Shopee Tidak Bisa Checkout atau Gagal Buat Pesanan, Ini Penyebabnya!

Shopee Tidak Bisa Checkout – Pernah buat pesanan di Shopee tapi gagal karena beberapa alasan? Biasanya, masalah ini disebabkan metode pembayaran yang tidak sesuai atau ada kendala pada akun.

Seperti yang kita tahu, Shopee termasuk e-commerce terbaik bersanding dengan Tokopedia. Setiap harinya ada ratusan atau bahkan ribuan pesanan dari pengguna yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Meskipun layanan dan sistemnya sudah bagus, tak jarang pengguna gagal membuat pesanan. Nah, untuk itu kali ini Normanardik akan jelaskan beberapa penyebab beserta cara mengatasi gagal checkout Shopee. Simak, ya!

Shopee Tidak Bisa Checkout

Penyebab Shopee Tidak Bisa Checkout

Berbelanja online seakan jadi hal lumrah di era digital. Tak peduli jarak dan harga, barang yang kita ingin tinggal dimasukkan ke keranjang, lalu checkout dan bayar pakai metode pembayaran digital, seperti e-wallet atau Virtual Account.

Meskipun terlihat mudah, tak jarang ada masalah yang cukup menjengkelkan. Shopee gagal checkout atau tidak bisa membuat pesanan jadi problema yang pernah dialami sebagian besar pengguna.

Sebelum menjelaskan solusi cara mengatasi Shopee tidak bisa checkout, Normanardik akan bahas dulu beberapa penyebab agar masalah ini bisa diatasi dengan mudah.

1. Metode Pembayaran Salah

Di Shopee kita bisa bayar dengan beberapa metode, ada via Shopeepay, transfer bank, atau Paylater. Kalau kamu ingin bayar pakai Shopeepay, pastikan saldo mencukupi sesuai nominal yang tertera di menu Checkout.

Apabila saldo kurang dan tidak ada pilihan metode lain, misal belum aktifkan Paylater, maka pesanan akan gagal atau tidak bisa checkout.

Solusi: pilih metode pembayaran yang benar, atau isi saldo Shopeepay

2. Berat Barang Berlebih

Alasan Shopee tidak bisa checkout juga bisa disebabkan berat barang pesanan melebihi limit dari ekspedisi. Sebagai contoh, kamu beli barbel 50 kg atau kursi gaming, tapi jasa kirimnya pakai Gojek atau Reguler.

Kalau seperti ini sudah jelas sistem akan langsung menolak pesanan. Lantas, apa solusinya? Untuk pemesanan barang berat atau dimensinya besar harus menggunakan Kargo, bisa dari JNE atau opsi yang tersedia di aplikasi.

Solusi: Sesuaikan jasa kirim dengan berat barang, kalau melebihi limit pakai Kargo

3. Data Akun Belum Lengkap

Beberapa pengguna juga mendapatkan notifikasi “lengkapi nomor handphone” ketika hendak membuat pesanan. Problema ini juga termasuk salah satu penyebab tidak bisa checkout Shopee, terlebih untuk pengguna baru.


Jadi kalau kamu menemukan notifikasi seperti ini, langkah pertama lengkapi dulu data akun. Bukan hanya nomor hp, tapi juga alamat penerima agar memudahkan jasa kirim mengantar pesanan.

Solusi: lengkapi informasi akun, terutama nomor handphone dan alamat pengiriman

4. Voucher Tidak Valid (D07)

Selanjutnya penyebab Shopee gagal checkout adalah penggunaan voucher yang keliru. Ini ditandaidengan gagal D07 setelah klik tombol “Buat Pesanan”.

Untuk alasan yang satu ini, pastikan voucher/kode promo yang dipakai masih tersedia dan memenuhi kriteria. Jangan gunakan voucher kadaluarsa atau yang sudah pernah digunakan untuk pesanan sebelumnya.

Solusi: gunakan voucher/kode promo yang masih berlaku

5. Masalah Pada Alamat Pengiriman

Meskipun jangkaun Shopee mencangkup seluruh wilayah Indonesia, namun masih ada daerah yang tidak terjangkau oleh pihak jasa kirim.

Oleh sebab itu, ketika checkout, muncul notifikasi yang isinya alamat pengiriman di luar jangkauan.

Untuk mengatasi Shopee tidak bisa checkout dalam kasus ini, solusi terbaik memilih layanan ekspedisi lain yang coverage area-nya lebih luas.

6. Beda Produk untuk Satu Jasa Kirim

Checkout Shopee gagal kemungkinan karena kamu membeli produk berbeda untuk satu layanan jasa kirim.

Pasalnya, tak menutup kemungkinan Anteraja, Shopee Express, maupun ekspedisi lain tidak tersedia untuk semua toko/produk. 

Jadi agar checkout tidak gagal, sebaiknya kamu memilih produk dan jasa kirim yang sama. Misalnya beli baju pakai ekspedisi SiCepat, beli celana di toko berbeda juga harus pakai SiCepat.

7. Melebihi Batas Checkout

Tidak bisa buat pesanan Shopee juga disebabkan karena jumlah produk melebih limit. Pengguna hanya bisa memesan maksimal 50 jenis produk dalam satu waktu.

Produk dalam jumlah banyak sebaiknya dipisah jadi beberapa kali checkout.

Meskipun kemudahan transaksi ada di depan mata, sebaiknya jangan terlalu berlebihan. Sifat konsumtif harus ditahan, apalagi kabarnya di 2023 akan ada resesi atau dunia memasuki tahun gelap.

8. Pembatasan Akun (F01)


Terakhir, tidak bisa buat pesanan Shopee bisa disebabkan karena masalah akun yang ditandai dengan munculnya notifikasi gagal F01.

Kalau sudah seperti ini, pesanan, pembayaran, maupun aktivitas lain tidak bisa dilakukan.

Pembatasan akun Shopee biasanya disebabkan karena pengguna melanggar syarat dan ketentuan aplikasi. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengajukan banding dan akun dipulihkan bisa terbukti tak bersalah.

Selain 8 penyebab di atas, alasan kenapa Shopee tidak bisa checkout juga tak telepas dari masalah pada jaringan.

Semua aplikasi yang bersifat online hanya bisa bekerja jika memiliki koneksi internet yang bagus.

Oleh karena itu, sebelum membuat pesanan Shopee, pastikan hp kamu menggunakan provider terbaik yang jaringannya selalu lancar.

Kalau dirasa ada kendala, sebelum checkout tunggu dulu hingga internet normal.

Kesimpulan

Hadirnya e-commerce tentu sangat positif dan memberi kemudahan bagi masyarakat. Bermodalkan ponsel, kita tak perlu ribet keluar rumah untuk membeli sesuatu. Selain itu, ada juga pelaku usaha yang terbantu dalam memasarkan produk.

Melalui ulasan cara mengatasi Shopee tidak bisa checkout di atas, kamu tak perlu khawatir lagi jika terjadi kendala dalam proses pemesanan. Paling penting pastikan metode pembayaran sesuai agar bisa sat-set-sat-set!