10 Penyebab dan Cara Mengatasi Shopee Lemot Tidak Bisa Dibuka

cara mengatasi shopee lemot tidak bisa dibuka

Shopee menjadi salah satu e-commerce paling populer mengungguli Tokopedia. Namun, karena satu dan lain hal, tak jarang aplikasi Shopee lemot dan tidak bisa dibuka. Kalau sudah seperti ini pastinya aktivitas pengguna jadi terhambat.

Meskipun termasuk perusahaan asing, namun sebagian besar masyarakat Indonesia lebih memilih Shopee karena kemudahan pada layanan serta pilihan barang yang beragam.

Kalau bicara soal aplikasi, tentu tidak ada yang 100% berfungsi dengan baik setiap saat. Ada masanya dilakukan perbaikan untuk mengoptimalkan kinerja. Tapi, kalau aplikasi mengalami error, lemot, dan tertutup sendiri bagaimana cara mengatasinya?

Untungnya, cara mengatasi Shopee lemot tidak bisa dibuka bukanlah perkara sesulit. Ada beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan untuk memperbaiki masalah tersebut.

Penyebab Shopee Lemot Tidak Bisa Dibuka

Sebelum membahas cara mengatasi, sebaiknya pahami dulu kenapa Shopee lemot dan sering keluar sendiri. Karena selain faktor internal, ada juga penyebab lain seperti masalah pada jaringan hingga media penyimpanan terlalu penuh.

1. Kapasitas Memori Penuh

Penyebab pertama adalah karena penuhnya memori hp dan cache data yang menumpuk. Sehingga kinerja aplikasi tidak optimal. Hal ini dapat terjadi karena sudah banyak aplikasi dan game yang terinstal di hp.

Jadi, sesaat setelah Shopee lambat loading, coba periksa kapasitas memori yang tersisa dan berapa banyak penggunaan memori pada aplikasi-aplikasi lain.

2. RAM Tidak Mencukupi

RAM yang tidak mencukupi atau terlalu kecil juga bisa menyebabkan aplikasi Shopee lemot. Pasalnya, hp tidak kuat untuk membuka aplikasi berukuran besar. Terlebih jika Anda sedang membuka Telegram, Facebook, Instagram, atau Browsing secara bersamaan.

3. Kendala Jaringan Internet

jaringan shopee lemot

Yaps, Shopee tidak bisa dibuka juga dapat disebabkan oleh koneksi yang bermasalah. Mungkin saja di wilayah Anda sedang terjadi pemutusan aliran listrik atau hujan lebat sehingga mengganggu jaringan internet.

4. Gangguan Server

Untuk beberapa event besar yang diselenggarakan Shopee, pengguna beramai-ramai mengakses aplikasi secara bersamaan. Ini juga bisa jadi penyebab kenapa aplikasi Shopee lemot dan gambar produk tidak muncul.

5. Aplikasi Belum Update

Yang terakhir, Anda harus memperhatikan pembaruan aplikasi, karena biasanya sistem tidak singkron dengan aplikasi versi lama. Dengan begitu, pastikan Shopee yang terinstal di hp Anda merupakan versi terbaru.

Setelah mengetahui penyebab Shopee lemot tidak bisa dibuka, selanjutnya silahkan simak cara mengatasi masalah tersebut dengan beberapa langkah mudah dan sederhana.

Cara Mengatasi Shopee Lemot Tidak Bisa Dibuka

1. Hapus Cache Data dan Aplikasi yang Tidak Penting

Solusi pertama untuk mengatasi Shopee lemot tidak bisa dibuka adalah dengan menghapus cache pada menu Pengaturan. Selain itu, jika ada aplikasi yang jarang digunakan, sebaiknya hapus saja karena akan menyebabkan memori jadi penuh.

Untuk caranya, bisa simak langkah berikut.

  • Buka menu Pengaturan
  • Cari menu Manajer Aplikasi (atau Aplikasi saja)
  • Selanjutnya tap aplikasi Shopee
  • Scroll layar ke bawah ketuk Hapus Cache
  • Terakhir tap Paksa Berhenti

Disarankan lakukan hal yang sama pada aplikasi lain agar ruang penyimpanan jadi plong.

2. Hilangkan Semua Recent Apps

cara mengatasi shopee lemot

Selanjutnya, cara mengatasi Shopee forced closed bisa dengan menghilangkan semua aplikasi yang pernah dibuka. Hal ini bertujuan untuk meringankan penggunaan memori sehingga kinerja semua aplikasi dapat berjalan normal.


Tahu kan cara menghilangkan atau menghapus recent apps? Tinggal tap tombol recent apps di smartphone, lalu geser snippet aplikasinya ke kanan, lakukan sampai semua aplikasi hilang.

Jika sudah selesai, coba buka kembali aplikasi Shopee, kalau masih terjadi kendala, silahkan ikuti panduan berikutnya.

3. Manfaatkan Mode Pesawat

Ketika jaringan kurang stabil, tentu saja aplikasi tidak dapat dibuka. Kalau sudah seperti ini, solusinya adalah dengan memanfaatkan mode pesawat. Caranya tinggal tap ikon pesawat di mengaturan, tunggu 5 menit lalu nonaktifkan kembali.

Pada beberapa kasus, cara mengatasi Shopee lemot dan error yang di jelaskan di atas terkadang berhasil. Namun, bila masih tidak berfungsi, mungkin Anda bisa beralih ke cara selanjutnya.

4. Restart Perangkat

Berikutnya, cara mengatasi Shopee lemot di iPhone maupun Android bisa dengan melakukan restart pada perangkat. Ini bertujuan agar sistem dapat memproses program dengan baik seperti semula ketika pertama kali hp dihidupkan.

5. Update Aplikasi ke Versi Terbaru

Jika mengalami masalah, untuk mengatasi Shopee tidak muncul gambar dan lemot bisa juga dengan mengupdate aplikasi Shopee ke versi  terbaru. Anda tinggal buka Google Play, cari Shopee kemudian ketuk tombol Update.

Di samping beberapa penjabaran di atas, masalah error atau lemot pada Shopee terkadang disebabkan karena hp sudah mengalami rooting sebelumnya, atau aplikasi yang diunduh dari situs ilegal dan bukan dari Play Store.

Nah, ketika terjadi kendala, langkah-langkah tersebut dapat diikuti untuk mengatasi Shopee lemot dan tidak bisa dibuka. Namun, ketika terjadi masalah pada server, sepertinya Anda harus bersabar sampai semuanya kembali normal.

Penutup

Dibandingkan Tokopedia, Blibli, maupun Bukalapak, Shopee memang lebih unggul baik dari segi popularitas maupun kualitas layanan. Sehingga tak heran e-commerce asal Singapura ini memimpin daftar toko online terbaik di Indonesia.

Well, mungkin cukup sekian artikel kali ini, semoga ulasan tentang penyebab dan cara mengatasi Shopee lemot tidak bisa dibuka pada penjelasan ini mampu memberikan manfaat bagi Anda yang sedang gundah gulana karena aktivitas shopping jadi tertunda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel