Cara Menambahkan Filter IG ke Foto dan Video yang Sudah Ada 2022

Cara Menambahkan Filter IG ke Foto dan Video yang Sudah Ada

Banyak pengguna Instagram yang bertanya kenapa filter IG tidak muncul. Bagi kalian yang bingung cara menambahkan filter IG ke foto dan video yang sudah ada untuk Instastory, di artikel ini akan dijelaskan panduan lengkapnya.

Instagram adalah media sosial dengan ragam fitur, seperti Instastory, postingan feed, hingga Reel. Untuk menjadikan gambar jadi terlihat bagus, kita bisa menambahkan filter keren dan viral agar yang kita posting jadi lebih sempurna.

Semua hal yang ingin kalian ketahui tentang cara menambahkan filter di Instagram yang tidak muncul ada di sini. Jadi agar rasa penasaran kalian terjawab, pastikan simak ulasan di bawah ini sampai tuntas, ya!

Cara Menambahkan Filter IG ke Foto dan Video

Instagram menghadirkan banyak filter yang bebas digunakan untuk Reels maupun Instastory. Hampir semua filter tersebut dibuat oleh kreator di Instagram dengan tampilan beragam, bahkan ada tambahan musik otomatis.

Tapi, ada satu permasalah yang sering dikeluhkan pengguna, yakni tidak bisa menambahkan filter IG di foto dan video yang sudah ada atau gambar dari galeri hp.

Kalau kalian termasuk pengguna yang mengeluh dengan permasalahan ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  • Pada halaman Home Instagram, klik tombol [+] di bagian dekat ikon Love
  • Selanjutnya pilih Reel dan klik Efek yang ditandai ikon bintang 3
  • Lalu cari filter yang ingin kalian tambahkan
  • Jika sudah ketemu, bookmark dengan tap ikon di sebelah kiri nama filter
  • Setelah itu, kembali ke Home > klik [+] > pilih Cerita
  • Kemudian pilih foto atau video yang ada di Galeri
  • Klik ikon bintang 3 dan pilih filternya
  • Terakhir, selesaikan tahapan posting Instastory seperti biasanya

Selesai deh cara menambahkan filter IG ke foto dan video yang sudah ada. Tapi kalian pasti bertanya-tanya, kenapa filter Instagram yang disimpan tadi tidak muncul?

Tenang, saya bisa jelaskan, jangan tutup dulu artikelnya. Hiks. Agar tidak salah paham, simak penjelasan di bawah ini.

Kenapa Tidak Bisa Menambahkan Filter IG di Foto yang Sudah Ada?

Kenapa Tidak Bisa Menambahkan Filter IG di Foto yang Sudah Ada?
Perbedaan foto ambil dari galeri dan langsung dari kamera

Seperti yang dijelaskan di awal, untuk foto yang diambil dari galeri hp hanya bisa menggunakan filter bawaan. Saya sudah coba beberapa cara tapi tetap tidak ada hasil. Sepertinya ini memang sistem Instagram yang tidak bisa diubah.

Bahkan, di situs help.instagram.com juga tidak ada tutorial untuk menambahkan filter IG di foto yang sudah ada.

Jadi, kalau mau menggunakan filter IG viral yang bisa ditemukan di penelusuran Reel, kalian hanya bisa mengambil foto atau video secara langsung melalui Kamera.

Meskipun cukup mengecewakan, tapi hal ini dapat dimaklumi karena rata-rata filter memanfaatkan gerak wajah pengguna agar sesuai dengan tampilan filter.

Sudah jelas ya alasan kenapa tidak bisa menambahkan filter IG di foto yang sudah ada? Tapi sebenarnya menurut saya filter-filter di IG itu memang lebih bagus untuk foto atau video yang diambil secara langsung.

Penutup

Tak heran kalau pengguna Instagram semakin meningkat. Karena ada banyak filter dengan tampilan yang sangat menarik. Bahkan, tak sedikit kreator membuat filter IG yang meniru trend viral di TikTok.

Demikian ulasan tentang cara menambahkan filter IG ke foto dan video yang sudah ada di galeri hp. Meskipun tidak bisa pakai filter dari menu “Efek” di Reel, tapi ada banyak fitur yang memungkinkan kalian membuat Story jadi lebih keren.