6 Penyebab dan Cara Atasi Shopee Selalu Kembali ke Halaman Utama

Shopee adalah salah satu e-commerce dengan pengguna terbanyak di Indonesia. Ragam produk tersedia di sini mulai dari pakaian hingga elektronik.

Namun terkadang, ada saat dimana aplikasi Shopee selalu kembali ke halaman utama.

Tentunya hal ini cukup menyebalkan, apalagi ketika kita ingin checkout atau memasukkan produk ke keranjang.

Bukan hanya sekali duakali, masalah ini sering terjadi, padahal sebelumnya lancar-lancar saja.

Nah, bagi kamu yang sedang mengalami aplikasi Shopee selalu kembali ke halaman utama atau keluar sendiri, di bawah akan dijelaskan secara lengkap penyebab dan cara mengatasinya.

Kenapa Shopee Selalu Kembali ke Halaman Utama

Kenapa Shopee Selalu Kembali ke Halaman Utama?

Kenapa ketika berada di halaman produk aplikasi Shopee selalu kembali ke halaman utama? Berdasarkan penjelasan tim Shopee, ada beberapa kemungkinan, yakni aplikasi masih versi lama, atau sedang masa pemeliharaan sistem.

Selain itu, penyebab lain yang mengakibatkan Shopee kembali ke halaman utama adalah:

Ada bug pada aplikasi: penyebab lain, kemungkinan terdapat bug di aplikasi Shopee yang membuat jalan aplikasi tidak seperti biasanya.

Masalah ini tidak bisa diperbaiki sendiri, harus dari developer aplikasi.

Jaringan internet lemot: untuk membuka aplikasi dibutuhkan koneksi internet yang lancar. Apabila internet lambat, tentunya fitur dan layanan tidak bisa berjalan dengan sempurna.

Oleh karena itu, coba pastikan lagi jaringan kamu lancar, ya!

Memori penuh: khusus untuk kamu yang punya hp dengan jutaan aplikasi di dalamnya, coba deh sesekali cek ruang penyimpanan.

Terkadang kita lupa kalau terlalu banyak aplikasi di perangkat, yang mana dapat berpengaruh pada aplikasi lain.

Lonjakan pengunjung, aplikasi error: di waktu-waktu tertentu, khususnya saat flash sale atau event diskon, pengunjung aplikasi Shopee sangat membludak.

Hal ini juga dapat mempengaruhi kinerja aplikasi.

Setidaknya empat alasan di atas termasuk hal vital yang dapat mempengaruhi kinerja, terutama saat kita sedang melihat produk, tapi aplikasi Shopee selalu kembali ke halaman utama.

Solusi Aplikasi Shopee Selalu Kembali ke Halaman Utama

Setelah tahu apa saja penyebabnya, selanjutnya kita masuk ke bagian solusi. Tapi perlu diketahui, solusi untuk setiap pengguna mungkin berbeda.

Jadi, silahkan coba cara pertama, kalau belum bisa juga, baru lanjut ke cara berikutnya.

Berikut cara mengatasi aplikasi Shopee selalu kembali ke halaman utama:

1. Upgrade Versi Aplikasi Terbaru


Memastikan aplikasi dalam versi terbaru sangat penting. Apalagi aplikasi Shopee yang harus selalu di-maintenance dan produk yang harus selalu diperbarui.

Coba cek di Play Store, cek aplikasi Shopee apakah ada update versi terbaru.

2. Hapus Cache Aplikasi Shopee


Banyak pengguna yang tidak tahu kalau Shopee memiliki cache tersendiri di aplikasinya (berbeda dari Manajemen Aplikasi di hp).

Kalau Shopee selalu kembali ke halaman utama, coba masuk ke tab “Saya” > lalu pilih ikon gerigi > Informasi > klik Bersihkan Cache.


3. Tutup Paksa Aplikasi


Solusi selanjutnya untuk mengatasi Shopee selalu kembali ke halaman utama adalah menutup paksa aplikasi.

Caranya tinggal masuk ke Pengaturan di hp, lalu pilih Setelah Apl (tiap hp beda menunya), pilih Shopee, dan klik “Paksa Berhenti”.

4. Install Ulang

Selanjutnya coba uninstall aplikasi Shopee di hp kamu. Solusi ini dimaksudkan agar aplikasi kembali ke pengaturan awal.

Tapi sebelum itu, pastikan kamu mengingat data akun, seperti password dan email. Karena pastinya nanti disuruh login ulang.

5. Kendala Jaringan

Apabila ada kendala pada jaringan, yang bisa kamu lakukan adalah memastikan koneksi internet stabil. Coba hidupkan Mode Pesawat selama beberapa detik, lalu matikan.

Ini dimaksudkan untuk mengatur ulang jaringan internet.

6. Perangkat Bermasalah

Jika masalah ini belum berhasil juga, solusi terakhir untuk mengatasi aplikasi Shopee selalu kembali ke halaman utama adalah dengan menutup semua aplikasi yang sedang berjalan.

Selain itu, coba restart perangkat dan tunggu hingga 1-2 jam. Setelah itu coba buka kembali aplikasi Shopee di hp kamu. Karena kemungkinan perangkat kamu sedang bermasalah.

Kalau masalah masih ada, silahkan hubungi Customer Service Shopee agar dicari jalan terbaik untuk mengatasi masalah.

Kamu bisa melampirkan screenshoot atau rekaman layar dari kendala yang dialami.

Penutup

Kalau bicara masalah pada aplikasi tidak ada habisnya. Bukan Shopee saja, tapi semua aplikasi yang hanya bisa berjalan dengan koneksi internet. Karena seiring berjalannya waktu, masalah baru yang tidak diduga-duga pasti akan muncul.

Jadi, demikian ulasan lengkap tentang penyebab dan cara mengatasi aplikasi Shopee selalu kembali ke halaman utama. Baca juga artikel lain di Normanardik.com untuk informasi tutorial, aplikasi, dan game.