Komisi Shopee Affiliate Tidak Masuk? Cek Penyebabnya Disini

Program afiliasi Shopee memang tengah populer. Bermodalkan link, pengguna bisa mendapatkan komisi jutaan rupiah. Namun, tak jarang timbul masalah seperti komisi Shopee Affiliate tidak masuk.

Komisi Shopee Affiliate cukup menggiurkan, terutama bagi mereka yang paham cara kerjanya. Ini juga dianggap sebagai kerja online di rumah tanpa modal.

Sejak diluncurkan beberapa tahun lalu, Shopee Affiliate sudah menjadi andalan bagi kreator digital maupun pengguna media sosial. Cara kerja yang mudah dan keuntungan maksimal jadi alasannya.

Nah, kalau penasaran kenapa komisi Shopee Affiliate tidak masuk, artikel ini akan jelaskan penyebab dan cara mengatasinya. Untuk itu, yuk simak sampai selesai!

Kenapa Komisi Shopee Affiliate Tidak Masuk

Kenapa Komisi Shopee Affiliate Tidak Masuk?

Syarat menjadi afiliator Shopee memang tak sulit, kita hanya perlu mengunduh aplikasi Shopee, membuat akun, dan mengisi formulir untuk memulai pendaftaran.

Setelah registrasi diterima, kita bisa langsung menyebar link afiliasi di berbagai platform media sosial. Namun, sekarang kebanyakan afiliator lebih suka “nyampah” link di Twitter karena terbukti cuan.

Kembali ke topik utama, komisi Shopee Affiliate belum masuk ke Shopeepay disebabkan oleh banyak faktor. Tetapi, dari pengalaman admin, penyebab utamanya karena transaksi belum selesai.

Selain itu, alasan lainnya sebagai berikut:

1. Transaksi Belum Selesai

Pada dashboard Performa Shopee Affiliate, ada beberapa jenis transaksi, yaitu “Belum Dibayar”, “Diproses”, dan “Selesai”. Komisi yang belum masuk kemungkinan karena transaksi tersebut belum selesai.

Kendati demikian, meski sudah tertulis “Selesai”, terkadang komisi tidak langsung ditransfer ke Shopeepay. Komisi akan masuk sekitar 2 atau 3 hari kemudian.


Oleh sebab itu, kalau ada tulisan “Diproses” atau “Belum Dibayar”, jangan panik dulu. Komisi pasti akan dihitung, kecuali pembeli membatalkan transaksinya.

2. Produk Tidak Masuk Kriteria

Selanjutnya, alasan kenapa komisi Shopee Affiliate tidak masuk juga bisa disebabkan karena produk yang dibeli tidak memenuhi kriteria program, seperti produk digital.

Beberapa produk yang tidak terhitung dapat komisi Shopee Affiliate diantaranya:

  • Pulsa Seluler
  • Voucher
  • Tiker
  • Item Game
  • Paket Internet

Mengingat cara kerja afiliasi Shopee sangat fleksibel. Dalam artian link akan tetap nyangkut selama beberapa hari di akun pengguna.

Meskipun link yang dibagikan aksesoris hp, kita tak bisa mengatur transaksi orang lain. Terkadang pengguna link membatalkan transaksi tersebut dan malah membeli produk digital.

3. Produk yang Dibeli Dibatalkan

Produk yang sudah masuk dashboard Shopee Affiliate belum sepenuhnya menghasilkan komisi. Terkadang, ada transaksi yang dibatalkan sehingga kita gagal mendapatkan komisi.

Untuk melihat jenis transaksi yang dibatalkan, kamu bisa mengeceknya di dashboard “Performa” > Psanan Affiliate Terbaru > dan lihat tulisan “Dibatalkan” di bagian kolom produk.

4. Link Afiliasi Tercantum di Konten Terlarang

Kemudian, link produk yang dibagikan juga bisa jadi penyebab komisi Shopee Affiliate tidak masuk ke Shopeepay. Pasalnya, komisi akan dihitung kalau kamu mematuhi seluruh persyaratan dan kebijakan platform.

Ada kemungkinan kamu membagikan link di konten terlarang, seperti perjudian atau pornografi. Ini membuat perhitungan jadi tidak valid.


Oleh sebab itu, cara terbaik untuk menghasilkan cuan dari Shopee Affiliate adalah dengan membagikan link ke media sosial, atau membuat konten review di website atau kanal Youtube.

5. Menggunakan Link Afiliasi Sendiri

Terakhir, alasan kenapa komisi Shopee Affiliate tidak masuk tak lepas dari kesalahan kamu sendiri. Seperti yang tertera di kebijakan program, link afiliasi tidak sah apabila diklik dan digunakan sendiri.

Sebenarnya ini sudah masuk pelanggaran, dan bisa menyebabkan suspend atau pemblokiran akun kalau dilakukan secara terus menerus.

Untuk menghindari hal tersebut, alangkah baiknya kamu mematuhi semua kebijakan Shopee Affiliate. Jangan sampai penghasilan online terhambat karena kesalahan yang tidak perlu.

Perhitungan dan Cara Cek Komisi Shopee Affiliate


Setelah tahu penyebab komisi Shopee Affiliate tidak masuk ke Shopeepay, admin mau jelaskan sedikit tentang perhitungan dan cara melihat komisi afiliasi di aplikasi Shopee.

Untuk perhitungannya sangat simpel, jumlah komisi tertera pada halaman produk di bagian “Estimasi Komisi”.

Jadi misalnya kamu membagikan link Parfum Mezuca dengan perkiraan komisi Rp7.500. Kalau ada yang membeli lewat link kamu, maka komisinya berhak kamu peroleh.

Sebaliknya, jika pembelian dibatalkan, komisi tersebut jadi tidak valid.


Sementara cara cek komisi Shopee Affiliate juga sangat mudah. Di bagian Laporan Performa ada tulisan “Jumlah Pesanan” dan “Estimasi Komisi”.

Jumlah Pesanan – Ini adalah nominal transaksi dari produk yang berhasil dibeli atau checkout oleh pengguna yang menggunakan link afiliasi kamu.

Estimasi Komisi – Jumlah komisi yang kamu dapatkan dari link produk yang dibagikan. Komisi akan masuk ke Shopeepay setelah proses validasi.

Akhir Kata

Shopee Affiliate memang menggiurkan banyak orang. Namun, kamu juga harus paham cara terbaik agar link afiliasi menghasilkan komisi. Jadi, tidak cukup dengan membagikan link secara masif ke media sosial.

Demikian beberapa alasan kenapa komisi Shopee Affiliate tidak masuk. Dengan penjelasan di atas, sekarang kamu semakin paham kalau komisi akan dikirim ke Shopeepay setelah transaksi selesai dan lolos validasi.