8 Aplikasi Penghapus Objek Tanpa Merusak Background Foto

Aplikasi penghapus objek terbaik selalu jadi andalan pengguna smartphone. Pasalnya, aplikasi jenis ini memungkinkan kita menghilangkan objek yang tak diinginkan pada sebuah foto tanpa merusak background atau latar belakang.

Dengan menghapus objek, foto jadi terlihat lebih "bersih" dan estetik. Apalagi kalau foto tersebut diambil di lokasi yang ramai, tempat wisata contohnya.

Nah, kira-kita apa saja aplikasi penghapus objek terbaik saat ini? Dikutip dari berbagai sumber, admin akan mengulas rekomendasi yang bisa kamu coba. Yuk simak!

Aplikasi Penghapus Objek Foto

Daftar Aplikasi Penghapus Objek

Kalau di Photoshop, cara menghapus objek di foto mungkin lebih rumit. Sebab, kita harus melewati langkah demi langkah secara detail. Hasilnya memang lebih bagus, tapi tak semua pengguna smartphone punya akses ke Photoshop versi PC.

Oleh karena itu, di Google Play dan App Store tersedia ragam aplikasi untuk mengapus objek foto. Cara menggunakannya lebih mudah dan pastinya gratis.

Berikut rekomendasi aplikasi penghapus objek tanpa merusak background foto:

1. Pic Retouch

Pic Retouch merupakan aplikasi mobile dengan fungsi mempercantik tampilan foto. Jadi, bukan sekedar menghapus objek saja, aplikasi dari InShot ini juga dibekali fitur untuk menghilangkan watermark, text, hingga logo.

Cara pakainya juga sangat mudah, dalam satu ketukan kamu bebas menghapus objek yang dirasa mengganggu. Pic Retouch adalah aplikasi gratis, tapi ada versi Premium dengan biaya Rp45.000 - Rp109.000.

Developer: InShot Inc
Size: 11MB
Rating: 4,7/5 dari 14 rb ulasan

2. Retouch – Hapus Objek

Masih dengan aplikasi penghapus objek terbaik, kali ini datang dari developer VIDEOSHOW. Namanya “Retouch”, silahkan cari di Google Play ataupun App Store. Aplikasi ini menghadirkan fitur yang tak kalah bagus.

Kamu tak perlu bingung cara menghilangkan objek di foto tanpa merusak background di aplikasi Retouch. Ada banyak petunjuk yang bisa dimanfaatkan untuk menghapus objek tertentu pada foto.


Namun, versi gratisan tidak sebagus Retouch Premium. Sebab, akses ke fitur-fitur tertentu diperuntukkan khusus bagi pengguna yang sudah berlangganan.

Developer: VIDEOSHOW
Size: 83MB
Rating: 4,5/5 dari 232 rb ulasan

3. SnapEdit – Editor Foto AI

Tidak perlu bingung mencari aplikasi penghapus objek gratis, SnapEdit bisa jadi pilihan terbaik. Dengan aplikasi ini, semua objek yang mengganggu bisa dihilangkan secara cepat, mudah, dan menyenangkan.

SnapEdit hadir dengan teknologi AI (Artificial Intelligence), sehingga fungsinya jadi lebih optimal. Fitur yang disajikan juga tak kalah keren, kalian bisa menyempurnakan foto hingga menghapus objek tertentu.

Bahkan, aplikasi ini juga punya fitur Anime AI yang memungkinkan pengguna mengubah foto biasa jadi seperti karakter anime. Menarik banget, kan? Yuk langsung download di Play Store!

Developer: SnapEdit Team
Size: 21MB
Rating: 4,5/5 dari 38 rb ulasan

4. Google Snapseed

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di Snapseed. Jadi, aplikasi buatan Google ini bukan hanya berfungsi untuk mengedit foto saja, tapi juga hadir dengan fitur unggulan untuk menghilangkan objek pada foto.

Sejauh ini ada lebih dari 27 tools yang tersedia gratis. Semuanya punya fungsi berbeda, namun yang jelas mampu mengubah tampilan foto jadi lebih estetik sesuai keinginan.

Developer: Google LLC
Size: 81,4MB
Rating: 4,6/5 dari 1,65 jt ulasan

5. Magic Eraser

Magic Eraser mungkin belum sepopuler aplikasi penghapus objek lainnya. Tapi dapat dipastikan fungsinya tak jauh berbeda. Dengan mengandalkan teknologi AI, ini akan membantu kamu dapat menghilangkan orang dan objek mengganggu.

Disamping itu, Magic Eraser juga dibekali fitur untuk menghapus watermark, teks, dan detail-detail yang tak diinginkan pada foto. Cara menggunakannya juga sangat mudah, tinggal pilih foto dari galeri dan tandai objek yang mau dihapus.

Developer: Giang Nguyen
Size: 6MB
Rating: 4,8/5 dari 2 rb ulasan

6. PicsArt AI Photo Editor

Sebagai aplikasi edit foto, tentu saja PicsArt juga punya fitur untuk menghilangkan objek. Bukan jadi rahasia umum kalau aplikasi ini sangat diminati. Karena memang, ragam aktivitas yang berhubungan dengan foto bisa dipercantik.

Cara menghapus objek di PicsArt tak kalah mudah. Kamu tinggal akses tools “Panel Crop” dan pilih foto yang ada objek mengganggu. Nantinya kamu juga bisa menambahkan efek maupun filter aesthetic.

Developer: PicsArt Inc
Size: 60MB
Rating: 4,2/5 dari 11,8 jt ulasan

7. Adobe Photoshop Fix

Menghapus suatu objek akan lebih mudah kalau background-nya warna hijau polos. Tapi dengan Adobe Photoshop Fix, kamu bisa menghapus semua objek meskipun berada di latar belakang gradient atau bertumpuk.


Tidak cukup sampai di sana, aplikasi menghilangkan objek di iPhone dan Android ini juga mampu melakukan restorasi foto. Dengan kata lain, kamu dapat memperbaiki gambar yang sebelumnya rusak menjadi lebih bagus.

Developer: Adobe
Size: 44MB
Rating: 4,0/5 dari 50 rb ulasan

8. TouchRetouch

Di penghujung daftar, admin mau kasih rekomendasi aplikasi penghapus objek paling bagus. Hasil editan dijamin rapi dan tidak akan merusak foto. Namanya TouchRetouch, dibuat oleh developer ADVA Soft.

Aplikasi ini memiliki rating tertinggi di Google Play dengan 4,8/5 dari 31 rb ulasan. Hanya saja, TouchRetouch bukan aplikasi gratis. Untuk mengunduhnya kamu harus membayar Rp58.000 untuk lisensi seumur hidup.

TouchRetouch lebih cocok digunakan oleh profesional yang menggeluti bidang fotografi. Mulai dari fitur hingga tools tersaji secara istimewa dan pastinya dapat diandalkan.

Developer: ADVA Soft
Size: 65MB
Rating: 4,8/5 dari 31 rb ulasan (BERBAYAR)

Akhir Kata

Selain proses pengeditan yang mudah dilakukan, semua aplikasi di atas terkenal sangat bagus. Banyak user yang berhasil menghilangkan objek dengan hasil memuaskan tanpa merusak keseluruhan foto.

Itu dia sejumlah aplikasi penghapus objek yang dapat kamu coba. Masing punya fitur dan keakuratan berbeda, jadi sebaiknya pilih satu APK dengan rating tertinggi di Playstore dan ulasan positif dari para pengguna. Semoga bermanfaat!