4 Tempat Nonton Tari Kecak di Bali yang Paling Diminati Turis

Tempat Nonton Tari Kecak di Bali
Instagram @herucatur.priyanto

Salah satu aktivitas yang wajib dilakukan saat berlibur ke Bali adalah menonton Tari Kecak. Ini adalah tarian tradisional Pulau Dewata yang sudah mendunia. Sehingga tak heran sangat diminati turis lokal maupun mancanegara.

Tari Kecak merupakan seni tari yang sarat akan nilai historis serta budaya lokal. Karena diminati banyak orang, kamu bisa menyaksikan pertunjukan ini di publik, baik bersama teman, pacar, ataupun keluarga.

Nah, pihak pariwisata setempat telah menetapkan beberapa tempat nonton Tari Kecak di Bali. Selain untuk mengenal budaya, kamu juga bisa jadikan ini sebagai destinasi wisata terbaik karena lokasinya sangat indah.

Daftar Tempat Nonton Tari Kecak di Bali

Bagi kamu yang belum tahu apa itu Tari Kecak, singkatnya ini adalah tarian tradisional Bali yang bercerita tentang lakon Rama dan Shinta. Selain itu, tokoh Hanoman Kera Putih juga ditampilkan dalam pertunjukan.

Ciri khas Tari Kecak adalah kelincahan dari para penari. Berbeda dari tarian tradisional pada umumnya, tidak ada alat musik yang dimainkan. Suara “cak cak cak” berasal dari mulut penari yang berjumlah 50 orang.

Berikut beberapa lokasi untuk menonton Tari Kecak di Bali:

1. Tanah Lot

Lokasi pertama yang bisa jadi pilihan adalah Pura Tanah Lot. Selain menyaksikan pertunjukan tari, kamu juga akan disuguhkan pemandangan indah di sekitar Pura. Tentunya ini menambah sensasi yang lebih menarik.

Untuk jadwal Tari Kecak di Tanah Lot, biasanya digelar setiap hari sekitar pukul 18.30 WITA. Tapi kamu bisa datang lebih awal untuk menikmati lokasi wisata.

Jadwal: Setiap hari 18.30 WITA
Tiket: Rp50.000/orang (anak-anak gratis)
Alamat: Tanah Lot, Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali 82171

2. Batubulan

Selanjutnya, tempat nonton Tari Kecak pilihan para turis adalah Batubulan di daerah Kabupaten Gianyar, Bali. Selain tempatnya indah, di sini kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan lain yakni Tari Barong atau Barong Dance.

Kamu bisa datang kapan saja karena jadwal Tari Kecak di Batubulan berlangsung setiap hari, dimulai pukul 18.30 hingga 19.30 WITA.

Jadwal: Setiap hari 18.00 WITA
Tiket: Rp60.000 - Rp100.000/orang
Alamat: 97Q5+R4W, Batubulan, Sukawati, Batubulan, Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80582

3. Ubud

Tak kalah seru, Ubud juga masuk jajaran tempat nonton Tari Kecak di Bali. Destinasi wisata populer Pulau Dewata ini jadi pilihan turis lokal hingga mancanegara untuk menghabiskan liburan menyaksikan pertunjukan tari.

Lokasi acara diselenggarakan di pelataran dengan dikelilingi kolam teratai indah. Jika tertarik, sebaiknya datang di hari Selasa dan Kamis. Karena selain hari itu tidak ada pertunjukan Tari Kecak.

Jadwal: Selasa dan Kamis 19.30 WITA
Tiket: Rp100.000/orang
Alamat: Jl. Sriwedari, Taman Kaja Community, Ubud 80571, Bali, Indonesia

4. Uluwatu

Kalau kamu bingung nonton Tari Kecak yang bagus di mana, lokasi Uluwatu bisa jadi pilihan. Harga tiket masuk sekitar Rp100 ribuan per orang. Tapi ada kemungkinan naik tergantung kebijakan dari pengelola.

Untuk membeli tiket, kamu tinggal pergi ke loket yang berada pintu masuk panggung. Selain itu, kalau mau dapat keuntungan lebih, kamu bisa memakai jasa travel company.

Jadwal: Setiap hari 18.00 WITA
Tiket: Rp150.000/orang
Alamat: Kawasan Parkir Pura Uluwatu, Jl. Uluwatu, Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali 80361

Bicara soal travel company, Bali Ventur menawarkan layanan Uluwatu Tour. Bukan hanya menyaksikan Tari Kecak, kamu juga akan diajak melihat patung Garuda Wisnu Kencana.

Selain itu, ada juga trip ke Padang Beach, Uluwatu Temple, hingga ke Pantai Jimbaran untuk menikmati kuliner enak khas Bali.

Akhir Kata

Tari Kecak memang menarik untuk disaksikan. Perpaduan suara “cak cak cak” dan gerakan lincah para penari jadi daya tarik bagi pengunjung, terutama mereka yang belum pernah menyaksikan secara langsung.

Jadi itulah beberapa tempat nonton Tari Kecak di Bali yang bisa kamu kunjungi. Pastikan untuk datang lebih awal karena pengunjung selalu membludak. Kamu bisa pakai jasa Baliventur untuk mempermudah trip selama di Bali.