Apakah Komisi Shopee Affiliate Bisa Hangus? Cek Penjelasannya

Banyak afiliator Shopee yang penasaran apakah komisi Shopee Affiliate bisa hangus atau tidak. Pasalnya, sebagian dari mereka mendapati saldo tiba-tiba jadi Rp0, terutama di awal bulan.

Seperti yang kita tahu, program afiliasi dari Shopee mendapatkan tanggapan positif dari banyak orang. Bagaimana tidak, hanya dengan membagikan link produk, kita bisa memperoleh penghasilan.

Terlepas dari segala masalah, nyatanya Shopee Affiliate jadi andalan untuk menghasilkan uang secara online. Bahkan, bisa cukup menggunakan smartphone tanpa perlu keluar modal.

Nah, kalau kamu ingin tahu apakah komisi Shopee Affiliate bisa hangus, artikel ini akan mengulasnya secara lengkap. Untuk itu, yuk simak sampai selesai!

Apakah Komisi Shopee Affiliate Bisa Hangus?

Apakah Komisi Shopee Affiliate Bisa Hangus?

Shopee Affiliate adalah program unggulan Shopee yang memungkinkan pengguna dapat komisi dari membagikan link produk. Besaran komisi beragam, tergantung harga dan jenis produk.

Biasanya, produk dengan label “Komisi XTRA” menawarkan komisi yang lebih besar. Bahkan bisa sampai puluhan dan ratusan ribu per produk.

Lantas, apakah komisi Shopee Affiliate bisa hangus? Jawabannya tidak. 

Kalau kamu mendapati komisi Shopee Affiliate hilang, itu bukan karena hangus, melainkan transaksi belum selesai atau pembeli membatalkan pesanan.

Hal yang perlu diketahui juga, komisi yang kamu dapatkan tidak bisa langsung cair ke Shopeepay. Ada beberapa tahapan yang perlu dilalui, contohnya validasi link.

Namun, dari pengalaman admin, komisi Shopee Affiliate akan dibayar paling cepat hari Kamis atau seminggu sekali.


Oleh karena itu, kamu tak perlu panik apabila komisi hilang atau berubah jadi 0. Fokus saja menyebar link dan menyusun strategi agar link produk dilirik orang.

Cara Tarik Komisi Shopee Affiliate

Seperti penjelasan awal, komisi Shopee Affiliate akan dibayar setiap minggu. Tapi, apakah kamu sudah tahu cara mencairkan komisi tersebut? Kalau belum, yuk lanjut baca.

Nominal komisi yang sudah didapat bisa dicek di aplikasi Shopee > Saya > Shopee Affiliate Program > dan Performa.

Nanti akan terlihat keseluruhan statistik, mulai dari jumlah klik link, pesanan produk, konversi pesanan, hingga estimasi komisi.

Sementara untuk cara mencairkan komisi Shopee Affiliate, metodenya ada dua, yakni langsung ke Shopeepay atau ditransfer ke rekening bank terdaftar.

Pencairan lewat Shopeepay khusus untuk komisi di bawah Rp1 juta. Metode ini tidak perlu ribet mengisi formulir, karena komisi otomatis cair setiap minggu, berapa pun nominalnya.

Apabila kamu termasuk afiliator kakap yang rutin menghasilkan Rp1 juta lebih, pencairan komisi akan ditransfer ke rekening bank yang sudah terdaftar sebelumnya.


Oh iya, rekening bank bisa kamu atur sesuai keinginan. Mau pakai BNI, Mandiri, atau e-wallet DANA. Tetapi biasanya selain Shopeepay dan Seabank ada biaya admin yang berlaku.

Akhir Kata

Sebelum dibayarkan atau ditransfer ke rekening bank pengguna, diperlukan langkah validasi transaksi terlebih dahulu. Jadi, komisi Shopee Affiliate yang tertera di dashboard belum 100% jadi milik kamu.

Demikian penjelasan untuk menjawab pertanyaan apakah komisi Shopee Affiliate bisa hangus atau tidak. Semoga artikel ini membantu, sehingga kamu semakin semangat mengejar cuan dari link afiliasi.