Cara Mengatasi Undawn Error atau Gagal Login dengan Mudah

Beberapa waktu lalu game Undawn sempat mengalami error, kondisinya gagal login atau loading lama. Sehingga banyak pemain yang kesulitan mengakses game.

Masalah seperti ini memang sering terjadi di game online. Penyebabnya bisa beragam, entah itu karena jaringan atau server Undawn yang sedang error.

Meskipun begitu, kamu tak perlu khawatir, di artikel ini akan dijelaskan beberapa penyebab dan cara mengatasi Undawn error. Yuk baca agar game-nya bisa diakses dengan normal.

Cara Mengatasi Undawn Error

Penyebab Undawn Error

Sebagai game zombie RPG baru, Undawn sudah memikat hati para gamers dengan gameplay yang seru. Kombinasi zombie, survival, dan RPG membuat game ini begitu addicted.

Kendati demikian, yang namanya game online tak lepas dari kendala. Adapun penyebab Undawn error, gagal login, atau loading lama sebagai berikut:

  • Jaringan internet bermasalah
  • Memori hp penuh
  • Sedang ada perbaikan server
  • Game belum di-update
  • Perangkat panas atau overheating

Ketika penyebab basic di atas dapat menjadi alasan kenapa game Undawn error. Oleh karena itu, untuk mengatasinya juga sangat mudah.

Pastikan jangan hapus game-nya dari hp kalian. Mengingat full size Undawn sangat besar, untuk mengunduhnya kembali dibutuhkan kuota yang banyak.

Cara Mengatasi Undawn Error Hari Ini

Intinya, Undawn bukan sekedar game zombie biasa. Bahkan, Garena menyediakan wadah bagi para pemain untuk berimajinasi membangun rumah atau Homestead.

Selain itu, ada banyak aktivitas menarik yang bisa dikerjakan, seperti memancing, berkendara menelusuri jalan, hingga farming atau mengumpulkan bahan.

Nah, setelah tahu penyebabnya, berikut cara mengatasi Undawn error hari ini:

1. Coba Jaringan Lain

Masalah error atau gagal login pada game dapat disebabkan karena jaringan, entah itu lemot atau gangguan sinyal. Jadi, cobalah ganti provider lain yang kencang.

Kalian juga bisa hubungkan ke WiFi atau pakai hotspot dari teman maupun keluarga di rumah. Intinya yang normal dan sudah 4G+.

Setelah mengganti provider dan game Undawn bisa kembali diakses, berarti jaringan sebelumnya memang bermasalah.

2. Hapus Data Game

Selanjutnya, cara mengatasi Undawn error bisa juga dengan menghapus data game. Namun, sebelum melakukan metode ini, pastikan kalian mengingat data login.

Ini bertujuan agar saat login ulang, kalian tak mengalami kesulitan. Garena Undawn mendukung login untuk Facebook dan Google. Jadi, pastikan ingat email dan password-nya.

3. Hapus Cache Data

Kalau menghapus data game dirasa sangat ribet, kalian bisa coba menghapus cache atau data sampah. Caranya sangat mudah, silahkan buka Pengaturan > Manajemen Aplikasi.

Kemudian cari game Undawn > buka folder-nya > terakhir klik tombol Clear Cache atau Hapus Cache. Selain itu bisa juga dengan menggunakan aplikasi pembersih RAM.

4. Restart Perangkat

Melaukan restart pada perangkat juga termasuk salah satu cara mengatasi Undawn error. Hal ini bertujuan untuk me-refresh sistem hp agar kembali seperti baru.

Karena seperti yang kita tahu, saat smartphone digunakan dalam waktu lama, kinerja sistem akan terus melambat. Sehingga dibutuhkan proses restart menyeluruh.

5. Update Undawn di Google Play

Terakhir, kalian bisa update game Undawn di Google Play apabila menemukan error atau loading lama. Pasalnya, proses update sangat dibutuhkan untuk menghilangkan beberapa masalah.


Bug maupun error dapat teratasi dengan mengunduh versi game terbaru. Jadi, silahkan buka Google Play atau App Store dan klik “Update” untuk mengatasi masalah error Undawn.

Akhir Kata

Hal utama yang bikin game ini worth to play adalah gameplay. Undawn bukan sekedar game tembak-tembakan zombie biasa. Konsepnya jauh lebih luas dari semua aspek.

Demikian penjelasan lengkap tentang penyebab dan cara mengatasi Undawn error, gagal login, ataupun loading lama. Pastikan ikuti semua metode di atas agar kamu bisa kembali masuk ke dalam game.