5 Langkah Cara Menebus Saham Right Issue IPOT Lewat Android 2022

Cara Menebus Saham Right Issue IPOT

Cara Menebus Saham Right Issue IPOT
– Right Issue mungkinkan para investor lama melakukan pembelian terhadap beberapa saham baru sebelum saham ditawarkan. Investor senior pasti memiliki hak seperti ini.

IPOT adalah salah satu platform yang memungkinkan pengguna melakukan jual beli saham dengan mudah. Selain fitur dan layanan menarik, IPOT atau Indo Premier Sekuritas juga memiliki tampilan menarik yang memudahkan pemula.

Namun bisakah Right Issue ditebus melalui Android saja? Tentu bisa. Nah, agar tidak salah arah, silahkan simak langkah-langkah dalam menebus saham Right Issue IPOT melalui aplikasi Android berikut ini.

Cara Menebus Saham Right Issue IPOT

1. Login ke Akun IPOT

Transaksi dengan menggunakan IPOT merupakan transaksi berbasis aplikasi. Jika belum memilikinya, aplikasi keluaran Indo Premier ini bisa diinstal di penyedia layanan aplikasi.

Setelahnya, jika belum memiliki akun, pengguna bisa membuat akun terlebih dahulu karena transaksi ini mengharuskan pengguna untuk memiliki akun.

Jika sudah memiliki akun pada IPOT, silahkan login ke akun yang sudah dimiliki. Setelah login berhasil pengguna akan langsung diarahkan ke halaman utama aplikasi IPOT. Dari sini, pengguna bisa memulai berbagai transaksi.

2. Pastikan Dana RDN Cukup

Saat akan melangkah ke langkah cara menebus saham Right Issue IPOT yang selanjutnya, pastikan dana RDN yang dimiliki cukup. Pengguna bisa memeriksa harga saham terlebih dahulu.

Setelah itu periksa info saldo atau dana RDN yang dimiliki pengguna pada informasi akun. Pastikan saldo mencukupi.

Jika ternyata saldo belum mencukupi, maka tentu saja pengguna harus mengisinya terlebih dahulu. Pengguna bisa melihat nomor rekening IPOT yang tertera di aplikasi.

Lalu pengisian bisa dilakukan melalui bank atau uang elektronik lainnya. Isi saldo sejumlah yang diinginkan, yang terpenting harus mencukupi harga saham Right Issue yang akan ditebus.

3. Masuk ke Menu ‘Akun Saya’

Setelah semua keperluan siap, pengguna bisa masuk ke langkah selanjutnya. Pengguna harus masuk ke bagian menu ‘Akun Saya’.

Dalam aplikasi IPOT, menu ini akan ada di pojok kanan atas bergambar orang. Pilih menu tersebut dan pengguna akan disuguhkan berbagai macam opsi transaksi.

Untuk melakukan transaksi penebusan saham Right Issue, pengguna perlu masuk ke menu ‘Exercise Right/Warrant’.

Pada menu ini pengguna bisa melakukan segala pembelian yang ingin dilakukan pengguna melalui aplikasi IPOT.

4. Masukkan Kode Saham dan Info yang Diminta

Setelah halaman menu ‘Exercise Right/Warrant’ terbuka, pengguna akan melihat kolom pengisian. Pengguna akan diminta mengisi kode saham yang akan dibeli. Pengguna bisa melihat kode saham pada informasi saham yang dijual.

Biasanya setelah memasukkan kode saham, informasi lainnya akan langsung muncul di kolom lainnya. Identitas nasabah yang membeli juga akan muncul.

Pastikan semua sudah sesuai, mulai dari kode, harga, jumlah, hingga identitas nasabah. Hal ini tentunya harus dipastikan agar transaksi tidak menimbulkan kerugian.

5. Selesaikan Transaksi

Setelah semua isian kolom dipastikan benar, pengguna bisa menyelesaikan transaksi. Langkah terakhir adalah pengguna akan diminta untuk mencentang persetujuan transaksi.

Centang pernyataan yang ada di bagian paling bawah halaman. Pernyataan ini untuk memastikan bahwa transaksi ini dilakukan sendiri oleh pengguna.

Setelahnya, transaksi selesai dilakukan. Pengguna akan mendapatkan laporan bahwa telah dilakukan transaksi penebusan Right Issue melalui IPOT. Periksa portofolio pengguna.

Jika belum keluar jangan khawatir, biasanya transaksi ini akan muncul di portofolio paling lambat dua hari setelah transaksi. Tunggu dengan sabar sambil periksa portofolio secara berkala.

Siapa sangka ternyata menebus saham Right Issue semudah ini. Dengan langkah cara menebus saham Right Issue IPOT di atas, menebus saham bisa dilakukan dari ponsel. Transaksi investasi menjadi semudah menggunakan aplikasi di Android.

Setelah mendapatkan tebusan dari Right Issue, portofolio investor akan langsung terisi. Akhir kata, sekian artikel yang bisa saya sampaikan kali ini. Semoga bermanfaat, ya!