Cara Ganti Password Gmail dengan Mudah, Hitungan Detik Kelar!

Cara Ganti Password Gmail

Cara Ganti Password Gmail
– Di era serba digital saat ini, semua yang berhubungan dengan akun harus memiliki email. Gmail adalah satu-satunya layanan email yang digunakan sebagian besar masyarakat Indonesia.

Kalau dulu sih ada Yahoo Mail dan Hotmail. Tapi seiring berjalannya waktu, hanya Gmail yang mampu bertahan hingga sekarang. Selain karena milik Google, fitur dan layanannya juga sangat membantu.

Disamping itu, Gmail juga memawarkan keamanan data pengguna. Sehingga akun tetap aman dan terhindar dari pencurian data maupun peretasan.

Meskipun terjamin keamanannya, kalian tetap harus rutin ganti password Gmail sesuai anjuran Kominfo. Apalagi setelah login ke aplikasi maupun situs.

Nah, bagi yang masih bingung cara ganti password Gmail, kali ini admin akan jelaskan secara lengkap langkah-langkahnya. Pastikan jangan sampai terlewat poin-poin di bawah ini, ya!

Alasan Kenapa Harus Rutin Ganti Password Gmail

Ketika Gmail digunakan untuk login banyak akun, sudah seharusnya kita mengganti password-nya bila ada aktivitas mencurigakan. Apalagi bagi kamu yang sering login situs atau aplikasi ilegal, ini cukup berbahaya.

Pasalnya, bisa saja situs atau aplikasi tersebut hanyalah “gimmick”, tujuan utamanya menjaring orang awam untuk diambil data akun Gmail. Bahkan yang lebih parah, menguras saldo di mBanking atau e-wallet.

Untuk menghindari hal tersebut, mengganti password Gmail adalah pilihan tepat. Di bawah ini admin jelaskan alasan beberapa orang mengganti password akun mereka.

1. Himbauan Kominfo

Seperti yang kita tahu, sejak serangan Bjorka viral, Kominfo menghimbau masyarakat untuk rutin mengganti password. Mereka beralasan agar akun tetap aman dan terhindar dari serangan hacker.

Ya kalau kamu mau ikut saran Kominfo nggak salah sih. Tapi yang harus diperhatikan adalah mengingatnya. Jangan sampai lupa karena sering gonta-ganti password.

2. Menghindari Akun di-Hack

Selanjutnya, alasan mengubah password Gmail untuk menghindari akun diretas. Hal ini berlaku untuk kamu yang masih menggunakan tanggal lahir sebagai password. Selain itu, juga berlaku untuk yang kekuatan password-nya rendah.

Sebagai contoh, kombinasi nama dan angka normanardik69. Kalau kamu masih menerapkan kata sandi seperti ini, sebaiknya segera diganti karena begitu rentan terhadap penyusupan.

3. Ada Aktivitas Mencurigakan

Pernah nggak sih dapat notifikasi ada aktivitas mencurigakan di akun Gmail? Untungnya, saat ini keamanan Google sudah makin canggih, mereka akan mengirimkan notifikasi untuk segera verifikasi dan ganti password.

Sesaat setelah notifikasi muncul, sebaiknya kamu langsung bergeras ganti password Gmail. Karena kalau dibiarkan, bisa-bisa akun kamu berpindah tangan dan sulit kembali.

4. Password Diketahui Orang Lain

Admin rasa beberapa di antara kita pernah saling tukar hp dengan pasangan. Kalau kamu termasuk salah satunya, sebaiknya langsung ganti password. Karena kalau kalian putus secara tidak baik, ditakutkan data kamu diretas.

Terlebih bagi yang menggunakan satu akun Gmail untuk semua sosial media maupun login game. Bisa-bisa akun PUBG Mobile kamu hilang karena password-nya diubah.

Di atas adalah beberapa alasan orang mengganti password Gmail. Tapi sebelum itu, pastikan kamu mengingatnya. Kalau bisa catat di file hp/laptop atau notebook khusus agar tidak lupa ketika ingin login.

Cara Ganti Password Gmail di HP

Sebenarnya cara ganti password Gmail sangatlah mudah, kamu tidak perlu laptop atua PC. Cukup gunakan aplikasi Google di smartphone. Nanti, kalau sudah tahu caranya, pasti kamu bakal bilang, “WAAAHH MUDAH BANGET!”.

Oke tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak panduan cara mengganti password Gmail lewat hp di bawah ini:

  • Pertama buka aplikasi Google lewat hp kalian
  • Klik lingkaran di bagian kanan atas (yang ada gambar akun)

  • Kemudian klik “Kelola Akun Google Anda”

  • Scroll menu ke kiri, dan pilih “Keamanan”

  • Pada bagian Login ke Google, klik “Sandi”

  • Masukkan password Gmail lama, dan klik “Berikutnya”

  • Setelah itu masukkan password baru, jangan lupa konfirmasi
  • Jika sudah, klik Ubah Sandi

  • Terakhir akan muncul laman “Sandi berhasil diubah”

Sampai tahap ini cara ganti password Gmail sudah selesai. Tapi kalau ingin meningkatkan keamanan akun, klik tombol “Mulai” di halaman sebelumnya dan tambahkan nomor hp dan email pemulihan.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan akun lebih lanjut. Jadi jika ada aktivitas mencurigakan, kamu akan mendapat notifikasi dan bisa segera memverifikasi.

Oh iya, untuk bagian email pemulihan, sebaiknya gunakan email berbeda yang terhubung ke hp kalian. Karena ini cukup membantu ketika ada notifikasi perihal keamanan akun Gmail.

Kombinasi Password Paling Aman untuk Akun Gmail

Apabila kalian ingin ganti password Gmail, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Saat ini banyak kejahatan digital yang sangat merugikan. Jangan sampai membuat password asal-asalan, apalagi kombinasi tanggal dan tahun lahir.

Seperti halnya PIN mBanking, kata sandi Gmail hanya boleh diketahui oleh kita. Sehingga membuat password dengan kombinasi rumit sangat dibutuhkan.

Terlebih Google sendiri menyarankan kombinasi angka, huruf besar, dan tanda baca untuk password. Tujuannya jelas, agar tidak mudah diketahui oleh orang lain dan pelaku cyber crime.

Nah, untuk menghindari itu semua dan meningkatkan kekuatan password, berikut kombinasi untuk mengamankan akun Gmail kamu.

Diawali dengan Angka – Untuk awalan password, sebaiknya kamu gunakan angka, bebas bisa 1,2,3,4,5, atau 0. Pasalnya, dalam dunia keamanan cyber, sandi yang diawali angka lebih susah diretas.

Gunakan Tanda Baca – Maksud dari tanda baca adalah ,./?&%$ dan lain sebagainya. Kamu bisa gunakan salah satu atau lebih bagus lagi dikombinasikan agar status kata sandi lebih kuat.

Huruf Besar & Kecil – Penggunaan huruf besar dan kecil sangat penting ketika mengganti password Gmail. Sebab ini akan menyulitkan orang yang ingin meretas, sehingga keamanan akun lebih terjaga.

Hindari Tanggal Lahir – Seperti yang dijelaskan di awal, pengguna Gmail maupun akun medsos dilarang menyertakan tanggal dan tahun lahir sebagai password karena lebih rentan.

Nah, kalau bingung seperti apa contoh password Gmail yang kuat dan paling aman, kamu bisa menduplikasi password berikut: 54g4g4lm0v30n._ atau h7h43.3.&#dlsSr.

Memang terlihat seperti kode-kode alien dan sulit diingat. Tapi kombinasi tersebut sangat kuat dan lebih disarankan agar akun tetap aman.

Sekarang kamu bisa dengan mudah mengubah password Gmail lewat hp. Jangan lupa menerapkan saran yang admin berikan, ya!

Penutup

Di era digital yang sangat berkembang, sudah sepantasnya kita menjaga akun pribadi. Jangan sampai akun hilang karena password yang rentan. Salah satu caranya dengan menggunakan kombinasi angka dan tanda baca.

Meskipun cara ganti password Gmail sangat mudah dan cepat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Paling penting mengingat atau mencatat kata sandi baru agar tidak kesulitan saat login. Sampai di sini dulu, selamat mencoba!