Pulsa Cukup Tapi Pembayaran Google Play Ditolak? Cek Solusinya

Ketika ingin membeli item game atau berlangganan aplikasi pakai pulsa seluler, tak jarang kita menemui masalah pembayaran Google Play ditolak. Padahal, setelah dicek nominal pulsa mencukupi.

Sebenarnya kendala ini cukup sering dialami beberapa pengguna. Solusinya pun terbilang sangat mudah, seperti cara mengatasi Google Play diperlukan autentikasi.

Jadi, kamu tak perlu khawatir kalau hal ini terjadi. Pastinya, setiap masalah pasti ada jalan keluar. Tinggal kita yang harus memahami apa penyebabnya.

Nah, di artikel ini Normanardik.com mau mengulas alasan kenapa pembayaran Google Play ditolak padahal pulsa cukup. Bagi kamu yang butuh solusi terbaik, yuk simak penjelasan berikut sampai selesai.

Pembayaran Google Play Ditolak Padahal Pulsa Cukup

Penyebab Pembayaran Google Play Ditolak

Bicara soal Google Play, platform ini memang menyediakan pembelian dalam aplikasi atau game. Pengguna dibebaskan membeli item atau berlangganan dengan membayar sejumlah uang digital.

Dalam prosesnya, pembayaran Google Play dapat dilakukan dengan mudah. Hanya saja, kendala muncul ketika pengguna tidak memperhatikan persyaratan platform.

Adapun alasan kenapa pembayaran Google Play ditolak sebagai berikut:

  • Akun Google bermasalah atau pernah melakukan transaksi mencurigakan
  • Nominal pulsa tidak menutupi biaya pajak
  • Perbedaan kartu SIM dengan nomor untuk transaksi
  • Penuhnya data di Google Play

Di antara semua alasan di atas, penyebab paling utama adalah pulsa yang kamu miliki tidak menutupi biaya pajak.


Meskipun pulsa sudah mencukupi, kamu harus tahu kalau setiap pembelian Google Play dikenakan pajak sebesar 11% dari nominal transaksi.

Jadi, misalnya kamu beli Starpass FIFA Mobile Rp79.000, setelah ditambah pajak 11%, maka total transaksi yang harus dibayar adalah Rp87.690.

Cara Mengatasi Pembayaran Google Play Ditolak

Pembayaran Google Play yang ditolak memang menjengkelkan. Apalagi, kita sedang butuh item game atau tak sabar menikmati fitur premium dari langganan aplikasi.

Tapi tak perlu panik, cara mengatasi pembayaran Google Play ditolak padahal pulsa cukup sangat mudah.

Berikut beberapa metode terbaik untuk dicoba:

1. Perbaiki Profil Pembayaran

Pertama, ditolaknya pembayaran Google Play dapat disebabkan karena akun Google bermasalah. Kendala ini hanya terjadi pada pengguna yang pernah melakukan transaksi mencurigakan.

Mungkin sebelumnya kamu pernah menggunakan fake credit card atau cara curang lain saat membeli item atau berlangganan.

Untuk solusinya bisa dengan mengganti akun atau mengisi formulir yang tertera di notifikasi. Contohnya di gambar berikut:


Apabila cara di atas belum berhasil atau terlalu ribet, maka silahkan lanjut baca artikel ini dan gunakan metode lain.

2. Lebihkan Pengisian Pulsa

Selanjutnya, cara mengatasi pembayaran Google Play ditolak padahal pulsa cukup adalah dengan melebihkan nominal pulsa untuk menutupi biaya pajak.

Kamu mungkin mengira harga item yang tertera di aplikasi/game adalah nominal yang harus dibayarkan. Padahal, itu belum termasuk pajak sebesar 11%.

Oleh sebab itu, kalau harga di Google Play Rp100.000, maka pulsa kamu harus lebih dari itu. Paling tidak isi pulsa minimal Rp120.000.

3. Sesuaikan Nomor HP

Solusi berikutnya adalah menyesuaikan nomor yang terdaftar di akun Google Play dan nomor hp yang digunakan untuk pembayaran. Sebab, kalau ada perbedaan, sistem tidak bisa membaca transaksi.

Coba kamu isi pulsa di nomor yang sama di akun Google Play. Pastikan nominalnya mencukupi biaya pajak. Setelah itu ulangi lagi proses pembayaran.

4. Hapus Data dan Cache

Penuhnya data di Google Play juga termasuk alasan kenapa pembayaran Google Play ditolak padahal pulsa cukup. Cara mengatasinya cukup simpel, yakni dengan menghapus data dan cache aplikasi Google Play.

Namun, sebelum memulai metode ini, pastikan kamu mengingat email dan password login akun Google.

5. Ganti Metode Pembayaran Lain

Solusi terakhir untuk mengatasi pembayaran Google Play ditolak adalah mengganti metode pembayaran. Selain pulsa, kamu bisa memilih metode e-wallet DANA, kartu kredit, atau Shopeepay.

Semua metode tak jauh berbeda, karena akan dikenakan pajak. Oleh karena itu, kalau tidak ingin gagal lagi, pastikan nominal saldo melebihi biaya transaksi.


Penjelasan di atas sudah dicoba dan terbukti berhasil. Jadi, kamu tak perlu khawatir jika pembayaran Google Play ditolak padahal pulsa cukup. Silahkan ikuti artikelnya dengan baik.

Akhir Kata

Pengguna Android memang mengandalkan Google Play sebagai platform untuk download aplikasi atau game. Selain praktis, kita juga bisa melakukan transaksi item dan langganan dengan mudah dan cepat.

Demikian beberapa alasan kenapa pembayaran Google Play ditolak padahal pulsa cukup beserta cara mengatasinya. Baca juga artikel lain di Normanardik.com untuk informasi menarik dan bermain.