13 Prosesor HP Terbaik untuk Game, Lancar dan Anti Ngelag!

Prosesor hp terbaik untuk game penting diketahui, khususnya bagi kamu yang membeli hp hanya untuk bermain game. Entah itu game ringan maupun game berat seperti PUBG Mobile, Genshin Impact, hingga FIFA Mobile.

Semua game tersebut membutuhkan spesifikasi hp mumpuni, terutama jika ingin menikmati grafis yang lebih baik. Prosesor merupakan otak smartphone dengan fungsi mengolah semua aktivitas pada perangkat.

Oleh sebab itu, pemilihan prosesor yang tepat akan mempengaruhi kinerja hp dalam berbagai aktivitas, termasuk bermain game.

Nah, kalau kamu bingung saat membeli hp, berikut beberapa prosesor terbaik yang cocok untuk memainkan game. Spesifikasinya tinggi sehingga menawarkan performa yang lancar dan anti ngelag. Yuk simak!

Prosesor HP Terbaik untuk Game

Tips Memilih Prosesor HP untuk Main Game

Prosesor (CPU) adalah komponen penting pada smartphone yang berfungsi sebagai "otak" dari perangkat. Menjalankan seluruh instruksi sistem operasi dan aplikasi merupakan tugas utama dari prosesor.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih prosesor hp:

  • Clock prosesor (GHz) – Semakin tinggi angka GHz-nya, maka semakin cepat pula kinerja prosesor.
  • Jumlah core – Prosesor ada yang single-core, dual-core, quad-core, hingga octa-core. Semakin banyak core, maka tugas yang bisa dijalankan perangkat menjadi lebih cepat.
  • Proses manufaktur (nm) – Prosesor dibuat dengan teknologi tertentu, misalnya 10nm, 14nm, dll. Proses manufaktur yang semakin kecil dianggap lebih efisien dengan kinerja lebih kencang.
  • Cache memory – Prosesor memiliki cache memory sendiri untuk menyimpan data dan instruksi secara lokal. Semakin besar ukuran cache, semakin baik untuk kinerja prosesor.

Lantas, apa perbedaan prosesor single-core dan octa-core yang tersemat di banyak smartphone?

  • Prosesor single-core – Memiliki 1 core prosesor. Dengan kata lain, smartphone hanya bisa menjalankan 1 proses atau tugas di waktu bersamaan.
  • Prosesor octa-core – Memiliki 8 core prosesor. Artinya hp dapat menjalankan 8 proses atau tugas dalam saktu waktu sehingga kinerja multitasking dan performa jauh lebih baik.

Jadi secara umum, prosesor octa-core lebih cepat dari single-core karena dapat melakukan lebih banyak pekerjaan sekaligus. Namun, performanya juga tergantung software dan aplikasi yang dijalankan.

Jika aplikasi hanya menggunakan 1 core, octa-core tidak akan membuat performa menjadi 8 kali lipat lebih cepat, begitu juga sebaliknya.

Daftar Prosesor HP Terbaik untuk Game

Kinerja hp sangat berpengaruh pada pemilihan prosesor yang tepat, entah itu membuka aplikasi ataupun berman game berat.

Jika fokus kamu hanya di gaming, pastikan untuk memilih hp dengan prosesor mumpuni.

Kalau bingung, prosesor hp terbaik untuk game berikut bisa jadi referensi:

1. Qualcomm Snapdragon 888

Snapdragon 888 adalah prosesor dari Qualcomm yang rilis tahun 2021. Meskipun tidak termasuk “fresh”, namun prosesor ini memiliki performa yang sangat tinggi dan didukung teknologi terbaru seperti 5G dan WiFi 6E.

Selain itu, Snapdragon 888 juga dilengkapi dengan fitur Game Quick Touch dan Game Color Plus. Fitur ini dapat meningkatkan pengalaman gaming yang sempurna.

Adapun merk dan tipe hp yang tersemat Snapdragon 888 antara lain Samsung Galaxy S21 series, Xiaomi Mi 11, dan ASUS ROG Phone 5.

2. Apple A14 Bionic

Selanjutnya, ada Apple A14 Bionic yang merupakan prosesor milik iPhone 12 series.

Prosesor ini didukung dengan teknologi Neural Engine dan Machine Learning Accelerators yang dapat meningkatkan kinerja perangkat.

A14 Bionic juga dilengkapi dengan GPU yang sebelumnya hanya ada di perangkat PC. Dengan kata lain, performa grafis yang disajikan menjadi lebih baik.

Beberapa game populer yang lancar dimainkan di iPhone 12 series dengan Apple A14 Bionic-nya antara lain PUBG Mobile, CODM, hingga Fortnite Mobile.

3. MediaTek Dimensity 1200

Tak ketinggalan, Dimensity 1200 juga masuk jajaran prosesor hp terbaik untuk game. Produk dari MediaTek ini sudah didukung teknologi 5G dan Wi-Fi 6.

Selain itu, juga ada fitur gaming terbaru yakni HyperEngine 3.0.

Beberapa rekomendasi hp yang menggunakan Dimensity 1200 adalah Realme GT dan OnePlus Nord 2. Meskipun harganya lumayan mahal, tapi performa gaming sangat mengagumkan.

4. Qualcomm Snapdragon 865

Dirilis pada tahun 2020, Snapdragon 865 termasuk salah satu prosesor hp paling cepat dari Qualcomm.

Performa yang ditawarkan sangat tinggi serta meningkatkan pengalaman gaming dengan fitur Game Quick Touch dan Game Color Plus.


Beberapa hp dengan prosesor Snapdragon 865 antara lain Samsung Galaxy S20 series, OnePlus 8 series, Xiaomi Mi 10, dan masih banyak lagi. Tapi tiga merk tersebut yang paling laku di pasaran.

5. Qualcomm Snapdragon 870

Pada dasarnya, Snapdragon 870 adalah versi upgrade dari Snapdragon 865 yang rilis tahun 2021 lalu.

Tak jauh berbeda, prosesor ini juga didukung teknologi 5G dan WiFi 6 serta Game Quick Touch dan Game Color Plus.

Saat ini ada banyak hp dengan prosesor Snapdragon 870, di antaranya Xiaomi Mi 10S dan OnePlus 9R. Tapi tentunya harga jual dua smartphone tersebut lumayan mahal, sekitar Rp9 jutaan.

6. Qualcomm Snapdragon 765G

Masih dari prosesor buatan Qualcomm, Snapdragon 765G dibekali performa yang cukup tinggi di kelas mid-range.

Selain mendukung aktivitas gaming, prosesor ini juga tangguh dalam menjalankan banyak aplikasi berat.

Fitur gaming yang dihadirkan sangat lengkap, tentunya mampu meningkatkan pengalaman pengguna saat memainkan game berukuran besar.

Contoh hp dengan Snapdragon 765G adalah Google Pixel 5 dan OnePlus Nord.

7. MediaTek Helio G95

Beralih ke MediaTek, prosesor hp terbaik untuk game dari perusahaan asal Taiwan ini adalah Helio G95.

Sama seperti daftar sebelumnya, prosesor ini berada di kelas menengah atau mid-range, sehingga harga hp cukup terjangkau.

Dibekali teknologi gaming HyperEngine 1.0, kinerja perangkat dapat dioptimalkan saat bermain game. Terlebih lagi, spesifikasi lain seperti RAM, CPU, GPU dan memori sangat mendukung.

8. Exynos 2100

Berbekal teknologi Game Booster dan Game Driver, Exynos 2100 layak masuk daftar prosesor terbaik untuk main game. Ini adalah komponen resmi dari Samsung yang umum digunakan pada Galaxy S21 series.

Ketika menggunakan hp dengan prosesor Exynos 2100, kamu bebas memainkan semua game berat. Bahkan, game-game seperti Genshin Impact hingga PUBG Mobile tidak membuat kinerja perangkat menurun.

9. Apple A13 Bionic

Berbeda dari A14, prosesor Apple A13 Bionic umum digunakan pada iPhone 11 series.

Berbekal teknologi Neural Engine dan MLA, prosesor ini sangat powerful untuk memainkan game berat dan menyimpan banyak data.

Disamping itu, A13 Bionic juga dilengkapi GPU yang sangat canggih, sehingga tampilan grafis lebih jernih dan anti frame patah-patah.

Semua game bisa kamu mainkan di iPhone 11, termasuk Call of Duty: Mobile dan Fortnite.

10. MediaTek Helio G90T

Banyak yang mengatakan kalau Helio G90T termasuk salah satu prosesor hp terbaik untuk game. Pasalnya, produk buatan MediaTek ini dibekali performa brilian.

Kinerja perangkat jadi lebih maksimal berkat fitur HyperEngine 1.0.

Melihat perkembangan smartphone yang kian pesat, tak sulit menemukan hp dengan Helio G90T. Produk paling murah ada Realme 6 dan  Xiaomi Redmi Note 8 Pro.

11. Qualcomm Snapdragon 855

Sejak rilis tahun 2019 lalu, Snapdragon 855 jadi andalan produsen smartphone.

Pengalaman gaming jadi lebih baik karena prosesor ini dibekali fitur gaming seperti Game Color Plus, Game Quick Touch serta dukungan jaringan 5G.

Samsung Galaxy S10, OnePlus 7, dan Xiaomi Mi 9 adalah contoh hp Snapdragon 855. Sebenarnya masih banyak merk lain yang dibekali prosesor tipe ini, tentunya dengan spesifikasi tinggi.

12. MediaTek Helio P90

Untuk menghadirkan pengalaman gaming mengesankan, prosesor Helio P90 tersemat di beberapa hp Android terbaik, seperti Oppo Reno 2 dan Vivo V17 Pro.

Harganya juga lumayan terjangkau, apalagi keseimbangan pada RAM dan spesifikasi lain.

HyperEngine 1.0 adalah fitur yang disematkan MediaTek pada Helio P90. Ini akan membuat perangkat bekerja lebih optimal ketika memainkan game berat seperti Fortnite Mobile ataupun Genshin Impact.

13. Qualcomm Snapdragon 450

Snapdragon 450 adalah opsi terakhir dalam daftar prosesor hp terbaik untuk main game. Dibanding seniornya 855 dan 870, prosesor ini memiliki performa minim.

Keunggulannya ada pada harga smartphone yang jauh lebih murah.

Tapi secara keseluruhan, hp dengan Snapdragon 450 sudah lumayan bagus untuk memainkan game populer di Android seperti Free Fire atau FIFA Mobile.

Terlebih bekal teknologi Game Quick Touch dan Game Color Plus.

Beberapa hp dengan Snapdragon 450 di antaranya Xiaomi Redmi 5 Plus (Rp899.000) dan Samsung Galaxy J7 Prime (Rp999.000).

Akhir Kata

Tidak harus merogoh kocek dalam-dalam, saat ini banyak produsen menawarkan smartphone spesifikasi tinggi dengan harga terjangkau. Bahkan, ada hp RAM 6GB dan prosesor 765G yang harganya sekitar 2 jutaan.

Jadi itulah ulasan lengkap tentang rekomendasi prosesor hp terbaik untuk game. Oh iya, pastikan juga kamu memperhatikan spesifikasi lain seperti RAM dan GPU untuk menikmati performa yang lebih optimal.