Cara Menghapus Cache Shopee di HP, Aplikasi Jadi Lancar!

Cara menghapus cache Shopee pastinya penting diketahui. Terutama bagi mereka yang sering belanja online. Sebab, cache atau data sampah terkadang jadi alasan kenapa aplikasi Shopee lemot.

Lemot memang jadi salah satu kendala yang cukup sering muncul saat menggunakan aplikasi Shopee. Bahkan, beberapa orang ada yang mengalami aplikasi tiba-tiba kembali ke halaman utama.

Kendati demikian, kamu tak perlu khawatir. Cara menghapus cache Shopee di hp sangatlah mudah. Panduan berikut akan mengatasi semua masalah yang terjadi di aplikasi, termasuk lemot. Yuk simak!

Cara Menghapus Cache Shopee

Apa itu Cache Aplikasi Shopee?

Cache aplikasi adalah data sementara di perangkat dengan fungsi menyimpan informasi. Biasanya, cache digunakan untuk meningkatkan performa dan responsifitas aplikasi.

Cara kerjanya dengan mengurangi waktu akses ke sumber daya yang lebih lambat, seperti jaringan atau penyimpanan jangka panjang.

Meskipun terdengar bermanfaat, cache aplikasi khususnya Shopee terkadang memakan waktu lebih lama karena menggunakan sumber daya jaringan berlebih.


Selain itu, di cache Shopee biasanya menyimpan data afiliasi dari link yang tidak sengaja kita klik. Sehingga, setiap pembelian produk, pemilik link akan mendapatkan komisi.

Cache aplikasi dapat menyimpan berbagai jenis data, termasuk gambar, teks, hingga file audio. Penting untuk dicatat, cache aplikasi dapat berubah seiring waktu saat aplikasi digunakan.

Cara Menghapus Cache Shopee

Sangat penting untuk mengelola cache aplikasi, karena terkadang data di cache bisa menjadi usang atau tidak relevan dengan kondisi terkini.

Oleh karena itu, cara menghapus cache Shopee perlu dilakukan guna memastikan kelancaran aplikasi dan mendapatkan informasi secara lebih akurat.

Berikut panduan cara hapus cache Shopee dengan mudah:

  • Pertama buka aplikasi Shopee di hp kamu
  • Kemudian masuk ke menu “Saya”
  • Selanjutnya klik gerigi di bagian atas, dekat ikon keranjang

  • Setelah itu scroll ke paling bawah
  • Lalu klik “Informasi”

  • Biasanya ada dua pilihan, yakni “Bersihkan Cache” dan “Update Aplikasi”
  • Langsung saja klik “Bersihkan Cache” > pilih YA

Sampai tahap ini cara menghapus cache Shopee sudah selesai. Sangat mudah, bukan? Selain lewat aplikasi, membersihkan data cache juga bisa dilakukan di Pengaturan perangkat.

Caranya tinggal masuk ke Manajemen Aplikasi > Setelan apl > pilih aplikasi Shopee > Penyimpanan & cache > lalu klik Hapus cache.

Menghapus Cache Shopee Apakah Aman?

Membersihkan atau menghapus cache Shopee tidak memberikan efek buruk pada perangkat. Malahan, aktivitas ini sangat disarankan agar kinerja perangkat jadi lebih optimal.

Lantas, apa yang terjadi jika kita menghapus cache? Tentunya hal pertama adalah data-data sampah semakin berkurang. Selain itu, ruang penyimpanan atau memori jadi lebih lapang.


Intinya, tak masalah jika kamu ingin membersihkan cache aplikasi yang ada di hp Android maupun iPhone. Jadi, tak perlu khawatir dengan efek buruknya. Dijamin aman!

Akhir Kata

Meskipun dirasa lebih berat dibanding Tokopedia, Shopee tetap menarik minat masyarakat. Alasannya tak lain karena pilihan produk beragam dan layanan gratis ongkir tanpa batas.

Demikian penjelasan lengkap tentang cara menghapus cache Shopee di hp Android maupun iPhone. Baca juga artikel lain di Normanardik.com untuk informasi seputar teknologi, tutorial, hingga aplikasi.