Full Size Guardian Tales dan Spesifikasi HP Minimum 2024

Full size Guardian Tales banyak dicari gamers. Sebab, game bertemakan Action-RPG ini mulai populer dalam beberapa waktu terakhir. Selain karena seru, gaya Hack and Slash dan alur cerita menarik jadi alasannya.

Sehingga tak heran, sejak rilis di Playstore tahun 2020 lalu, Guardian Tales jadi favorit banyak pengguna Android & iOS. Apalagi tidak butuh perangkat spesifikasi untuk memainkannya.

Sinopsis Guardian Tales bercerita tentang ksatria yang dilantik sebagai pelindung kerajaan Kanterbury. Namun, sesaat setelah dilantik, musuh tiba-tiba menyerang dan menduduki kerajaan.

Salah satu cara untuk mengalahkan mereka adalah dengan pedang yang hanya bisa didapat dengan menemukan 13 pahlawan. Tertarik memainkannya? Sebelum download, ketahui dulu full size Guardian Tales yuk!

Full Size Guardian Tales

Penjelasan Game Guardian Tales

Seperti ulasan awal, Guardian Tales adalah game Action RPG Hack and Slash yang dapat dimainkan di Android maupun iOS. Namun, game ini juga bertema Strategy Idle karena misi-misi yang dihadirkan membutuhkan strategi.

Guardian Tales memang tidak sebagus Genshin Impact dalam hal grafis. Tetapi, daya tarik game ini ada di alur cerita yang membuat kita ingin penasaran dengan misi selanjutnya.

Dikembangkan oleh Kakao Games, Guardian Tales sukses besar di platform App Store maupun Google Play. Ini bisa dilihat dari rating 4,6/5 dari 543 ribu ulasan.

Guardian Tales menawarkan karakter yang cukup unik, meskipun hanya mengandalkan visual pixel dengan sudut pandang ¾ view.

Cerita, misi, event, dan reward disajikan begitu menarik. Bahkan, kamu bisa mengoleksi lebih dari 50 hero atau karakter yang masing-masing dibekali kemampuan berbeda.

Kalau kalian suka game bergaya Action RPG, pasti suka dengan gameplay Guardian Tales. Terlebih lagi, dalam misinya kita dapat membangun desa berisi teman di dalam game atau guild.

Full Size Guardian Tales


Guardian Tales jadi fenomena baru di kategori game RPG. Konsep unik serta jalan carita yang menarik membuat gamers penasaran untuk menelusuri setiap misi, level, maupun map baru.

Apalagi game ini dibekali sistem gacha yang memungkinkan kita memperoleh item serta karakter terbaik. Di awal permainan mungkin kamu akan sedikit kebingungan, namun seiring berjalannya waktu semua terasa menyenangkan.

Pada dasarnya, Guardian Tales bukan termasuk game berat. Apalagi ukuran download di Playstore hanya 145 MB dan spesifikasi perangkat yang dibutuhkan minimal Android 5.0.

Berikut full size Guardian Tales atau total data dalam GB:

Full SizeGuardian Tales
DeveloperKakao Games
Rating4,6/5
Download di Playstore145 MB
Kuota Internet300 MB
Full Size2,58 GB

Perlu diketahui, full size Guardian Tales di atas kemungkinan berbeda di masing-masing orang. Kalau kalian baru mulai bermain, datanya tidak lebih dari 2 GB. Faktor resources seperti karakter, world map, dll mempengaruhi total GB.


Meskipun begitu, dari pengalaman admin maksimal data GB yang dibutuhkan sekitar 2,9 atau 3 GB. Oleh sebab itu, sediakan ruang penyimpanan 5 GB agar permainan lancar dan tidak ngelag.

Spesifikasi Guardian Tales di Android & iOS

Guardian Tales on Google Play Store

Setelah tahu berapa GB Guardian Tales, selanjutnya Normanardik.com akan mengulas minimum spesifikasi atau system requirement yang dibutuhkan untuk bisa memainkan game ini. Tenang, kompatibel di hp kentang kok!

Meskipun tidak termasuk game berat, kalian tetap harus menggunakan smartphone terbaru agar pengalaman bermain tidak terkendala patah-patah atau lagging.

Kalau diperhatikan di Google Play, minimum OS-nya adalah Android 5.0 atau Lollipop. Sementara di App Store iPhone iOS 11.0 atau yang terbaru.

Khusus untuk Android, admin kurang setuju dengan OS-nya. Sebab, versi Lollipop terbilang jadul dan sudah terbukti tidak kompatibel memainkan game menengah ke atas.

Oleh sebab itu, berdasarkan pengalaman pribadi, berikut spesifikasi minimum Guardian Tales:

SpesifikasiGuardian Tales
Chipset AndroidQualcomm Snapdragon 625
OS AndroidAndroid 10
OS iPhoneiOS 11.0
CPUOcta-core 2,0GHz
RAMRAM 4 GB
Space Kosong5 GB

Setidaknya di atas adalah spesifikasi hp paling cocok untuk memainkan Guardian Tales. Tujuannya agar kinerja perangkat tidak terganggu, sehingga kamu tetap nyaman membuka media sosial ataupun nonton Youtube.


Lantas, hp RAM 3 GB apa bisa memainkan Guardian Tales? Sebenarnya bisa saja, namun ada kekurangannya, yakni grafis jadi tidak maksimal serta terjadi ngelag saat menjalankan misi.

Akhir Kata

Kehadiran Guardian Tales semakin menambah pilihan game Action RPG gratis dengan gameplay bagus. Game ini sangat cocok untuk untuk mengisi waktu luang, terlebih di bulan Ramadan ini sembari menunggu beduk buka puasa.

Demikian penjelasan lengkap tantang full size Guardian Tales beserta spesifikasi minimum Android & iOS. Untuk menikmati grafis terbaik dan anti ngelag, sebaiknya gunakan hp dengan RAM 4 GB ke atas. Selamat bermain!