Cara Mengumpulkan Database WhatsApp, Penting Untuk WA Marketing!

Salah satu hal penting dalam WhatsApp Marketing adalah mendapatkan database atau kontak pelanggan. Tanpa adanya database, kita tidak akan bisa melakukan metode WhatsApp Marketing.

Baik itu melakukan follow up maupun mengirimkan promosi dengan fitur broadcast. Karena sangat penting, tentu kita harus mengetahui mengenai seluk beluk pengumpulan database.

Karena itu, dalam artikel ini kita akan membahas salah satu bagian dari cara jualan online di WA yaitu cara mengumpulkan database kontak.

Nah daripada berlama-lama lagi, langsung saja kita simak cara-caranya di bawah ini!

Cara Mengumpulkan Database WhatsApp

1. Menggunakan Cara Konvensional

Cara pertama untuk mengumpulkan database kontak pelanggan adalah dengan cara konvensional. Meski media promosi sudah didominasi digital, cara konvensional ini juga tidak boleh ditinggalkan.

Cara-cara konvensional yang dimaksud adalah menghadiri acara bisnis dan meminta langsung kontak kepada para pelanggan atau bisa mengandalkan word of mouth.

2. Menggunakan Add On Chatbot WhatsApp

Website merupakan platform penting bagi para pebisnis online. Website sendiri bagaikan rumah yang dapat kita rombak disesuaikan dengan tujuan bisnis.

Berbeda dengan sosial media yang punya peraturan, di website, kita bebas membuat apapun. Karena itu, kita bisa memanfaatkan website untuk mengumpulkan database WhatsApp.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan plugin atau add on WhatsApp Chatbot resmi yang disebut WA Business AP.

Jika kita menambahkan add on ini di website, maka nomor pengunjung website bisa menghubungi kita kapanpun mereka mau.

3. Mencantumkan Kontak WhatsApp di Website

Jika poin sebelumnya menggunakan add on WhatsApp API, kita juga bisa mengumpulkan data dengan mencantumkan kontak WhatsApp di website kita.

Hal yang menarik dari cara ini adalah kita bisa menyimpan kontak WhatsApp di berbagai halaman.

Mulai lewat kolom kontak di footer maupun menyematkan link WhatsApp di halaman produk atau bahkan artikel. Dengan begitu, kita berpotensi untuk mendapatkan banyak kontak.

4. Simpan Link WhatsApp di Berbagai Platform Media Sosial

Setiap bisnis online tentu berkewajiban untuk memiliki sosial medianya tersendiri. Bukan hanya untuk meningkatkan awareness atau mencari traffic, media sosial hari ini menjadi tempat berjualan maupun melakukan promosi yang efektif.

Kita menyimpan link WhatsApp Bisnis di bio media sosial. Link yang nanti disimpan di bio media sosial akan mempermudah calon pelanggan untuk menghubungi kita untuk bertanya maupun melakukan pembelian.

Jika sudah dimulai, simpan semua kontak orang yang menghubungi untuk dijadikan database pelanggan atau calon pelanggan.

5. Berikan Penawaran Spesial Untuk Order Via WhatsApp

Siapa sih orang yang nggak suka dengan penawaran spesial atau diskon potongan harga? Karena diskon selalu bisa menarik orang, kita bisa memanfaatkan hal ini loh.

Kita bisa memberikan penawaran spesial bagi para pelanggan yang melakukan checkout lewat WhatsApp. Jika penawaran sukses dan menggiurkan bagi pelanggan, sudah dapat dipastikan kita bisa mendapat banyak database WhatsApp

6. Gunakan Email Marketing

Email marketing merupakan metode digital marketing yang lebih dulu populer dibandingkan WhatsApp Marketing.

Karena itu, sebagian besar bisnis online pasti memiliki database email pelanggan. Karena itu, kita bisa memanfaatkan email marketing untuk mendapatkan database WhatsApp. 

Dalam materi email marketing, kita bisa menyematkan link WhatsApp. Jadi, saat pelanggan membuka email dan tertarik, mereka bisa langsung diarahkan ke WhatsApp Bisnis kita hanya dengan 1x klik saja.

7. Pakai CTA WhatsApp Saat Menggunakan Iklan Digital

Terakhir adalah menggunakan iklan digital alias digital ads. Karena berbayar, penggunaan ads ini akan memberi beragam dampak positif bagi bisnis kita.

Ads ini bisa meningkatkan awareness, mengumpulkan data maupun meningkatkan penjualan.

Ada banyak digital ads yang populer hari ini. Mulai dari Google Ads, FB/IG Ads, TikTok Ads dan masih banyak yang lainnya. Karena tujuan kita mengumpulkan data WA, kita wajib memakai Call To Action WhatsApp di iklan digital.

Nah itulah 7 cara mengumpulkan data WhatsApp pelanggan yang baik dan benar. Semoga saja artikel ini bisa membantu kalian yang ingin mengumpulkan database WhatsApp sebelum nantinya berjualan dengan metode WhatsApp marketing.