Penyebab Riwayat Transaksi DANA Error Tidak Bisa Dibuka

Riwayat transaksi DANA error atau tidak bisa dibuka membuat banyak pengguna mengeluh. Pasalnya, masalah ini sudah terjadi dalam beberapa hari terakhir.

Seperti yang kita tahu, riwayat transaksi dompet digital begitu penting. Di sana tertera detail informasi seputar saldo masuk dan saldo keluar.

Sehingga, kalau riwayat transaksi DANA error tidak bisa dibuka, kita tidak bisa tahu pengeluaran dan pemasukan terbaru atau dalam beberapa hari terakhir.

Kendati demikian, kamu tak perlu khawatir, cara mengatasi riwayat DANA tidak bisa dibuka sangatlah mudah. Simak penjelasan lengkap berikut ini.

Riwayat Transaksi DANA Error Tidak Bisa Dibuka

Penyebab Riwayat Transaksi DANA Error

Sudah bukan rahasia umum kalau DANA termasuk salah satu e-wallet terpopuler. Tak heran karena aplikasi ini memiliki ragam fitur, bukan sekedar transaksi saldo digital saja.

Lewat DANA, kita bisa mengisi pulsa, beli token listrik, hingga bayar tagihan. Bahkan, DANA juga terhubung ke Google Play untuk berlangganan aplikasi dan game.


Meskipun banyak digunakan, DANA tak lepas dari masalah error. Salah satu yang sering dialami pengguna adalah riwayat transaksi yang tidak bisa dibuka.

Berdasarkan sumber terpercaya, alasan kenapa riwayat transaksi DANA error dapat disebabkan banyak faktor, seperti jaringan lemot atau aplikasi belum di-update.

Cara Mengatasi Riwayat Transaksi DANA Error

Setelah tahu penyebabnya, kita baru bisa cari solusi terbaik agar aplikasi kembali normal. Karena ini bukan termasuk masalah baru, solusinya sangat mudah.

Berikut beberapa cara mengatasi riwayat transaksi DANA error hari ini:

1. Refresh Halaman

Pertama-tama, coba dulu resfresh halaman aplikasi. Ini bisa dilakukan dengan menarik layar ke bawah. Biasanya, selang sekian detik riwayat akan kembali muncul.

Kalau masih belum muncul juga, kemungkinan besar masalahnya lebih serius. Bisa karena aplikasi atau kesalahan pada perangkat yang kamu gunakan.

2. Tutup Paksa Aplikasi

Selanjutnya, coba lakukan cara ini yakni dengan menutup paksa atau force close aplikasi DANA. Untuk melakukannya, kamu bisa tutup aplikasi dan hapus Recent Apps.

Selain itu, bisa juga dengan masuk ke Pengaturan > Manajemen Aplikasi > DANA > lalu klik opsi Force Close. Cara ini akan me-refresh sistem aplikasi secara keseluruhan.

3. Restart Perangkat

Berikutnya, cara mengatasi riwayat transaksi DANA error tidak bisa dibuka adalah dengan me-restart perangkat. Tujuannya tak lain agar sistem kembali normal.

Pasalnya, ada kemungkinan riwayat yang tidak muncul disebabkan hp terlalu sering digunakan. Sehingga membuat kinerja aplikasi jadi kurang optimal.

4. Perbaiki Jaringan

Jaringan yang bermasalah juga termasuk salah satu penyebab riwayat transaksi DANA tidak bisa dibuka. Untuk mengatasinya, kamu bisa ganti ke provider yang lebih baik.

Kalau tidak sempat ganti kartu, bisa coba pakai trick Airplane Mode. Aktifkan selama beberapa saat, kemudian nonaktifkan.

5. Update Aplikasi DANA

Seperti penjelasan awal, memperbarui versi DANA akan membuat fungsi aplikasi jadi lebih baik. Pasalnya, dalam versi terbaru ada beberapa perbaikan dan update fitur.

Dengan begitu, masalah seperti riwayat yang tidak muncul atau error akan segera teratasi bila aplikasi DANA di hp kamu sudah versi terbaru.

6. Hubungi CS

Apabila semua metode di atas tidak berjalan sebagaimana mestinya, menghubungi CS DANA adalah cara terakhir yang bisa kamu coba.

Namun, pastikan kamu menghubungi Customer Service DANA yang resmi. Pasalnya, sekarang banyak penipu yang memanfaatkan keluhan pengguna.


Mereka akan memberikan nomor Whatsapp dan biasanya disuruh transfer uang atau mengklik link virus. Kalau terjebak, saldo kamu akan terkuras habis.

Call Center: 1500 445
WhatsApp: 08191 1500 445
Email: help@dana.id

Akhir Kata

DANA adalah e-wallet yang berguna untuk melakukan transaksi digital. Selain bisa mengirim dan menerima uang, aplikasi ini memungkinkan pengguna bayar tagihan listrik hingga beli pulsa seluler.

Jadi, itulah beberapa penyebab kenapa riwayat transaksi DANA error tidak bisa dibuka dan cara mengatasinya. Pastikan ikuti langkah demi langkah agar panduan di atas bekerja secara maksimal.