6 Aplikasi Pinjaman Online Syariah Tanpa Riba yang Terpercaya 2021

aplikasi pinjaman online syariah tanpa riba

Pinjaman online sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian besar masyarakat. Dengan sistem tanpa syarat, kita bisa meminjam uang dengan mudah. Namun, yang jadi persoalan, rata-rata pinjol memiliki bunga yang termasuk riba dalam Islam.

Untungnya, saat ini sudah banyak aplikasi pinjaman online syariah tanpa riba yang aman dan terdaftar di OJK. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang sedang butuh uang cepat tapi tidak ingin terjerat riba.

Umumnya, aplikasi pinjol tanpa riba menawarkan sistem akad jual beli antara peminjam dan ijarah yang digunakan dalam perbankan syariah.

Daftar Aplikasi Pinjaman Online Syariah

Meskipun begitu, Anda juga harus waspada karena saat ini banyak penipuan dengan embel-embel “syariah” padahal ada bunga dan denda keterlambatan. Agar tidak tertipu, berikut daftar aplikasi pinjaman online syariah tanpa riba yang bisa dicoba.

1. Alamisharia

Alamisharia adalah perusahaan fintech yang menaruh fokus pada layanan P2P Lending. Namun, Alamisharia juga menawarkan pinjaman online berbasis syariah sesuai dengan ketentuan dalam Islam yang tentunya bebas dari riba.

Adapun nominal pinjaman yang ditawarkan Alamisharia mulai dari Rp50 juta sampai Rp2 miliar. Namun, proses pengajuan pinjaman terbilang sangat ketat dan harus melalui beberapa tahapan sebelum uang bisa dicairkan.

Berikut cara mengajukan pinjaman di Alamisharia:

  • Download aplikasi Alamisharia di Google Play
  • Daftar
  • Verifikasi identitas
  • Ikuti prosedur yang ada
  • Atau bisa hubungi Alamisharia via IG @alamisharia

Sedikit info, Alamisharia berbeda dari pinjol lainnya. Dimana, pinjaman yang dimaksud dalam bentuk pembiayaan usaha. Kalau kamu mengajukan pinjaman untuk kebutuhan konsumtif, sudah pasti akan ditolak.

Terlebih, syarat utama jika ingin meminjam uang di Alamisharia harus menunjukkan dokumen dari badan usaha, seperti CV, PT, atau yayasan yang sudah berjalan sesuai prinsip syariat.

2. BPRS AlSalaam

Kalau Anda butuh dana cepat, BPRS AlSalaam bisa jadi andalan aplikasi pinjaman online syariah tanpa riba yang terpercaya dan terdaftar di OJK. Besaran pinjaman yang ditawarkan AlSalaam minimal Rp15 juta dengan tenor hingga 60 bulan.

Keunggulan BPRS Alsalaam dibanding pinjol lainnya: bebas riba, tidak ada denda, angsuran flat hingga tenor berakhir, banyak promo menarik, dan ragam metode pembayaran cicilan.

Kalau Anda tertarik meminjam uang di sini, pastikan melengkapi beberapa persyaratan berikut:

  • WNI dan tinggal di Indonesia
  • Punya pekerjaan dan penghasilan tetap
  • Ada jaminan BPKP, SHGB, atau SHM
  • Fotocopy KTP pribadi, KK, akta nikah
  • Rekening tabungan 3 bulan terakhir

Silahkan hubungi Instagram @banksyariahalsalaam atau website resmi https://bprsalsalaam.co.id/ untuk mengetahui syarat lengkap atau ada pertanyaan yang ingin disampaikan.

3. Dana Syariah

Sama seperti Alamisharia, Dana Syariah juga termasuk aplikasi pinjaman online tanpa riba yang sesuai syariat Islam. Namun, fokus utama mereka ada di pendanaan atau P2P Lending. Jadi, selain meminjam, Anda juga bisa memberikan pinjaman.

Tapi, perlu diketahui, kalau Dana Syariah bergerak di bidang properti, sehingga pinjaman diprioritaskan untuk pembangunan fisik, seperti yayasan atau usaha.

Sebelum pengajuam pinjaman disetujui, maka lokasi yang akan dibuat properti terlebih dahulu harus melewati tahap verifikasi oleh tim Dana Syariah.

4. Reliance Syariah

Berbeda dari daftar sebelumnya, Reliance Syariah memberikan pinjaman mulai dari Rp300.000 sampai Rp10.000.000 dengan jangka waktu yang sudah ditentukan. Terlebih, persyaratannya hanya KTP tanpa perlu jaminan.

Reliance Syariah bisa jadi pilihan aplikasi pinjaman online syariah  bagi Anda yang sedang butuh dana cepat namun tidak ingin terjerat riba. Dengan maksimal pencairan 1x24 jam, dana yang dipinjam bisa digunakan untuk usaha atau kebutuhan lainnya.

Cara mengajukan pinjaman di Reliance Syariah bisa langsung melalui website resmi mereka https://reliancerobopds.co.id/ dengan membuat akun dan mengisi formulir yang dibutuhkan.

5. Fintek Syariah - Pembiayaan Online Syariah

Capek dengan pinjaman online yang cenderung kasar ketika menagih pinjaman? Mungkin Anda perlu mengubah haluan ke Fintek Syariah. Yaps, ini adalah pinjaman online tanpa riba yang menawarkan pembiayaan hingga Rp20 juta.

Fintek Syariah menawarkan tenor 91 hari sampai 12 bulan dengan APR atau bunga maksimal 10,5% /tahun. Sebagai contoh, kalau Anda meminjam Rp1.000.000, maka pengembalian jadi Rp1.000.000 + (Rp1.000.000x10,5%) = Rp1.105.000.

Tertarik dengan penawaran Fintek Syariah? Untuk pendaftaran dan pengajuan pinjaman tanpa riba, silahkan untuk aplikasinya di Google Play, ya!

6. Duha Syariah

Untuk menutup artikel ini, saya merekomendasikan Duha Syariah sebagai aplikasi pinjol tanpa riba yang tentunya memiliki sistem sesuai syariat Islam. Disamping itu, Duha Syariah juga pasti aman karena sudah terdaftar di OJK.

Kalau Anda tertarik mengajukan pinjaman di Duha Syariah untuk kebutuhan bisnis, beli barang, umroh, atau pendidikan, silahkan install aplikasinya di Google Play atau App Store.

Sebenarnya selain 6 daftar di atas, masih banyak aplikasi pinjaman online syariah di pencarian Google. Tapi saya ragu untuk menampilkannya di sini dengan beberapa pertimbangan.

1. Review dari pengguna sangat negatif
2. Pinjam uang Rp4.000.000 ambil tenor 6 bulan pengembaliannya sampai Rp4.700.000
3. Ada yang sebelumnya terdaftar di OJK, tapi sudah dicoret karena beberapa alasan
4. Sistemnya masih kurang bagus atau syarat pinjaman dipersulit

Saran saya, jika Anda benar-benar butuh dana cepat, pinjam saja ke tetangga, keluarga, saudara, atau kasbon ke kantor dengan sistem potong gaji. Karena menurut saya, beda pinjaman online biasa dan syariah hanya pada istilah saja.

Meskipun mengklaim tanpa bunga, tetap saja kita akan mengembalikan atau membayar angsuran melebihi uang yang dipinjam. Iya, kan? Maaf kalau salah.

Kesimpulan

Bagi umat Islam, riba merupakan dosa besar yang wajib dihindari. Oleh karena itu, sebaiknya kita menjauhi hal-hal yang berbau riba agar hidup jadi berkah. Beberapa daftar di atas bisa dicoba jika Anda butuh pinjaman bebas riba.

Jadi, itulah beberapa aplikasi pinjaman online syariah tanpa riba yang bisa Anda coba jika sedang butuh dana cepat. Sebelum mengajukan pinjaman, pahami kebijakan dan ketentuan mereka agar uangnya berkah. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel