Penyebab dan Cara Mengatasi HP Cepat Panas, Paling Mudah dan Ampuh!

cara mengatasi hp cepat panas

Mengerti penyebab hp cepat panas dan cara mengatasinya termasuk hal mendasar yang semestinya dipahami oleh pengguna. Lantaran hal teknis ini sering menimpa perangkat siapa saja. Utamanya akibat pemakaian yang di luar batas.

Selain itu, masalah lain juga bisa mengakibatkan hal tersebut. Seperti usia perangkat, kesalahan saat mengecas, hingga masalah pada mesin atau komponen.

Agar lebih jelas mengenai penyebab dan cara mengatasi hp cepat panas, maka berikut telah dihadirkan ulasan lengkap tentangnya. Jadi pastikan untuk baca sampai selesai, ya!

Penyebab HP Cepat Panas

Setiap permasalahan tentu ada sebabnya, termasuk juga suhu hp yang lebih cepat panas. Penyebab merupakan hal penting yang mesti diketahui terlebih dahulu sebelum melakukan solusi yang tepat.

Berikut ini beberapa penyebab hp cepat panas yang paling umum dialami pengguna:

1. Baterai & Charger Bermasalah

Charger yang rusak dan tidak original bisa berpotensi membuat baterai dan hp jadi lebih cepat panas. Sebab, daya hantar listriknya tidak sesuai standar yang telah ditetapkan produsen.

Sebaiknya Anda harus berhati-hati ketika menggunakan jenis charge ini. Sebab, ada kemungkinan baterai yang terlalu sering overheating berpotensi besar membuat perangkat meledak.

2. Penggunaan Berlebihan

Beberapa contoh penggunaan hp yang berlebihan seperti menonton film dan main game selama berjam-jam. Aktivitas berlebihan yang dilakukan tersebut tentu akan membuat komponen seperti layar, dan baterai bekerja lebih keras.

Jadi, kalau Anda termasuk pengguna yang tidak bisa lepas dari hp, sebaiknya mulai dari sekarang kurangi kebiasaan tersebut. Karena selain merusak perangkat, kesehatan mata juga pasti terganggu.

3. Malware

Selanjutnya penyebab baterai hp cepat panas bisa karena virus atau malware. Sebab, terkadang kita tidak sadar mengunduh aplikasi dari internet yang bisa saja ditanam sesuatu. Sehingga membuat kinerja hp jadi berkurang.

Malware atau virus tersebut bisa membuat prosesor, aplikasi dan widget terus aktif. Jika terus aktif, tentu hal Ini dapat mengakibatkan suhu hp menjadi panas.

4. Layar Terlalu Terang

Dengan menaikkan tingkat kecerahan layar sampai ke batas maksimal justru akan membuat baterai lebih cepat habis. Selain itu juga bisa membuat suhu pada hp jadi panas.

Sebab, cahaya layar yang sangat cerah bisa membuat baterai bekerja lebih keras dari biasanya.

5. Banyak Aplikasi Yang Terbuka

Seringkali pengguna menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan dengan jumlah yang sangat banyak. Tentu penggunaan yang tidak baik seperti ini akan membuat baterai terus bekerja. Akibatnya, suhu hp pun bisa jadi cepat panas.

6. Bug Pada Sistem Operasi dan Aplikasi

Kemudian penyebab baterai hp cepat panas juga bisa karena bug yang terdapat pada OS dan aplikasi. Maksudnya, bug ini merupakan sebuah cacat desain pada sebuah perangkat lunak.

Keberadaan bug ini bisa mengganggu fungsi perangkat, menurunkan kinerja prosesor, dan fatalnya bisa juga berpengaruh pada meningkatnya suhu hp.

Cara Mengatasi HP Cepat Panas

Setelah mengerti penyebabnya, kini pengguna harus mengetahui juga cara atau solusinya. Daripada berlama-lama, mari langsung saja perhatikan cara-caranya di bawah ini.

Berikut beberapa cara mengatasi hp cepat panas yang wajih dicoba:

1. Turunkan Tingkat Kecerahan

Menurunkan tingkat kecerahan pada layar merupakan langkah awal yang mudah dilakukan.

Selain dengan langkah manual, pengguna juga bisa menjalankan pengaturan kecerahan secara otomatis, yang dapat menentukan tingkat terang di setiap kondisi.

2. Ganti Baterai & Charger yang Bermasalah

Selanjutnya cara mengatasi hp cepat panas adalah dengan menggunakan charger serta baterai yang memang original, sesuai standar dan kondisinya.

Sebelum membeli charger dan baterai untuk hp alangkah baiknya membaca keterangan lengkapnya. Ini penting, sebab akan berpengaruh pada suhu hp saat digunakan.

3. Update OS & Aplikasi Secara Rutin

Lakukan update atau pembaruan aplikasi secara rutin. Sebab, dengan melakukan pembaruan rutin, bug pada aplikasi dan OS akan diperbaiki kembali.

Selain bisa membuat kinerja prosesor jadi optimal, juga dapat menjaga suhu hp lebih stabil.

4. Batasi Penggunaan HP

Terakhir yang tak kalah penting, cara mengatasi baterai hp cepat panas adalah membatasi penggunaan hp itu sendiri. Karena semua hal yang berlebihan memberikan efek tidak akan baik.

Termasuk juga dalam penggunaan barang elektronik seperti hp. Sebetulnya tidak hanya berpengaruh pada suhu dan kondisi hp tapi juga pada kesehatan mata. Maka sebab itu bijaklah dalam pemakaiannya. 

Penutup

Smartphone jadi barang yang tak bisa lepas dari sebagian orang. Namun, kita juga harus memperhatikan batas penggunaan wajar, karena kalau sampai berlebihan akan membuat kinerjanya jadi menurun dan tentu jadi overheating.

Itulah uraian terkait beberapa penyebab dan cara mengatasi hp cepat panas. Bila pengguna mengetahui penyebabnya secara akurat, maka solusi yang dipakai pun akan ampuh. Jadi pastikan untuk selalu mempertimbangkan hal tersebut, ya!