Cara Agar Wajah Simetris di Kamera Belakang, Foto Jadi Bagus

Kebanyakan orang memiliki wajah yang asimetris atau bagian kanan dan kiri berbeda. Untuk itu, cara agar wajah simetris di kamera belakang penting diketahui, terutama bagi kamu yang suka foto-foto. 

Meskipun saat ini kamera smartphone sudah canggih, kesimetrisan wajah tak bisa diubah hanya dengan mengandalkan kecanggihan kamera.

Pasalnya, wajah manusia diciptakan Tuhan dengan bentuk yang beragam. Namun, saat di depan kamera, kita bisa mengakalinya dengan melakukan latihan dan teknik fotografi.

Nah, artikel ini akan menjelaskan beberapa cara agar wajah simetris di kamera belakang. Tujuannya tak lain untuk menimbulkan kepercayaan diri, sehingga hasil foto atau video terlihat lebih menarik.

Cara Agar Wajah Simetris di Kamera Belakang
TikTok @catheliaanabella

Penyebab Wajah Tidak Simetris

Dikutip dari gadgetaja.com, 80% orang lahir dengan wajah asimetris atau tidak rata. Hanya saja, kebanyakan tidak menyadari hal tersebut karena perbedaannya sangat kecil.

Jadi, alasan kenapa wajah tidak simetris di kamera adalah faktor genetik/ilmiah dan teknik fotografi yang digunakan.

Selengkapnya, berikut penyebab wajah tidak simetris:

1. Distorsi Kamera

Dalam dunia fotografi, ada yang namanya “focal length” yang merupakan jarak fokus lensa. Setiap kamera memiliki focal length berbeda, baik itu kamera hp ataupun kamera profesional.

Fungsi dari focal length adalah menentukan jarak antara lensa dan objek foto. Hal ini dapat menyebabkan efek distorsi kamera sehingga tampilan wajah jadi asimetris.

2. Ilusi Kamera

Selanjutnya, penyebab wajah tidak simetris saat foto juga bisa karena ilusi kamera. Ilusi ini dapat diakibatkan oleh “mere exposure effect” atau efek paparan belaka.

Efek ini akan membuat seseorang melihat perspektif wajah dalam cermin. Dengan kata lain, yang kita lihat sebenarnya adalah kebalikan dari yang dilihat oleh orang lain.

3. Faktor Genetik

Terakhir, tidak simetrisnya wajah ketika foto dengan kamera belakang disebabkan oleh faktor genetik. Ada orang yang dari lahir memang dikaruniai wajah asimetris atau tidak sama antara kiri dan kanan.


Jadi, kalau kamu merasa wajah tidak simetris, tak perlu berkecil hati. Banyak juga orang yang memiliki wajah seperti itu.

Cara Agar Wajah Simetris di Kamera Belakang

Setelah tahu apa saja yang menyebabkan wajah manusia tidak semetris, selanjutnya kita masuk ke pembahasan utama. Cara agar wajah simetris di kamera belakang hanya perlu melakukan trik fotografi.

Karena pada dasarnya, wajah yang sudah asimetris dari lahir, hanya bisa diperbaiki dengan latihan rutin, seperti stretching atau senam wajah.

Berikut beberapa cara agar wajah sama rata (simetris) saat foto atau merekam video:

1. Hindari Angle Frontal

Posisi wajah yang simetris dapat diakali dengan cara menghindari Angle Frontal. Maksudnya, posisi kepala dan badan tidak boleh lurus menghadap kamera.

Angle Frontal sendiri sangat “haram” di dunia fotografi. Untuk itu, usahakan rotasi ke arah kanan atau kiri, bebas asal tidak tegak lurus ke lensa kamera seperti sedang foto KTP.

2. Cari Sisi Wajah yang Kalian Suka

Selanjutnya, cara agar wajah simetris di kamera belakang adalah menentukan sisi wajah yang menurut kamu lebih bagus. Wajah sebelah kanan atau kiri?

Kalau sisi kanan terlihat lebih menarik, setiap kali berfoto selalu hadapkan sisi tersebut pada lensa kamera.


Selanjutnya, kamu bisa menghadap 45 atau 90 derajat ke arah kiri atau sebelah kanan dari kamera. Kemudian lakukan gerakan atau pose sesuai keinginan.

Trik ini akan membuat orang fokus pada wajah sebelah kanan. Sehingga keasimetrisan tidak terlihat jelas pada foto.

3. Senam Wajah

Terakhir, cara agar wajah simetris di kamera blakang adalah dengan senam wajah. Selain bermanfaat untuk menghindari kriput, teknik ini juga dapat mengatasi wajah yang tidak rata.

Adapun cara senam wajah agar simetris sebagai berikut:

  • Tersenyum berulang kali
  • Tahan senyuman dengan jari
  • Mengunyah makanan di kedua sisi
  • Mengunyah permen karet
  • Rutin menggembungkan pipi
  • Naikkan dahi secara berulang

Nah, metode di atas memang tidak bisa membuat wajah simetris dalam waktu singkat. Kalian harus melakukannya secara rutin, kalau perlu setiap hari.

Setelah beberapa saat, dijamin wajah jadi simetris di kamera. Kalian akan lebih percaya diri saat mengambil foto maupun merekam video. 

Akhir Kata

Ketidakrataan wajah antara sisi kanan dan kiri memang mempengaruhi foto. Banyak orang yang malu atau bahkan enggan berfoto karena hasilnya terlihat kurang menarik.

Itulah ulasan lengkap tentang cara agar wajah simetris di kamera belakang. Intinya, wajah yang asimetris dimiliki hampir semua orang. Hanya saja, kita bisa mengakali dengan trik fotografi dan senam wajah.