7 Penyebab Google Play Terus Berhenti dan Cara Mengatasinya

Siapa di antara kita yang tidak pernah merasa frustrasi ketika layanan Google Play terus berhenti secara tiba-tiba? Pastinya ini bikin aktivitas kita terganggu.

Seperti yang kita tahu, Google Play adalah layanan yang berisi aplikasi dan game. Sehingga kalau terjadi error, kinerja aplikasi maupun game yang terinstal jadi tidak optimal.

Tetapi kalian tak perlu khawatir, karena kita akan menjelajahi berbagai penyebab Google Play terus berhenti dan solusinya. Untuk itu, simak artikel ini sampai selesai, ya!

Google Play Terus Berhenti

Penyebab Google Play Terus Berhenti

Ketika berbicara tentang aplikasi dan game, Google Play adalah salah satu platform yang kita tuju untuk mengunduh maupun memperbarui versi.

Namun, terkadang Google Play mengalami error seperti tidak dapat mengunduh aplikasi, kesalahan unduhan, atau tiba-tiba berhenti sendiri.

Berikut beberapa penyebab dan cara mengatasi Google Play terus berhenti:

1. Pembaruan Aplikasi Gagal

Saat kita bersemangat menyambut versi terbaru dari aplikasi atau game favorit, tak jarang kita menghadapi masalah ketika Google Play tiba-tiba berhenti.


Masalah ini seringkali disebabkan oleh pembaruan aplikasi yang gagal. Solusinya bisa dengan meluangkan sedikit waktu untuk memeriksa apakah pembaruan aplikasi berjalan lancar.

2. Cache Sampah Penuh

Kadang-kadang, cache aplikasi yang terlalu penuh bisa menjadi penyebab kenapa Google Play terus berhenti bekerja atau error.

Namun, membersihkan cache secara teratur bisa kamu coba untuk mengatasi masalah ini. Pasalnya, cache atau data sampah cukup mengganggu kinerja memori penyimpanan.

3. Masalah Jaringan

Terlalu sering kita menyalahkan aplikasi ketika Google Play terus berhenti. Padahal, tanpa sadar bahwa masalah jaringan adalah penyebab sebenarnya.

Oleh karena itu, pastikan koneksi internet kamu stabil. Jika kamu menggunakan data seluler, cek apakah sinyalnya cukup kuat.

Masalah jaringan bisa membuat Google Play tidak dapat mengunduh atau memperbarui aplikasi.

4. Konflik Aplikasi (App Conflicts)

Terlalu banyak aplikasi yang berjalan bersamaan bisa menjadi sumber masalah yang menyebabkan Google Play terhenti.

Menyusun aplikasi dengan baik dan memastikan tidak ada aplikasi yang saling mengganggu bisa membantu mencegah terjadinya masalah ini.

5. Ruang Penyimpanan Terbatas

Semakin banyak aplikasi yang kamu install di perangkat, maka semakin banyak pula ruang penyimpanan yang dibutuhkan.

Jika ruang penyimpanan sudah hampir habis, Google Play mungkin akan berhenti bekerja. Sebaiknya pastikan memiliki cukup ruang penyimpanan di perangkat.

6. Masalah Sistem Operasi

Sistem operasi yang lama atau tidak kompatibel dengan Google Play Store dapat menjadi penyebab masalah, salah satunya Google Play terus berhenti.


Untuk itu, pastikan perangkat yang kamu gunakan sudah mendukung versi OS yang kompatibel dan terbaru.

7. Masalah Aplikasi Pihak Ketiga

Terakhir yang tak kalah penting, alasan kenapa layanan Google Play error adalah aplikasi pihak ketiga yang tidak terkendali, sehingga dapat mempengaruhi kinerja Playstore.

Pastikan kamu hanya mengunduh aplikasi dari sumber yang tepercaya dan hindari menginstal aplikasi yang tidak dikenal, seperti MOD APK.

Lakukan Ini Jika Google Play Tidak Bisa Diakses

Semua masalah pasti ada jalan keluar. Tak terkecuali jika Google Play di hp kamu terus berhenti sehingga gagal diakses.

Apabila kamu sering mengalami kendala tersebut, ada beberapa solusi terbaik untuk mengatasinya. Cukup lakukan instruksi yang diberikan Google.

Berikut cara mengatasi Google Play terus berhenti:

Update Versi - Pertama, kamu bisa masuk ke akun Google Play, dan lakukan pembaruan aplikasi ke versi terbaru. Setelan > Tentang > Versi Play Store.

Hapus Data - Selanjutnya, menghapus data juga bisa mengatasi masalah pada Google Play. Pastikan data yang dihapus hanya cache atau data sampah saja.

Cek Koneksi - Coba deh cek jaringan internet yang digunakan. Siapa tahu ada error yang membuat akses ke aplikasi online jadi terganggu.

Selain solusi-solusi di atas, kamu juga bisa mengatasi masalah dengan memastikan tidak ada aplikasi yang berjalan di belakang layar.

Hal tersebut cukup mengganggu karena membuat sistem harus bekerja ekstra menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan.

Akhir Kata

Google Play memang menjadi layanan andalan, khususnya bagi pengguna Android. Di platform milik Google ini tersedia aplikasi, game, film, dan buku yang beragam.

Jadi, ketika Google Play terus berhenti, jangan panik! Cobalah untuk memeriksa beberapa faktor di atas dan temukan solusi yang cocok untuk masalah yang kamu alami.