Ukuran Full Size PUBG Mobile dan Spesifikasi Minimum Terbaru 2022

Full Size PUBG Mobile

Total penyimpanan PUBG Mobile adalah data yang dihimpun dari keseluruhan resources di dalam game. Banyak player baru ingin tahu akan hal ini karena takut perangkatnya tidak kompatibel dengan system requirements Tencent.

Seperti yang kita tahu, PUBG Mobile merupakan game battle royale yang memiliki data sangat besar. Bahkan, game ini hanya bisa sempurna dimainkan di iPhone, iPad, atau hp gaming Android seharga 5 jutaan.

Jadi sebelum memutuskan bermain, ketahui dulu ukuran full size PUBG Mobile. Sebab, kalau spesifikasi perangkat tidak memenuhi syarat, permainan jadi kurang seru. Entah itu ngelag, patah-patah, atau delay pada Gyroscope.

Grafis dan Gameplay PUBG Mobile

Sebagian besar gamer sepakat kalau PUBG Mobile lebih baik dibanding Free Fire. Meskipun masih banyak perdebatan, tapi kalau dilihat dari grafis dan gameplay, perbedaan kedua game ini seperti bumi dan langit.

PUBG Mobile lebih luwes pada movement atau pergerakan karakter. Pemain bisa bersembunyi lalu melakukan “peek” atau mengintip untuk menembak musuh.

Selain itu, banyak resources di dalam game yang terlihat lebih “real” dari Free Fire. Seperti misalnya bangunan, rumput, hingga bebatuan.

Tapi terlepas dari hal-hal teknis, tak bisa dibantah juga kalau Free Fire memiliki jumlah pemain dan unduhan lebih banyak. Alasannya karena ukuran game lebih ringan dan cocok untuk hp dengan spesifikasi rendah.

Sementara full size PUBG Mobile yang lebih besar membuat pemain mulai meninggalkan game ini karena perangkat sudah tidak memenuhi spesifikasi.

Apalagi melihat event-event yang dihadirkan semakin “gila”, sehingga dibutuhkan tambahan ruang penyimpanan untuk menampung semua data.

Full Size PUBG Mobile


Kalau di Google Play dan App Store, data download PUBG Mobile hanya 694MB. Cukup besar memang, dan tentunya sebelum install kalian harus menyiapkan banyak kuota internet atau gunakan Wi-Fi.

Nantinya, size 694MB akan membengkak berkali-kali lipat setelah kalian melakukan aktivitas di dalam game. Seperti download map, resources, dan data-data wajib lainnya.

Kalau mau tahu berapa ukuran full size PUBG Mobile di Android & iOS, berikut rincian data di hp admin. Kemungkinan bisa berbeda tergantung map yang di-download atau waktu yang dihabiskan di dalam game.

Full Size PenyimpananPUBG Mobile
Ukuran Download694MB
Kuota Internet800MB
Ukuran Aplikasi1,01GB
Data Pengguna6,13GB
Full Size7,22GB

Angka 7,22GB adalah total penyimpanan yang perlu kalian perhatikan sebelum memainkan game PUBG Mobile. Tentu saja, data ini membutuhkan perangkat yang layak untuk mendukung permainan.

Jadi bagaimana, dengan full size PUBG Mobile yang besar, apakah kalian masih tertarik memainkan game ini?

Spesifikasi HP Minimum untuk Main PUBGM

Setelah membahas size data, selanjutnya admin akan jelaskan hp yang memenuhi syarat memainkan PUBG Mobile. Kalau melihat deskripsi Google Play, OS wajib Android 4.3. Tapi ini jauh di bawah standar.

Setidaknya OS paling minimum itu Android 10 atau yang setara. Kalau dibawah itu bisa membuat gameplay kalian ketinggalan jauh dari player lain yang menggunakan iPhone atau hp mahal.

Lantas, apa saja spesifikasi minimum PUBG Mobile? Berikut rinciannya:

Spesifikasi Minimum Android iOSPUBG Mobile
OSAndroid 10/iOS 13
ChipsetHelio G85/Snapdragon 625
RAM4GB
Ruang PenyimpananMinimal 10GB
Rekomendasi AndroidXiaomi POCO X3 Pro
Rekomendasi iOSiPhone 13 ProMax

Sedikit informasi, hp dengan RAM 4GB memang kompatibel untuk PUBGM. Tapi, bagi pemain yang mengandalkan movement dan kecepatan, sebaiknya gunakan hp minimal RAM 6GB.

Oh iya, admin main pakai hp Infinix HOT 10s RAM 6/128GB dengan chipset MediaTek Helio G85 dan OS Android 11. Sejauh ini lumayan lancar, meskipun terkadang ada delay di Gyroscope.

Kalau kalian mau lancar, hp Android murah yang cocok untuk PUBG Mobile adalah Xiaomi POCO X3 Pro. Harganya sekitar 4 jutaan, RAM 8/256GB, chipset Snapdragon 860.

PUBG Mobile Bisa Main di HP Kentang?

Seperti penjelasan di awal, PUBG Mobile adalah game yang membutuhkan hp spek tinggi. Memainkan game ini di hp kentang sangat mustahil, kecuali menggunakan tools tambahan untuk meningkatkan grafik.

Ada beberapa pilihan, tapi yang paling populer adalah GLTools. Banyak gamer yang hp-nya di-rooting dan pakai tools ini agar bisa lancar saat main PUBGM.

Tapi sebaiknya jangan diikuti, karena pihak Tencent sendiri tidak mengizinkan segala jenis tools. Karena nantinya akun kalian bisa di-banned.

Bahkan lebih dari itu, tindakan rooting pada perangkat sebenarnya sangat berisiko. Proses yang gagal akan membuat Android tidak bisa menyala (booting) dan efek terburuknya mati total.

Jadi itulah beberapa hal tentang ukuran full size PUBG Mobile dan spesifikasi minimum Android & iOS. Dengan penjelasan di atas, semoga kamu punya gambaran sebelum download dan memainkan game ini.