Kenapa Fitur Toko Libur Shopee Tidak Bisa Aktif? Ini Cara Mengatasinya


Fitur Toko Libur di Shopee sangat membantu seller yang ingin menutup toko. Tapi tak jarang, banyak seller yang kesulitan mengaktifkan fitur ini. Untuk itu, kali ini admin akan buat ulasan tentang cara mengatasi fitur Toko Libur Shopee tidak bisa aktif.

Berdasarkan penjelasan singkat dari pihak Shopee, salah satu alasan gagal mengaktifkan fitur Toko Libur adalah karena ada promo yang sedang berlangsung.

Mengaktifkan fitur Toko Libur dapat dimanfaatkan kalau orderan masuk melebihi kapasitas atau ingin menikmati hari-hari besar, seperti Idul Fitri maupun Natal.

Nah, kalau Anda termasuk seller Shopee yang ingin menggunakan fitur Toko Libur tapi ada kendala saat mengaktifkannya, berikut adalah cara mengatasi fitur Toko Libur Shopee yang gagal beserta penyebabnya.

Apa itu Fitur Toko Libur Shopee?

Sebelum masuk ke pembahasan awal, mungkin banyak seller baru yang belum tahu apa itu fitur Toko Libur Shopee. Singkatnya, fitur ini membantu penjual jika sedang banjir orderan atau ingin menikmati waktu bersama keluarga.

Dengan mengaktifkan fitur Toko Libur, pembeli tidak bisa melakukan pesanan baru di toko Anda hingga batas waktu yang sudah ditentukan.

Nantinya, di bawah produk atau laman seller akan tertera pemberitahuan, “Toko sedang libur..”.

Lantas, apa yang terjadi apabila fitur Toko Libur diaktifkan?

  • Semua produk yang ada di toko Anda tidak dapat dicari oleh pengunjung atau pengguna Shopee, namun tampilannya tetap terlihat normal
  • Produk baru tidak bisa dibeli, namun pesanan yang sedang berjalan masih bisa dibuat
  • Seller tetap harus menyelesaikan pesanan yang masuk sebelum fitur Toko Libur diaktifkan
  • Rincian produk tidak dapat diubah selama fitur masih aktif

Sebagai catatan, fitur ini memerlukan waktu maksimal 1 jam untuk diterapkan. Dan yang terpenting, Anda harus menyelesaikan semua orderan lama yang sedang berjalan. Sebab, ini mempengaruhi citra toko di mata Shopee.

Penyebab Fitur Toko Libur Shopee Tidak Bisa

Seperti penjelasan di awal, penyebab fitur Toko Libur Shopee tidak bisa aktif dikarenakan ada promo di toko yang masih berjalan. Tapi, selain itu ada juga penyebab lain yang mendasarinya. Apa saja? Simak ulasan di bawah ini, ya!

1. Aplikasi Masih Versi Lama

Dari keluhan yang dialami seller, ada kemungkinan penyebab gagal mengaktifkan fitur Toko Libur karena aplikasi Shopee belum di-upgrade ke versi terbaru. Sehingga fitur yang berjalan tidak sesuai dengan sistem.

2. Kendala di Aplikasi Shopee

Aplikasi Shopee maupun yang terinstal di smartphone sangat bergantung pada server dan jaringan. Sehingga kalau server bermasalah, kinerja aplikasi jadi kurang optimal, atau bahkan mempengaruhi fitur-fitur di dalamnya.

3. Ada Masalah dengan Pembeli

Produk yang kita pajang di e-commerce sebisa mungkin berkualitas bagus. Kalau tidak, bisa saja pembeli melakukan refund atau komplain yang berujung pada menurunnya rating.

Nah, poin ini bukan tidak mungkin menjadi penyebab kenapa fitur Toko Libur Shopee tidak bisa diaktifkan. Jadi, coba cek dulu apakah toko Anda ada punya masalah dengan pembeli.

4. Ada Promo yang Sedang Berjalan

Dari penjelasan Shopee sendiri, penyebab utama fitur Toko Libur tidak bisa aktif adalah adanya promo yang sedang berjalan. Mungkin toko Anda masih tergabung dalam promo yang diadakan Shopee.

Promo-promo tersebut adalah Flash Sale, Free Ongkir, Kombo Hemat, Promo Penjual Baru, dan lain sebagainya. Hal ini dapat jadi kendala ketika Anda ingin mengaktifkan fitur Toko Libur.

Selain 4 poin di atas, Anda juga harus tahu kalau fitur ini membutuhkan waktu maksimal 1 jam untuk bisa aktif. Namun tentunya dengan syarat tidak ada promo yang sedang berjalan.

Cara Mengatasi Fitur Toko Libur Shopee Tidak Bisa Aktif

Dari beberapa penyebab di atas, mungkin Anda sudah menerka-nerka bagaimana cara mengatasi fitur Toko Libur Shopee yang gagal aktif.

Tapi kalau masih bingung, berikut beberapa langkah yang bisa Anda ikuti:

1. Upgrade Aplikasi ke Versi Terbaru

Kalau Anda jarang memantau Google Play, coba sesekali masih ke laman “Kelola aplikasi & perangkat”. Karena bisa jadi ada pembaruan aplikasi Shopee yang tidak muncul di notifikasi.

Dengan melakukan hal ini, masalah fitur Toko Libur Shopee gagal mungkin dapat teratasi dengan baik.

2. Menunggu Server Normal

Selanjutnya, kalau memang ada masalah pada server, satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan adalah menunggu server kembali normal. Biasanya waktu yang dibutuhkan tidak lebih dari 1 jam, atau maksimal 2 jam.

3. Proses Semua Pesanan

Jika toko Anda memiliki pesanan yang belum diselesaikan, ada baiknya proses pesanan tersebut sebelum Anda mengaktifkan fitur Toko Libur. Karena seperti yang dijelaskan di awal, sistem Shopee tidak dapat menjalankan fitur saat toko masih ada pesanan.

Selain itu, pastikan juga kalau Anda tidak memiliki masalah lain, seperti refund dari pembeli maupun klaim produk.

4. Tunggu Hingga Promo Berakhir

Cara mengatasi fitur Toko Libur Shopee gagal selanjutnya adalah menunggu promo berakhir. Tapi kalau promo tersebut masih lama dan Anda ingin segera menutup toko, jalan satu-satunya coba hubungi CS Shopee.

Untuk caranya mungkin bisa dengan masuk ke menu “Saya”, lalu scroll ke bawah dan pilih “Chat dengan Shopee”. Nanti CS (bukan BOT) akan menanggapi permintaan Anda.

Andai kata solusi ini gagal, Anda bisa menghubungi call center di nomor 08001500702 atau mengisi formulir keluhan di laman website https://seller.shopee.co.id/edu/form.

Penutup

Masalah yang terjadi saat ingin mengaktifkan fitur Toko Libur Shopee memang sering dialami seller Shopee. Oleh karena itu, ketahui dulu penyebabnya sebelum Anda mengatasi masalah tersebut.

Sekian ulasan lengkap tentang cara mengatasi fitur Toko Libur Shopee tidak bisa aktif atau tidak bisa diaktifkan. Semoga dengan artikel ini bisa membantu Anda yang ingin libur ataupun memproses pesanan lama yang menumpuk.