4 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Lewat WA, Teks Bisa Disalin!


Contoh surat izin tidak masuk sekolah lewat WA dianggap lebih praktis dibanding surat tertulis. Apalagi sekarang kita berada di era teknologi. Semua aspek dalam kehidupan bisa dilakukan melalui smartphone.

Ketika kita sakit atau berhalangan masuk sekolah, sudah sewajarnya memberi kabar kepada guru. Kalau tidak, absensi kamu akan tertulis “Alpa” yang berarti tidak ada kabar.

Selain kurang etis, hal ini juga bisa berdampak pada nilai kamu. Apalagi di hari itu ada pelajaran penting ada ulangan harian.

Nah, apa kamu mau tahu contoh surat izin tidak masuk sekolah via Whatsapp? Baik itu sakit maupun ada acara keluarga? Tenang, di artikel ini Normanardik.com akan jelaskan lengkap. Teksnya juga bisa disalin, lho!

Etika Mengirim Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Bicara soal surat izin tidak masuk sekolah via Whatsapp, ada etika yang harus diperhatikan. Jangan asal ketik saja, apalagi mengawali percakapan dengan “P P P P”. Jelas, ini sangat tidak pantas ditujukan ke guru.

Sebelum mengulas contoh, berikut etika mengirim surat izin tidak masuk sekolah lewat WA:

  1. Usahakan mengirim Whatsapp di pagi hari atau sebelum jam pelajaran
  2. Awali surat izin tidak masuk dengan salam atau selamat pagi/siang
  3. Supaya lebih sopan, utarakan permintaan maaf
  4. Sertakan nama lengkap beserta kelas
  5. Kirim surat menggunakan nomor Whatsapp orang tua atau wali murid
  6. Alasan tidak masuk harus jelas, misalnya sakit atau ada acara keluarga
  7. Jangan izin kalau kamu hanya sakit ringan atau mau main sama teman
  8. Surat izin lewat WA bagusnya menggunakan bahasa formal sesuai KBBI
  9. Hindari kata atau istilah gaul
  10. Di akhir kalimat harus diketik dengan salam dan terima kasih

Menempuh pendidikan sangat penting bagi semua orang. Tapi ada kalanya kondisi tubuh tidak memungkinkan. Etika di atas wajib diterapkan sebelum membuat surat izin tidak masuk sekolah lewat WA.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Lewat WA

Meskipun hanya cuti satu hari, kita tetap harus memberikan kabar kepada guru. Sebab, guru merupakan “orang tua” kita di sekolah. Selama 6 hari dalam 1 minggu kita bertatap muka dan menyerap ilmu dari mereka.


Berikut ini beberapa contoh surat izin tidak masuk sekolah lewat Whatsapp dengan kondisi sakit, ada acara keluarga, atau alasan lainnya.

1. Alasan Sakit

Contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit yang benar harus menyertakan lembar rujukan dokter. Tapi kalau sakitnya tidak parah dan sembuh dengan istirahat atau minum obat, kamu bisa gunakan format di bawah ini.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh atau Selamat Pagi

Pekanbaru , 24 Januari 2023
Kepada: Yth. Bapak/Ibu Wali Kelas VII B
SMP Negeri 44 Pekanbaru
di Tempat

Dengan hormat,
Saya adalah orang tua/wali dari murid yang bernama:

Nama: Lionel Messi Ibrahimovic
Kelas: VII B SMP Negeri 44 Pekanbaru
Alamat: Jl. Melati Hijau No. 99

Ingin menyampaikan, bahwa Lionel Messi Ibrahimovic berhalangan mengikuti pendidikan di sekolah hari ini, Selasa, 24 Januari 2023 dengan alasan SAKIT.

Melalui surat ini saya mohon kepada Bapak/Ibu untuk memberikan izin. Sekian surat izin sakit lewat Whatsapp ini, atas segala perhatian saya ucapkan ribuan terima kasih.

Hormat saya,

(Nama Ibu/Bapak/Wali)

2. Alasan Sakit + Surat Izin Dokter

Pada kondisi tertentu, membuat surat izin tidak masuk sekolah lewat WA juga harus menyertakan surat dari dokter. Ini berlaku apabila kamu mengalami sakit keras yang mengharuskan istirahat total selama 3 hingga 7 hari.

Untuk surat rujukannya, kamu tinggal foto saja, tapi pastikan semua tulisan terlihat jelas.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh atau Selamat Pagi, Pak/Buk

Medan , 27 Januari 2023
Kepada: Yth. Bapak/Ibu Wali Kelas VII A
SMP Negeri 55 Pekanbaru
di Tempat

Dengan hormat,
Saya adalah orang tua/wali murid dari:

Nama: Andreas Iniesta
Kelas: VII A SMP Negeri 55 Pekanbaru
Alamat: Jl. Mawar Kuning No. 88

Ingin menyampaikan, bahwa Andreas Iniesta berhalangan mengikuti mata pelajaran hari ini, Jum’at, 27 Januari 2023 dengan alasan SAKIT.

Kemarin sudah diperiksa dokter dan Andreas harus beristirahat maksimal 3 hari. Surat rujukan dokter terlampir dan bisa Ibu/Bapak baca.

Melalui surat ini saya mohon kepada Bapak/Ibu untuk memberikan izin. Sekian surat izin sakit via WA ini, atas segala perhatian saya ucapkan ribuan terima kasih.

3. Alasan Ada Acara Keluarga

Contoh surat izin tidak masuk sekolah karena alasan acara keluarga sebenarnya tak beda jauh. Kamu hanya perlu mengubah kata SAKIT menjadi KAKAK NIKAH atau lain sebagainya.


Kalau masih bingung, berikut referensinya:

Batam, 22 Februari 2023
Hal: Surat Izin

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Wali Kelas IV C
SD Negeri 1 Batam

Dengan hormat,
Saya adalah orang tua/wali murid dari:
Nama: Muhammad Iqbal Arrasyid
Kelas: IV C
Alamat: Jl. Bunga Harum No. 77

Ingin menyampaikan, bahwa Muhammad Iqbal Arrasyid berhalangan mengikuti pelajaran hari ini, Rabu, 22 Februari 2023 dengan alasan menghadiri pernikahan abang kandung di Pekanbaru.

Melalui surat ini saya mohon kepada Bapak/Ibu untuk memberikan izin selama 3 hari. Sekian surat izin lewat WA ini, atas segala perhatian saya ucapkan ribuan terima kasih dan maaf bila ada salah kata.

Contoh Surat Izin untuk Guru yang Sudah Akrab

Meskipun di awal sudah dijelaskan kalau mengirim surat kepada guru harus punya etika, namun pengecualian untuk guru yang sudah akrab. Sebab, surat formal terlihat kaku apalagi gurunya terkenal gaul di sekolah.

Adapaun contoh surat izin tidak masuk sekolah singkat lewat WA sebagai berikut:

Assalamualaikum, Buk.

Mohon izin hari ini Beckham Putra tidak bisa mengikuti pelajaran dikarenakan demam panas tinggi. Saya mohon kepada ibu untuk memberikan izin agar Beckham bisa istirahat di rumah.

Atas segala perhatiannya saya ucapkan ribuan terima kasih.

Akhir Kata

Sakit dan ada acara keluarga adalah alasan banyak siswa/siswi tidak masuk sekolah. Daripada ditulis alpa oleh guru, sebaiknya kamu membuat surat izin. Tidak perlu di kertas, buka Whatsapp dan kirim ke nomor guru.

Itulah empat contoh surat izin tidak masuk sekolah lewat WA. Teks di atas tinggal kamu copas saja, tapi edit dulu di bebepa bagian sesuai nama, kelas, dan identitas lain. Eits, jangan lupa memperhatikan etika dalam mengetik surat, ya!