CV Maker dengan AI: Pengertian dan Cara Kerjanya

CV Maker dengan AI

Sudah tahun 2023 tapi CV belum ada yang lolos masuk ke HRD? Saatnya kamu memakai fitur CV maker dengan AI. Kamu pasti masih bertanya-tanya kan apa itu AI? Baca artikel ini sampai selesai agar semakin tercerahkan.

AI (Artificial Intelligence) merupakan kecerdasan buatan dari sistem komputer yang telah diprogram untuk membuat keputusan berdasarkan data yang dikembangkan dengan algoritma menyerupai otak manusia.

AI ini sangat pesat sekali perkembangannya, contoh yang bisa kita rasakan dari perkembangan AI ini adalah mesin pencarian Google, Google Map, Google Translate, mobil tanpa mengemudi, hingga chatGPT yang lagi viral sekarang.

Manfaat AI untuk Pembuatan CV

Nah, mungkin sekarang kamu juga mulai bertanya-tanya, apa manfaat AI untuk CV? Kini rekrutmen telah memanfaat kecanggihan AI untuk membantu memproses data pelamar.

Cara yang dilakukan adalah memanfaatkan algoritma komputer melalui auto screening CV. Ini berdasarkan keterampilan, pengalaman kerja, serta menyaring semua persyaratan pekejaan yang dibutuhkan oleh rekutmen.

Hal ini sangat memudahkan HRD dalam menyaring CV yang masuk. Dengan begitu, mengecek ratusan bahkan ribuan jadi lebih efisien dan mendapatkan calon-calon kandidat yang dibutuhkan.

Software berbasis teknologi AI ini akan menyaring dan mempelajari data pelamar serta memberikan penilaian kepada orang-orang berdasarkan data-data di CV yang dikirimkan.

Kemudian AI akan memilih kandidat terkuat sesuai dengan nilai yang tercantum setelah seleksi berdasarkan peringkat sehingga rekrutmen akan mudah memilih calon-calon yang sesuai dengan apa yang mereka cari. 

Cara Kerja CV Maker dengan Sistem AI

Pembuatan CV ini menjadi sangat penting dan tidak boleh diabaikan karena jadi faktor penentu apakah kamu lolos ketahap berikutnya atau tidak. Jadi, sebelum mengirimkan CV ke HRD, kamu harus memastikan bahwa CV kamu sudah lolos sistem AI.

Caranya bagaimana? Kini karir.ai menyediakan fitur canggih CV Maker AI sehingga kamu bisa dengan mudah membuat CV agar lolos dari proses screening AI.

Karir.ai akan membantu kamu mengoptimasi CV untuk pekerjaan yang diinginkan dengan memberikan kata kunci pengalaman dan keterampilan penting yang paling dicari oleh rekrutmen dan pemberi kerja.

Cara kerja karir.ai 100% kompatibel dengan mengandalkan teknologi Applicant Tracking System (ATS).

Berikut 3 langkah mudah yang dapat kamu lakukan ketika membuat CV di karir.ai : 

1. Buat Smart CV

Buat CV kamu dengan mudah langsung dari HP , PC atau laptop. Bahkan, kamu bisa membuat dan kelola beberapa versi CV sekaligus untuk berbagai kebutuhan.

2. Tambah Pekerjaan

Masukan informasi lowongan dan detail pekerjaan idaman kamu. Nantinya, sistem di karir.ai akan menganalisa hal tersebut lebih lanjut. Sangat efisien dan menghemat waktu!

3. Lihat Nilai & Optimasi

Lihat apa yang sudah baik dan apa yang perlu diperbaiki dari CV kamu. Tujuannya tentu agar meningkatkan kesempatan dipanggil interview dari CV yang telah disebar ke beberapa perusahaan.

Karir.ai akan menganalisa CV yang kamu buat dan lowongan pekerjaan yang kamu inginkan. Kemudian akan membantu dalam menemukan preferensi dan kebutuhan tersembunyi yang sedang dicari rekrutmen.

Karir.ai juga akan memberikan saran-saran untuk meningkatkan nilai CV kamu agar bisa lolos screening AI sehingga kesempatan dipanggi interview akan semakin besar.

Jadi, tunggu apalagi? Segera gunakan fitur CV maker dari Karir.AI dan rasakan keajaibannya. CV-mu tidak akan lagi berakhir tragis dan kamu akan segera mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. 

Persaingan di dunia kerja tahun ini semakin ketat, maka jangan lewatkan kesempatan emas untuk menjadi yang terdepan.

Tidak hanya mendapat respon dari HRD,  kamu juga akan mendapatkan posisi yang sesuai dengan skill dan bakat sehingga kamu akan semakin menikmati pekerjaan yang telah didapat.

Akhir Kata

Ada banyak sekali manfaat menggunakan platform karir.ai untuk membuat CV (Curriculum Vitae). Bukan hanya sekedar mudah, berkat teknologi Artificial Intelligence, hasil CV dapat disesuaikan dengan standar yang sedang berlaku.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui perihal CV Maker dengan AI. Pahami pengertian dan cara membuatnya agar kamu tidak bingung saat mencoba fitur yang tersaji.