Ini Alasan Kenapa Kepala Charger Panas dan Tips Mengatasinya

Banyak pengguna smartphone mengeluhkan kepala charger cepat panas ketika digunakan. Sering mereka khawatir hal ini akan berdampak buruk pada charger dan hp.

Pada dasarnya, kepala cas yang panas bukan hanya disebabkan kualitas adaptor itu sendiri, juga bisa karena kebiasaan buruk atau penggunaan yang tidak semestinya.

Ketika menggunakan perangkat yang terhubung ke listrik, kita memang harus waspada. Mengikuti buku panduan sangat disarankan agar barang tetap awet dalam waktu lama.

Ada banyak alasan kenapa kepala charger cepat panas. Salah satunya menggunakan hp dalam kondisi dicas. Selengkapnya kamu bisa simak artikel berikut beserta tips mengatasinya.

Kepala Charger Cepat Panas

Penyebab Kepala Charger Panas

Tentunya akan sangat menyebalkan ketika charger yang kita gunakan tidak bekerja optimal. Entah itu pengisian daya yang lambat atau arus tiba-tiba terputus.

Oleh karena itu, penting memahami apa saja kebiasaan buruk yang membuat kepala charger cepat panas ketika digunakan.

Berikut beberapa penyebab yang wajib kamu ketahui:

1. Ngecas Sambil Main HP

Kebiasaan buruk sebagian masyarakat kita adalah menggunakan hp dalam posisi dicas. Padahal, aktivitas ini sangat dilarang karena bisa menyebabkan banyak masalah.

Selain kepala charger yang panas, memainkan hp saat dicas juga bisa membuat kesehatan baterai jadi berkurang. Bahkan, efek jangka panjangnya baterai akan mengalami kebocoran. 

2. Spesifikasi Charger Tidak Sesuai

Selanjutnya, penyebab kepala charger cepat panas adalah spesifikasi charger tidak sesuai dengan yang dianjurkan atau tidak memenuhi standar ponsel kita.

Karena seperti yang kita tahu, suplai daya di masing-masing hp itu berbeda. Sehingga kalau dihubungkan ke charger di bawah standar, kinerjanya jadi tidak optimal.

Oleh sebab itu, ketika ingin beli charger baru, disarankan untuk mengecek arus masuk dan keluar yang tertera pada produk. Atau kamu bisa tanya dulu ke penjual.

3. Pakai Charger Lama 

Umur charger juga berpengaruh pada pengisian daya. Bisa jadi kamu menggunakan charger lama yang sudah tak layak pakai, sehingga mudah panas padahal belum lama dicas.

Salah satu ciri charger lama bisa dilihat dari kualitasnya. Kalau kamu pernah ngecas lalu tiba-tiba daya terputus, bisa jadi charger tersebut sudah tak layak pakai.

Selain membuat kepala charger cepat panas, ini juga dapat berpengaruh pada baterai hp kamu. Sebaiknya ganti dengan charger baru yang original.

4. Baterai 0% Baru Dicas

Sering terjadi di masyarakat bahwa mereka baru mengecas hp ketika sudah 0%. Padahal, ini sangat tidak disarankan karena bisa membuat kepala charger dan hp cepat panas.

Selain itu, mengecas hp ketika 0% juga berdampak pada kesehatan baterai. Baterai jadi cepat habis, bahkan kalau terlalu sering bisa bocor.

5. HP Terus Dicas Setelah 100%

Banyak orang abai dengan baterai yang terus dicas setelah mencapai 100%. Padahal, ini sangat tidak bagus karena bisa bikin baterai jadi rusak.

Disamping itu, mengisi daya yang terlalu lama juga akan membuat kepala charger jadi panas. Oleh karena itu, pastikan kamu mencabut charger saat sudah penuh atau 100%.

6. Menggunakan Charger KW

Meskipun harga jauh lebih murah, kualitas charger KW tentu tak sebagus charger original. Sayangnya, masih banyak pengguna smartphone yang tak paham akan hal ini.

Dalam banyak kasus, alasan kenapa charger cepat panas juga dapat disebabkan karena penggunakan produk KW atau abal-abal.


Pasalnya, charger KW dirancang tidak sesuai standar yang berlaku. Efeknya mungkin tidak terasa sekarang, namun dalam jangka panjang bisa merusak komponen hp kamu.

7. Charger Tidak Pernah Dicabut

Terakhir, penyebab kepala charger cepat panas adalah pengguna tidak pernah mencabut charger dari colokan listrik setelah baterai hp penuh. Terus seperti itu hingga berhari-hari.

Kebiasaan buruk ini harus dihilangkan karena arus listrik akan terus terhubung ke charger. Efeknya bukan hanya membuat charger cepat panas, namun juga korsleting listrik dan kebakaran.

Tips Menggunakan Charger HP yang Benar

Setelah tahu apa saja yang menyebabkan kepala charger panas, selanjutnya Normanardik.com akan jelaskan beberapa tips singkat menggunakan charger hp yang benar.

Simak tips-tips di bawah ini:

1. Jangan Main HP Saat Dicas

Tips pertama yang sangat wajib diikuti agar charger tetap awet dan tidak mudah rusak adalah menghindari ngecas sambil main hp.

Sepenting apa sih hp bagi kalian sampai rela duduk di tempat pengecasan? Padahal, ketika hp dicas kalian bisa melakukan aktivitas lain seperti berolahraga atau baca buku.

2. Hindari Ngecas di Malam Hari

Sebagian besar dari kamu mungkin berpikir ngecas hp sebelum tidur adalah waktu yang tepat. Padahal, ini satu kesalahan besar yang harus dihindari.

Alasannya karena banyak hp keluaran terbaru sudah didukung fitur pengisian daya cepat yang bisa penuh dalam 2 hingga 4 jam saja.

Jadi, kalau hp dicas saat tidur yang kurang lebih 6 sampai 7 jam, itu bisa berakibat pada baterai kelebihan daya.

3. Jangan Terlalu Sering Cas Cabut

Ketika charger digunakan secara tidak wajar, harusnya kita tahu konsekunsi yang akan terjadi. Salah satu yang sering ditemui adalah kebiasaan ngecas hp sebentar dan mencabutnya.

Bukan hanya berdampak buruk pada kepala charger, kebiasaan buruk seperti ini juga membuat kesehatan baterai jadi berkurang. Oleh sebab itu, saat mengecas hp sebaiknya tunggu hingga penuh 100%. 

4. Hindari Baterai Kosong atau 0%

Saking serunya bermain game atau scrolling media sosial, terkadang kita lupa sisa baterai hp. Bahkan notifikasi baterai 20% dan 10% sering diabaikan.

Baru ketika muncul notifikasi sisa baterai hp tinggal 0% kita panik mencari charger. Kalau sudah seperti ini hp secara otomatis akan mati.

Kamu mungkin berpikir “ah cuma sekali doang”, tapi percayalah kebiasaan seperti ini bisa merusak charger dan komponen hp secara keseluruhan.

5. Wajib Cabut Charger Saat 100%

Berkaitan dengan tips ngecas hp sebelumnya, ketika pengisian daya sudah penuh 100% kamu wajib mencabut charger dan juga kepala charger dari colokan.

Kebiasaan seperti ini bukan hanya menjaga kualitas charger itu sendiri, namun juga kesehatan baterai agar tetap awet dan tidak cepat berkurang.

6. Pakai Charger Original

Terakhir, tips yang tidak kalah penting adalah menggunakan charger original atau asli. Jangan pakai charger KW murahan yang tidak sesuai standar kelayakan.

Untuk charger original sekarang banyak dijual di online shop. Harganya pun cukup terjangkau mulai dari Rp70.000 hingga Rp300.000.

Memang berbeda jauh dengan charger hp KW, tapi setidaknya kualitas charger asli sudah teruji. Sehingga kamu tak perlu khawatir dengan efek buruk di kemudian hari.

Oh iya, kamu tidak harus beli charger satu merk dengan hp yang digunakan. Sekarang banyak merk charger berkualitas yang sudah sesuai standar, seperti MCDODO, USAMS, atau Baseus.

Kamu bisa dapatkan charger hp berkualitas untuk Xiaomi, Realme, Infinix, Vivo, OPPO, Samsung di sini:

ProdukHargaBeli
Baseus Quick Charging 30WRp159.000Cek di sini
USAMS T23 Adapter ChargerRp169.000Cek di sini
MCDODO Fast ChargingRp79.000Cek di sini

Akhir Kata

Menggunakan charger sewajarnya adalah cara terbaik untuk menjaga kualitas charger itu sendiri. Kalau terlalu “brutal”, dampaknya akan terasa pada perangkat secara keseluruhan.

Itulah penjelasan yang bisa dipahami kenapa kepala charger panas dan tips untuk mengatasinya. Jangan lupa baca artikel lain tentang teknologi, tutorial, dan game hanya di blog ini.