5 Jenis Investasi untuk Pemula yang Mudah dan Menguntungkan 2024

jenis investasi untuk pemula

Jenis Investasi untuk Pemula
– Menikmati masa depan yang cerah adalah impian bagi semua orang. Tapi, untuk mencapainya diperlukan kerja keras dan persiapan yang matang. Salah satu caranya dengan berinvestasi.

Investasi adalah aktivitas keuangan yang memungkinkan kita untuk mendapatkan hasil lebih banyak dari nominal yang diinvestasikan.

Saat ini ada banyak jenis investasi yang bisa dilakukan dengan modal mulai tidak lebih dari Rp100ribu.

Nah, jika tekad sudah bulat untuk memulai investasi, berikut saya jelaskan beberapa jenis investasi yang cocok untuk pemula dengan modal minim serta risiko kerugian yang kecil.

Jenis Investasi untuk Pemula

Namun, sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia ini, sebaiknya pahamu dulu cara investasi yang benar agar risiko kerugian bisa ditekan.

Sebab, barang yang diinvestasikan harganya tidak tetap dan bisa naik turun mengikuti pasar.

Jika sudah mengetahui apa itu investasi dan tips memulainya, baru Anda bisa memilih satu jenis investasi untuk pemula yang kiranya cocok untuk Anda.

1. Investasi Emas Antam


Meskipun keuntungannya tidak sebesar saham maupun Reksadana, namun emas Antam termasuk jenis investasi yang masih menjanjikan untuk pemula. Terlebih, harga emas selalu mengalami kenaikan setiap harinya.

Adapun kelebihan investasi emas Antam adalah harga yang cukup stabil, bisa diperjual belikan kapan saja, serta dapat dijadikan jaminan di Pegadaian.

Selain itu, risiko kerugian dan kehilangan juga sangat minim karena emas Anda akan disimpan di tempat khusus.

2. Investasi Reksadana


Bicara soal jenis investasi untuk pemula, Reksadana termasuk salah satu yang bisa Anda pilih. Dengan proses pendaftaran yang mudah, Anda tak perlu repot untuk memulainya. Terlebih, minimal investasi sangat rendah, yakni Rp100 ribuan.


Hal pertama yang mesti diperhatikan bila ingin berinvestasi Reksadana adalah memilih perusahaan yang tepat dan terpercaya. Pasalnya, saat ini banyak berkeliaran tawaran menggiurkan dari perusahaan abal-abal.

Setelah itu, Anda bisa memilih jenis Reksadana yang memiliki prospek bagus dalam 3 tahun terakhir. Contohnya pasar uang, pasar saham, hingga pendapatan tetap.

3. Investasi Saham


Jenis investasi yang mudah dan cepat untung selanjutnya adalah investasi saham. Sejak beberapa tahun ke belakang, investasi jenis ini jadi andalan semua kalangan.

Seiring berjalannya waktu, pemula bisa mengakses pasar saham dengan mudah.

Sangat berbeda jika dibandingkan dengan zaman dulu, dimana yang bisa bermain saham hanya orang dengan modal besar.

Sama seperti Reksadana, Anda bisa menjadi pemilik saham di perusahaan dunia dengan modal sekitar Rp100 ribu.

Namun, pastikan memilih perusahaan yang berpotensi cuan. Buat analisa yang tepat dengan memilah perusahaan yang sahamnya selalu naik dalam tiga tahun terakhir.

4. Investasi Properti


Kalau Anda punya banyak modal dan ingin menginvestasikannya dalam bentuk fisik, maka investasi properti bisa dipilih.

Dengan segala kemudahan, properti termasuk jenis investasi untuk pemula yang sangat menguntungkan.

Kenapa? Karena setiap tahun harga tanah dan bangunan pasti akan naik, terutama di kota-kota besar. Anda bisa membangun rumah, ruko, kos-kosan, maupun bidang yang disukai.

Tapi, perlu diingat, jika memilih jenis investasi properti Anda harus sabar dan tidak berharap cuan dalam waku dekat. Sebab, ini adalah investasi jangka panjang yang memerlukan kesabaran.

5. Investasi Hobi

Yaps, Anda tidak salah baca. Hobi bisa jadi pilihan investasi yang cukup menguntungkan jika ditekuni. Ada banyak jenis investasi di bidang ini yang bisa Anda pilih. Misalnya jersey sepakbola, action figure, hingga barang antik.

Jika ingin memulai, pastikan Anda mengetahui pasar, seperti jersey bola. Sebaiknya beli jersey dengan desain unik yang berpotensi langka di masa depan.

Sebab, jersey yang langka dan unik bisa dihargai berkali-kali lipat dari harga awalnya.

Sudah terbayang keuntungannya, kan? Sebagai contoh, saat ini Anda membeli jersey klub Barcelona dengan harga Rp400.000, dalam waktu 2 atau 3 tahun ke depan, ada kolektor jersey yang mencari dan berani membayar Rp3 juta bahkan lebih.

Akhir Kata

Mengingat dunia digital semakin berkembang, memulai investasi adalah solusi yang tepat agar keuangan tetap stabil.

Bukan hanya untuk masa depan saja, namun sebagai pegangan bila suatu saat ada kebutuhan mendadak yang butuh uang banyak.

Jadi, setelah mengetahui jenis investasi untuk pemula, mana yang paling cocok untuk kebutuhan Anda? Sebaiknya dipikirkan matang-matang agar tidak menyesal di kemudian hari. Semoga bermanfaat!