5 Penyebab dan Cara Mengatasi Smartfren Lemot Susah Internetan 2022

internet smartfren lemot

Terkadang koneksi internet pengguna kartu Smartfren sering mengalami kendala hingga terasa lemot saat digunakan. Untuk itu, pengguna perlu mengetahui cara mengatasi Smartfren lemot agar memudahkan saat berselancar di dunia internet.

Seperti yang kita tahu, Smartfren merupakan provider seluler yang cukup populer di Indonesia. Kini, semua merk hp bisa menggunakan kartu Smartfren dengan layanan dan harga kuota internet yang terjangkau.

Nah, dalam mengatasi internet lemot, kita juga perlu mengetahui penyebab agar lebih mudah dalam memahami dan mengatasinya. Untuk lebih jelas, berikut ulasan lengkapnya.

Penyebab Internet Smartfren Lemot

Bagi pengguna koneksi internet untuk kehidupannya baik hanya saat bekerja saja maupun setiap kesehariannya, tentu perlu sekali jaringan yang stabil. Lemot sedikit saja terkadang bisa membuat kendala yang cukup fatal.

Apalagi jika sedang mengerjakan suatu proyek pekerjaan. Untuk itu, pengguna perlu mengetahui dahulu penyebab koneksi lemot berikut ini:

1. Jaringan Sedang Tidak Stabil

Bila suatu jaringan penyedia sedang tidak stabil kemungkinan besar akan berdampak pada kecepatan koneksi yang jadi semakin melambat.

Bahkan saat membuka satu atau beberapa halaman browser saja terkadang membutuhkan waktu yang sangatlah lama.

Terkadang penyebab jaringan Smartfren yang kurang stabil tidak serta merta disebabkan oleh pengguna, bisa jadi dari penyedia sedang bermasalah juga. Jadi, koneksi yang digunakan menjadi tidak stabil.

Untuk itu, sebelum memilih ada baiknya lakukan pengecekan maupun evaluasi ke beberapa orang yang telah memakainya. Tujuannya untuk mengurangi risiko memilih provider yang salah.

2. Jaringan Mengalami Perbaikan

Kendala selanjutnya, penyebab jaringan Smartfren menjadi lemot adalah sedang dalam kondisi perbaikan. Baik hanya dalam satu wilayah maupun ke beberapa wilayah sekaligus yang berdampak pada kualitas akses yang sering terkendala.

Hal ini karena, proses perbaikan juga membutuhkan waktu yang cukup lama. Jadi, daerah sekitarnya juga terkena dampak lemotnya jaringan sinyal yang digunakan.

Cara Mengatasi Smartfren Lemot

Jika sudah paham tentang penyebabnya, maka perlu juga mengetahui cara mengatasi Smartfren lemot koneksinya agar tidak mengalami kesialan yang serupa. Selain itu, lebih baik langsung praktikan setiap langkahnya.

Tujuannya untuk memudahkan dalam memahami setiap langkah yang diberikan. Berikut cara yang bisa pengguna lakukan untuk mengatasinya:

1. Menggunakan Jaringan 4G Only

Saat ini pengguna smartphone pasti tidak asing jika mendengar istilah 2G, 3G, dan 4G sebab jaringan tersebut memang sudah disediakan.

Apalagi jenis jaringan tersebut bisa berubah sendiri mengikuti kekuatan sinyal yang terdapat di suatu wilayah tertentu.

Jika kendala utamanya terdapat pada kualitas akses internetnya yang tidak stabil, maka perlu segera diperbaiki.

Pengguna perlu melakukan penyetelan pada pengaturan smartphone untuk memakai opsi 4G Only agar lebih stabil. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Setting atau Pengaturan pada smartphone
  • Klik menu Jaringan dan Internet
  • Klik Jaringan Seluler
  • Pilih 4G Only

2. Mengatur APN Smartfren

Jika cara diatas masih kurang mempan ada baiknya mencoba mengatur bagian APN Smartfren untuk akses internet lebih stabil lagi.

APN merupakan sebuah gerbang utama untuk akses jaringan, untuk itu berikut langkah yang bisa dicoba:

  • Buka menu Pengaturan atau Setting
  • Pilih Kartu SIM
  • Klik APN
  • Atur tombol + dengan memakai APN baru lalu simpan
  • Gunakan Mode Pesawat kemudian matikan untuk mereset jaringan

3. Membersihkan Cache atau Sampah

Terakhir, jika sinyal masih sering hilang ada baiknya periksa kembali jumlah berkas yang bertumpuk menjadi sampah pada smartphone. Jika sudah terlalu banyak ada baiknya langsung hapus saja.

Hal ini karena, berdampak pada kinerja sistem yang semakin melambat. Terutama bagi kemudahan jaringan saat menangkap sinyal.

Itulah cara mengatasi Smartfren lemot koneksi serta penyebabnya. Pengguna bisa melihat penyebabnya terlebih dahulu sebelum mengatasi sinyal yang lemot.

Dengan mengetahui penyebabnya, tentu pengguna bisa segera mengatasi melalui beberapa cara di atas. Selamat mencoba!