13 Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu 3 Tidak Bisa Internetan 2021

Kartu 3 Tidak Bisa Internetan

Kartu 3 Tidak Bisa Internetan
– Saat ini ada banyak sekali provider yang memberikan harga murah untuk paket internet, salah satunya 3 atau Tri. Provider yang berpusat di Hongkong ini menjadi primadona di kalangan masyarakat kelas menengah ke bawah.

Pasalnya, selain harga paket yang terjangkau, untuk menelepon dan sms pun Tri memberikan harga terbaik yang jauh lebih murah dibandingkan pesaingnya seperti Axis maupun Indosat.

Namun, di balik keunggulannya, kartu 3 punya kekurangan pada jaringan yang berlum merata di seluruh Indonesia. Tak jarang hal ini menyebabkan kartu 3 tidak bisa internetan meskipun data seluler aktif dan kuota masih banyak.

Terlebih, jika kondisi cuaca sedang hujan deras. Sinyal yang sebelumnya penuh, bisa tiba-tiba jadi 1 batang bahkan kosong.

Nah, pada artikel ini saya akan menjelaskan penyebab serta cara mengatasi kartu 3 tidak bisa internetan padahal kuota masih ada.

Penyebab Kartu 3 Tidak Bisa Internetan

Sebelum membahas caranya, kita harus tahu dulu apa penyebab kartu 3 tidak bisa internet sehingga proses perbaikan berjalan lancar. Beberapa penyebab umum yang sering dialami pengguna Tri ketika tidak dapat mengakses internet adalah sebagai berikut.

1. Sinyal Lemah

Yang pertama tentunya sinyal. Koneksi tidak terhubung dapat disebabkan oleh sinyal yang lemah. Jika sudah seperti ini, dapat dipastikan Anda tidak dapat terkoneksi dengan internet. Kalaupun bisa, jaringannya pasti lemot.

Pada beberapa wilayah, khususnya di pelosok desa, jaringan Tri memang tidak begitu kuat. Jadi, kalau Anda termasuk pengguna baru Tri dan merasa sinyalnya selalu lemah, silahkan ganti ke provider lain, karena cara apapun yang dicoba sudah pasti tidak akan berhasil.

2. Paket Internet Bermasalah

Penyebab kartu Tri tidak connect selanjutnya adalah karena paket yang bermasalah. Bisa karena kuota habis atau masa aktif paket internet yang telah berakhir.

a. Kuota Internet Habis

Memang, karena keasyikan browsing sana sini, buka Facebook, Instagram, nonton Youtube hingga berjam-jam, kita tak sadar kalau kuota terus terkuras. Terlebih, tidak ada pemberitahuan melalui sms kalau kuota telah habis.

Pada suatu waktu, saya mencoba membuka situs www.normanardik.com, tak berapa lama kemudian halaman dialihkan ke website Tri yang berisi pesan untuk melakukan pembelian kuota internet.

Nah, jika Anda juga sering mengalaminya, sebaiknya atur batas pemakaian internet di menu Pengaturan agar aktivitas browsing dapat terkontrol. Di samping itu, lakukan pengecekan paket data secara berkala di aplikasi Bima+ atau melalui *123*2*3#.

b. Masa Aktif Paket Internet Habis

Kartu 3 menghadirkan ragam kuota internet mulai dari yang reguler hingga kuota malam yang aktif mulai pukul 01.00 – 09.00 pagi. Selain itu, ada juga kuota SUMO yang masa aktifnya hanya 1 hari saja, dengan pembagian setengah 3G dan setengah lagi 4G.

Jika tidak dapat mengakses internet, meskipun Anda merasa baru beli paket, bisa jadi karena masa aktif telah berakhir, atau Anda hanya memiliki kuota malam saja.

3. Sim Card Kadaluarsa

Berbeda dari operator lain, kartu Tri memberikan layanan yang mana bila masa aktif habis, sisa kuota sebelumnya tidak akan hangus.

Namun, tentunya koneksi internet tidak dapat terhubung. Solusinya Anda tinggal mengisi pulsa Rp5 ribu untuk mengaktifkan kartunya kembali. Dengan cara ini masalah kartu 3 tidak bisa internet di Android akan langsung terselesaikan.

Cara Mengatasi Kartu 3 Tidak Bisa Internetan Terbaru

Yang akan dijelaskan di sini adalah mengatasi sinyal penuh tapi tidak bisa connect di kartu Tri. Tapi tak menutup kemungkinan di XL, Axis, maupun Indosat juga dapat diaplikasikan. Untuk cara mengatasinya, silahkan simak beberapa panduan berikut.

1. Ganti Access Point Name (APN)

Untuk mengatasi internet kartu Tri tidak terhubung, salah satu caranya bisa dengan mengganti atau mengembalikan pengaturan Access Point Name ke tampilan awal atau default. APN merupakan gerbang penghubung antara layanan internet dan sim card.

Jadi, sebelum koneksi terhubung, APN harus dikonfigurasikan sesuai dengan pengaturan yang berlaku di masing-masing operator. Jika terjadi kesalahan, maka koneksi internet bisa kurang stabil atau bahkan tidak terhubung sama sekali.

Langkah-langkah mengganti Access Point Name (APN) sebagai berikut:

  1. Buka Pengaturan
  2. Lalu pilih menu Jaringan Seluler, tap SIM Card
  3. Selanjutnya pilih nama titik akses 3 Data
  4. Tap titik tiga di bagian pojok kanan atas, pilih Default

Jika ingin membuat APN Tri baru, isi kolom yang tersedia dengan:

Profile name: sesuai keinginan
APN: 3data
Username: 3data
Password: 3data

2. Aktifkan dan Nonaktifkan Mode Penerbangan

Penyelesaian selanjutnya adalah dengan mengaktifkan mode penerbangan selama 1 menit, kemudian nonaktifkan kembali. Pada beberapa kasus, cara ini cukup manjur untuk mengatasi kartu 3 tidak bisa internetan.

Sesuai namanya, mode penerbangan biasa digunakan jika pengguna sedang berada di dalam pesawat. Mode ini berfungsi sebagai pemutus semua koneksi yang ada pada smartphone, termasuk telepon dan sms.


Dengan mengaktifkan lalu menonaktifkannya kembali akan membuat jaringan menjadi lebih kuat. Sehingga masalah kartu Tri tidak bisa connect ke internet dapat teratasi.

3. Ganti Jaringan Jadi 3G/4G Only

Cara mengatasi kartu 3 tidak bisa internet padahal data aktif selanjutnya bisa dengan mengganti jaringan jadi 3G atau 4G only. Pasanya, smartphone akan fokus menangkap sinyal yang dianggap lebih kuat.

Kalau saat ini Anda menggunakan 4G, coba ganti jadi 3G, begitupun juga sebaliknya. Silahkan buka Pengaturan, lalu Penggunaan Data, Jaringan Seluler, kemudian pilih 3G Only atau 4G Only. Sesuaikan langkah-langkahnya dengan smartphone Anda.

4. Lakukan Restart

Jika Anda mengalami data seluler kartu 3 tidak muncul padahal sudah diaktifkan, solusinya bisa dengan melakukan restart pada smartphone. Cara ini akan membuat kinerja jaringan lebih baik serta menghapus sistem yang bermasalah ketika akan terhubung ke layanan.

Ketika sudah nyala kembali, sebaiknya diamkan dulu hp Anda selama beberapa menit dengan kondisi data seluler nonaktif. Ini dimaksudkan agar perangkat dapat beristirahan setelah lama digunakan.

5. Memeriksa Jam dan Tanggal di Smartphone

Jika data seluler aktif tapi tidak bisa internetan, solusi berikutnya bisa memeriksa jam dan tanggal di smartphone. Karen biasanya, tanpa sadar pengaturan bisa berubah dengan sendirinya. Saya juga sempat mengikuti cara ini dan terbukti berhasil.

6. Update Jaringan

Ketika kuota Tri masih ada tapi tidak bisa internetan, ada kemungkinan jaringan sudah usang. Selain itu, melewati daerah yang belum mendukung jaringan Tri juga jadi penyebabnya. Perbarui jaringan termasuk cara terbaik untuk mengatasi masalah ini.

Solusinya bisa dengan membuka menu Setting – Penggunaan Data – klik titik tiga – Pengaturan Jaringan – Operator Jaringan – telusuri jaringan yang tersedia. Terakhr pilih jaringan sesuai nama operator masing-masing.

7. Periksa Kondisi SIM Card

Kalau Anda sudah menggunakan Tri sejak lama, coba cek kondisi kartu. Besar kemungkinan ada kerusakan, entah patah atau tergores. Hal ini bisa terjadi karena kepanasan atau kartu sering copot pasang.

Kalau memang kondisinya sudah rusak, coba datangi gerai terdekat dan minta kartu SIM yang baru. Jangan khawatir, karena nomor lama tidak diganti.

8. Matikan Data Ketika Jaringan Error

Sebagai pengguna Tri lama, biasanya di jam-jam tertentu jaringan sering mengalami gangguan. Meskipun sinyal penuh dan kuota internet masih banyak, tetap saja kalau memasuki siklus ini internet tidak bisa diakses, bahkan membuka free.facebook.com pun error.

Metode yang saya lakukan saat itu adalah mematikan jaringan selama beberapa menit. Setelah itu aktifkan kembali. Jika masih error juga, coba ulangi lagi hingga jaringan normal.

Tapi, tanyakan dulu teman atau keluarga yang sama-sama menggunakan Tri. Karena biasanya, masalah kartu Tri tidak bisa internet padahal data aktif terjadi di wilayah tertentu saja.

9. Mengganti Kartu Tri Baru

Mengganti kartu baru bisa jadi solusi untuk mengatasi internet yang error atau tidak bisa diakses. Seperti yang kita tahu, sebagian besar kartu Tri lama belum mendukung jaringan 4G LTE. Sehingga jaringan akan otomatis terputus ketika mengakses internet.

Kalau ingin mengganti kartu tanpa mengubah nomor lama, sebaiknya datangi Tri Care Center terdekat untuk meminta kartu baru. Biasanya ini tidak membutuhkan biaya apapun.

10. Hubungi CS Tri via Twitter

Cara terakhir untuk mengatasi kartu Tri tidak bisa internet padahal data seluler aktif adalah menghubungi CS Tri via Twitter. Kenapa? Karena biasanya, respon mereka lebih cepat, bahkan tengah malam pun akan dibalas.

Sampaikan permasalahan yang Anda alami dan berikan informasi lengkap seperti nomor hp, lokasi, dan kapan pertama kali gangguan terjadi. Setelah itu, teknisi Tri akan memperbaiki masalah tersebut dan menginformasikan kepada Anda.

Kesimpulan

Seharusnya kalau 10 metode di atas dilakukan dengan benar, masalah jaringan kartu Tri dapat terselesaikan. Namun, kalau tidak ada perubahan, silahkan hubungi CS Tri di 089644000123 dan email 3Care@three.co.id.

Itulah beberapa cara mengatasi kartu 3 tidak bisa internetan padahal data seluler aktif. Jika ada yang kurang jelas, silahkan tulis masalah Anda di kolom komentar. Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel