Penyebab dan Cara Mengatasi Tokopedia Tidak Bisa Dibuka atau Lemot

Tokopedia tidak bisa dibuka atau lemot tentu cukup menjengkelkan, apalagi ketika ingin checkout produk favorit. Masalah ini cukup sering dialami pengguna e-commerce yang identik dengan warja hijau ini.

Sebenarnya aplikasi yang error atau lemot saat dibuka bukan hanya Tokopedia saja. Sebab, semua aplikasi membutuhkan jaringan dan sistem yang stabil. Jadi ketika dua hal tersebut bermasalah, kinerja aplikasi jadi terganggu.

Untungnya admin pernah mengalami kendala seperti ini. Secara umum, aplikasi Tokopedia tidak bisa dibuka disebabkan karena banyak hal. Seperti device tidak mendukung atau gangguan pada koneksi internet.

Tokopedia Tidak Bisa Dibuka atau Lemot

Kenapa Tokopedia Tidak Bisa Dibuka?

Tokopedia adalah e-commerce yang menyediakan layanan belanja online ke seluruh Indonesia. Kemudahan akses dan pembayaran jadi alasan aplikasi ini begitu populer, seperti halnya Shopee maupun Bukalapak.

Meskipun dianggap memiliki layanan terbaik, aplikasi Tokopedia masih di bawah Shopee dari segi penjualan. Menurut admin, salah satu penyebabnya pilihan produk yang terbatas.

Cukup sulit menemukan seller yang menjual produk tertentu di Tokopedia. Kalaupun ada, itupun hanya beberapa seller saja, tidak ada persaingan untuk membandingkan harga dan kualitas produk.

Akhir-akhir ini, banyak pengguna Tokopedia mengeluhkan aplikasi tidak bisa dibuka atau error. Kenapa bisa terjadi, dan bagaimana cara mengatasinya?

Kalau kamu juga mengalami masalah ini, berikut beberapa penyebabnya.

  1. Under Maintenance – Aplikasi Tokopedia tidak bisa dibuka apabila maintenance berlangsung. Proses ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja aplikasi.
  2. Masalah Koneksi – Penyebab lain aplikasi Tokopedia error atau lemot adalah koneksi internet tidak stabil. Bisa karena kondisi cuaca atau gangguan umum provider.
  3. Belum Update – Dalam kondisi tertentu, aplikasi Tokopedia butuh diperbarui untuk meningkatkan kinerja dan menghapus bug maupun mengatasi error.
  4. Double Login – Tokopedia memberi kebijakan agar aplikasi hanya digunakan di satu perangkat saja. Aktivitas login bersamaan di dua perangkat akan membuat aplikasi error.
  5. Memori Penuh – Aplikasi e-commerce butuh ruang penyimpanan besar karena banyak resource dan data. Jika memori penuh, tentu akan membuat kinerja aplikasi tidak normal.
  6. Banned Account – Penyebab Tokopedia tidak bisa dibuka selanjutnya adalah penangguhan akun. Ini dapat terjadi karena kamu pernah melakukan hal yang melanggar kebjakan. 

Setidaknya lima faktor di atas paling sering jadi alasan pengguna mengeluhkan aplikasi Tokopedia gagal dibuka. Bahkan ketika jaringan normal, aplikasinya pun butuh waktu lama untuk membuka satu halaman penuh.

Untuk mengatasinya cukup mudah, kecuali akun yang sudah di-banned atau ditangguhkan. Selengkapnya kamu bisa lanjut baca solusi di bawah ini.

Cara Mengatasi Tokopedia Tidak Bisa Dibuka

Untuk memperlancar aktivitas belanja online kamu, berikut panduan untuk mengatasi Tokopedia tidak bisa dibuka, lemot, atau error.

1. Trik Mode Pesawat

Cara pertama yang bisa dicoba adalah mengaktifkan Mode Pesawat Biasanya, trik ini ampuh untuk mengatasi aplikasi yang loading terus. Kamu tinggal nyalakan Flight Mode, lalu nonaktifkan kembali setelah beberapa detik.

Ketika Flight Mode diaktifkan, kerja jaringan yang ada diponsel akan berhenti. Sehingga saat dinonaktifkan, sistem akan mereset semua jaringan dan mengoptimalkan kinerjanya.

2. Hapus Cache Data Tokopedia

Selanjutnya coba hapus cache aplikasi Tokopedia. Karena kemungkinan ada banyak data sampah yang “mengotori” smartphone dan belum pernah dibersihkan sejak pertama download.

Untuk langkah-langkahnya, buka aplikasi Tokped > masuk ke Profil > klik icon roda gigi > pilih Pengaturan Aplikasi > klik Bersihkan Cache.

3. Pastikan RAM dan Memori Cukup

Full size Tokopedia sekitar 200MB, jauh lebih kecil dibanding Shopee yang mencapai 500MB. Tapi kalau hp kamu terinstal banyak aplikasi dan game + RAM terbatas, ini akan membuat aplikasi Tokopedia tidak bisa dibuka.

Meskipun saat ini harga smartphone RAM besar sangat terjangkau, tapi sebagian orang masih sulit memilikinya. Oleh karena itu, sebelum pakai e-commerce, pastikan RAM dan memori penyimpanan cukup menampung data-data besar.

4. Perbarui Aplikasi Tokopedia

Selanjutnya, aplikasi Tokopedia tidak bisa dibuka di iPhone maupun Android dapat diatasi dengan memperbarui versi aplikasi. Silahkan buka Play Store atau App Store, dan klik Update.

Selain bisa mengatasi Tokopedia lemot, memperbarui aplikasi juga akan mengoptimalkan kinerja sistem. Sebab, biasanya setiap kali update ada fitur-fitur yang ditingkatkan dan menghilangkan gangguan bug.

5. Mulai Ulang Perangkat

Apabila semua metode di atas tidak berhasil, kamu bisa melakukan restart pada perangkat. Cara ini cukup ampuh untuk membuat aplikasi kembali normal. Bahkan, berlaku juga di semua aplikasi ataupun game yang lemot/error.

6. Tunggu Maintenance

Karena masalah maintenace, aplikasi Tokopedia error tidak bisa dibuka untuk sementara waktu. Jika hal ini terjadi, kamu hanya perlu menunggu proses tersebut berakhir. Umumnya maintenance dilakukan di malam hari dan butuh waktu 1-2 jam.

7. Ajukan Banding ke CS Tokopedia

Seperti yang dijelaskan di awal, salah satu penyebab Tokopedia tidak bisa dibuka adalah akun telah ditangguhkan. Untuk mengatasi masalah ini, yang dapat kamu lakukan menghubungi pihak Tokopedia dan mengajukan banding.

Kalau ada kesalahan dan kamu tak terbukti melakukan aktivitas curang, dalam beberapa hari akun bisa diaktifkan kembali. Tapi jika ada bukti kuat atas kecurangan, 100% akun akan di-banned permanen.

Adapun cara menghubungi CS Tokopedia bisa dengan Whatsapp +622150996899 atau kirim email ke alamat care@tokopedia.com dengan Subject Tokopedia error atau lemot saat dibuka.

Demikian ulasan lengkap tentang aplikasi Tokopedia tidak bisa dibuka atau lemot beserta cara mengatasinya. Ke depannya pastikan kamu mengecek ketersediaan internet dan bersihkan cache data agar masalah ini tidak terulang kembali.