, admin sempat kebingungan ketika mau rank up pemain. Di sebelah kartu pemain muncul tulisan “No available players”.

Ternyata masalah ini disebabkan karena tidak ada pemain tumbal yang sama dengan kartu pemain yang mau admin naikkan rank-nya. Di awal juga sudah dijelaskan tadi.

Untuk mengatasinya, kamu perlu membeli pemain di Market. Tapi, sepertinya cara ini tidak bagus untuk player pemula atau yang baru bermain.

Selain harga pemain di FC Mobile sangat mahal, “bansos” koin per harinya juga terbatas. Disamping itu, pemain gratisan juga banyak yang untradeable atau tidak bisa dijual.

Penutup

FC Mobile adalah reinkarnasi dari FIFA Mobile, game besutan EA Sports yang cukup banyak diminati saat ini karena menyajikan gameplay seru dan event-event menarik.

Demikian ulasan tentang cara rank up atau naik peringkat pemain di FC Mobile. Semoga artikel ini membantu player pemula yang masih kebingungan. Selamat mencoba!