Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi HP Cepat Panas Paling Ampuh 2022

hp cepat panas

Mengerti penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya termasuk hal mendasar yang semestinya dipahami oleh pengguna. Lantaran hal teknis ini sering menimpa perangkat siapa saja. Utamanya akibat pemakaian yang di luar standar operasional.

Selain itu, masalah lain juga bisa mengakibatkan hal tersebut. Seperti usia perangkat hingga masalah pada mesin atau komponen.

Agar lebih jelas mengenai penyebab dan cara mengatasi HP cepat panas, maka berikut telah dihadirkan ulasan lengkap tentangnya. Jadi pastikan untuk baca dengan seksama, ya!

Penyebab Suhu HP Lebih Cepat Panas

Setiap permasalahan tentu ada sebabnya, termasuk juga suhu HP yang lebih cepat panas. Penyebab merupakan hal penting yang mesti diketahui terlebih dahulu sebelum melakukan solusi yang tepat.

Berikut ini beberapa penyebab suhu HP jadi lebih panas yang paling umum terjadi:

1. Baterai & Charger Bermasalah

Charger yang rusak dan tidak original bisa berpotensi membuat baterai dan HP jadi lebih cepat panas. Sebab, daya hantar listriknya tidak sesuai standar.

Jika baterai pada HP sering mengalami panas tentu berpotensi besar membuat HP meledak.

2. Penggunaan HP Berlebihan

Beberapa contoh penggunaan HP yang berlebihan seperti menonton film dan main game selama berjam-jam.

Aktivitas berlebihan yang dilakukan tersebut tentu akan membuat komponen HP seperti layar, baterai, modem dan speaker jadi jauh lebih bekerja keras.

3. Malware

Virus atau malware seringkali menempel pada HP yang biasanya berasal dari aplikasi atau file yang tidak resmi.

Malware tersebut bisa membuat prosesor, aplikasi dan widget terus aktif. Jika terus aktif, tentu hal Ini dapat mengakibatkan suhu HP menjadi panas.

4. Layar Terlalu Terang

Dengan menaikkan tingkat kecerahan layar sampai ke batas maksimal justru akan membuat baterai lebih cepat habis. Selain itu juga bisa membuat suhu pada HP jadi panas.

Sebab, cahaya layar yang sangat cerah bisa membuat kerja baterai jadi lebih maksimal.

5. Banyak Aplikasi Yang Terbuka

Seringkali pengguna HP menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan dengan jumlah yang sangat banyak. Tentu penggunaan yang tidak baik seperti ini akan membuat baterai terus bekerja. 
Akibatnya, suhu HP pun bisa jadi cepat panas.

6. Bug Pada Sistem Operasi dan Aplikasi

Singkatnya, bug ini merupakan sebuah cacat desain pada sebuah perangkat lunak. Keberadaan bug ini bisa mengganggu fungsi perangkat, menurunkan kinerja prosesor, dan fatalnya bisa juga berpengaruh pada suhu HP menjadi panas. 

Cara Mengatasi HP Cepat Panas

Setelah mengerti penyebabnya, kini pengguna harus mengetahui juga cara atau solusinya. Daripada berlama-lama, mari langsung saja perhatikan cara-caranya di bawah ini:

1. Turunkan Tingkat Kecerahan

Menurunkan tingkat kecerahan pada layar merupakan langkah awal yang mudah dilakukan.

Selain dengan langkah manual, pengguna juga bisa menjalankan pengaturan kecerahan secara otomatis, yang dapat menentukan tingkat terang di setiap kondisi.

2. Ganti Baterai & Charger yang Bermasalah

Belilah charger serta baterai yang memang original, sesuai standar dan kondisinya. Sebelum membeli charger dan baterai untuk HP alangkah baiknya membaca keterangan lengkapnya.

Ini penting, sebab akan berpengaruh pada suhu HP saat digunakan.

3. Update OS & Aplikasi Secara Rutin

Lakukan update atau pembaruan aplikasi secara rutin. Sebab, dengan melakukan pembaruan rutin, bug pada aplikasi dan OS akan diperbaiki kembali.

Selain bisa membuat kinerja prosesor jadi optimal, juga dapat menjaga suhu HP lebih stabil.

4. Batasi Penggunaan HP

Setiap yang berlebihan tentu efeknya tidak akan baik. Termasuk juga dalam penggunaan barang elektronik seperti HP.

Sebetulnya tidak hanya berpengaruh pada suhu dan kondisi HP tapi juga pada kesehatan pengguna. Maka sebab itu bijaklah dalam pemakaiannya. 

Itulah uraian terkait beberapa penyebab dan cara mengatasi HP cepat panas. Bila pengguna mengetahui penyebabnya secara akurat, maka solusi yang dipakai pun akan ampuh. Jadi pastikan untuk selalu mempertimbangkan hal tersebut, ya!