11 Aplikasi Browser Android Tercepat dan Ringan Anti-Blokir

Aplikasi Browser Android

Aplikasi Browser Android
– Dengan fitur yang begitu kompleks membuat beberapa browser populer seperti Chrome, Edge, UC Browser dan Firefox mengkonsumsi lebih banyak ruang penyimpanan, kuota, dan performa perangkat.

Hal ini sebenarnya tidak terlalu bermasalah ketika hp Android yang digunakan berspesifikasi kelas atas. Namun beda halnya dengan hp dengan spesifikasi minim. Pastinya akan bermasalah karena lemot saat digunakan.

Namun, bagi kamu yang menggunakan hp spesifikasi kentang, tidak perlu merasa khawatir karena ada banyak aplikasi browser Android tercepat dan ringan yang tersedia di Google Play Store.

Browser ringan tersebut tidak membebani performa, penyimpanan dan kuota sehingga sangat ramah digunakan. Berikut Normanardik.com infokan beberapa rekomendasinya.

Daftar Aplikasi Browser Android Terbaik

Hampir semua hp Android dibekali Chrome sebagai browser bawaan. Namun, untuk memberikan pilihan kepada pengguna, kita bisa download browser lain di Playstore. Tentunya dengan fitur yang lebih beragam.

Nah, di bawah ini ada beberapa aplikasi browser terbaik di Android yang cepat dan ringan. Yuk simak daftar-daftarnya.

1. Via Browser

Via Browser setidaknya memiliki lebih dari 10 juta unduhan, Ini merupakan browser paling sederhana, ringan dan menggunakan sedikit kapasitas penyimpanan. Ukuran download-nya bahkan hanya 1,54MB.

Selain sangat ringan, Via Browser juga termasuk browser senyap karena tidak menampilkan berbagai notifikasi ke hp penggunanya. Keunggulan utama browser ini ada pada tampilan yang sangat simpel. 

Disamping itu, Via Browser juga disertai dengan berbagai macam fitur seperti AdBlocker, QR Code Scanner, Mode Incognito, Night Mode dan berbagai fitur lainnya.

2. XBrowser

Aplikasi broswer Android Berikutnya ada XBrowser yang juga memiliki jumlah unduhan setara dengan Via Browser, yakni 10 juta unduhan lebih. Salah satu fitur utamanya adalah User Interface yang sangat responsif dan sederhana.

Selain itu, fitur lain yang juga dimiliki Xbrowser di antaranya pemblokir iklan, mode gelap, penerjemah, hingga tombol navigasi untuk akses situs cepat yang bisa dikustomisasi.

Fitur keren lain yang juga menyertainya adalah kemampuan untuk mengubah user-agent atau UA ke iPhone, iPad, Desktop atau Android. Saat di-instal, XBrowser hanya menggunakan kapasitas penyimpanan sebesar 2,9MB.

3. Brave Private

Brave Private juga menjadi salah satu aplikasi browser Android tercepat yang sangat populer. Jumlah unduhannya mencapai 100 juta dan sudah ada 1 juta ulasan. Ukurannya juga tak terlalu besar, hanya sekitar 94MB.

Dikembangkan oleh Brave Software, browser satu ini menghadirkan banyak fitur unggulan. Pertama, Firewall + VPN yang memungkinkan pengguna mengakses situr diblokir. Kedua, Brave Search untuk menelusuri situs secara private.

Selain itu, Brave Broswer juga dilengkapi Brave Wallet yang berfungsi sebagai dompet kripto yang aman. Kalau kamu sering membuka situs “terlarang”, browser satu ini wajib terinstal di Android kamu.

4. Firefox Browser

Salah satu aplikasi browser terbaik untuk download video adalah Firefox. Pengguna hp Android dengan spesifikasi minim cocok menggunakan browser dari Mozilla ini. Apalagi, ukurannya sangat ringan.

Firefox memang menjadi browser yang terkenal dengan teknologi Quantum-nya yang memadukan fungsi browsing terbaik disertai dengan tampilan antarmuka intuitif.


Browser yang satu ini dihadirkan khusus dengan fitur untuk menghemat penggunaan data. Browser ini hanya memiliki ukuran 10MB. Selain itu, ada opsi untuk memblokir situs tertentu dan fitur screenshot untuk penelusuran offline.

5. UC Browser

Berikutnya ada UC Browser yang dianggap aplikasi browser terbaik dan tercepat. Saat ini sudah ada lebih dari 1 miliar unduhan. UC jadi salah satu browser paling populer dengan miliaran unduhan di Google Play.

Browser ini juga menjadi versi ringan karena ukurannya hanya 30MB saja. Namun, dengan size tersebut kamu tetap bisa mendapatkan performa cepat serta fitur yang lengkap, seperti Data Saving, Ad-Blocker dan banyak lagi.

Fitur dan fungsi yang dihadirkan pada UC Browser ini pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan aplikasi browser Android lain. Perbedaannya hanya pada performa yang jauh lebih baik dan tampilan simpel.

6. Opera Mini

Opera Mini juga menjadi salah satu aplikasi browser Android ringan yang cukup populer. Opera Mini dihadirkan platform Java ME sebagai versi ringan dari Opera biasa. Ada banyak fitur unggulan yang memudahkan pengguna saat mau browsing.

Salah satunya, setiap situs atau halaman web yang diakses akan melalui server proxy Opera terlebih dahulu. Tujuannya untuk proses kompres, sehingga kecepatan akses jadi lebih cepat 2 sampai 3 kali dari biasanya.

7. DuckDuckGo

Selanjutnya ada DuckDuckGo yang mengklaim melindungi privasi pengguna ketika menjelajahi situs atau informasi. Dengan ukuran hanya 24MB, kamu bisa menggunakan browser ini di hp Android spek kentang.

Fitur yang dihadirkan antara lain private search, blokir pelacak situs/aplikasi, VPN bawaan untuk mengakses situs yang diblokir, hingga enkripsi otomatis.

8. UPX

Diunduh lebih dari 1 juta kali, UPX layak dicoba kalau kamu mencari aplikasi browser Android. Browser ini menggunakan teknologi canggih untuk menelusuri ragam situs dengan cepat dan tidak mempengaruhi performa perangkat.

Beberapa fitur unggulan UPX adalah anti-blokir firewall/situs, privasi aman, mode aman, koneksi anonim, browsing cepat, hingga VPN bawaan dengan fitur premium.

9. Phoenix Browser

Phoenix Browser adalah browser gratis yang cocok untuk semua hp Android. Dengan fitur unggulan pendunduhan video, kamu bebas mengakses konten secara private. Tidak perlu VPN tambahan, Phoenix juga dibekali fitur anti-blokir.

Disamping itu, bagi kamu yang tak ingin boros kuota, Phoenix Browser juga dilengkapi fitur “Penghematan Data”. Sistemnya mengompresi data dan mempercepat navigasi sehingga mengurangi beban data seluler.

10. Yandex Browser

Yandex masuk jajaran aplikasi browser terbaik di Android yang paling dicari pengguna. Selain menawarkan fitur lengkap, browser ini juga bisa mengakses semua situs yang diblokir pemerintah tanpa harus mengaktifkan VPN.

Selain itu, keamanannya juga sudah terjamin. Jadi, kamu tak perlu khawatir data pribadi disalahgunakan. Hingga saat ini, Yandex Browser memiliki unduhan lebih dari 100 juta kali dengan 2 juta ulasan di Google Play.

11. Google GO

Terakhir, Google GO layak dianggap sebagai aplikasi browser terbaik Android. Sedikit informasi, ini bukanlah browser versi ringan dari Chrome. Melainkan salah satu bagian dari aplikasi GO yang dihadirkan oleh Google.

Browser ini memang secara khusus dikembangkan sebagai pelengkap perangkat low-end yang memiliki spesifikasi terbatas. Saat ini, Google Go sudah diunduh sekitar 1 miliar kali.

Google GO dianggap lebih ringan dan cepat untuk melakukan browsing melalui Google dengan mengoptimalkan hasil pencarian sehingga bisa menghemat data hingga 40 persen.

Akhir Kata

Meskipun sebagian besar pengguna smartphone menelusuri situs atau informasi pakai Chrome, namun kehadiran browser lain bisa jadi opsi untuk mengetahui mana yang paling bagus dari segi tampilan maupun fitur.

Nah, itulah deretan aplikasi browser Android tercepat dan ringan anti-blokir. Dengan rekomendasi di atas, kamu bebas membuka situs yang diblokir pemerintah. Ukuran app-nya juga ringan, sehingga tidak membebani penyimpanan.