8 Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai HP Boros Paling Ampuh 2021

baterai hp boros

Memahami penyebab baterai HP boros dan solusinya merupakan hal yang sangat pokok dan utama. Hal ini karena baterai HP boros sangat mungkin terjadi pada siapa saja.

Entah karena perangkatnya. pemakaian, atau hal lain yang tidak disadari.

Tentunya kita tidak ingin mengalami HP tiba-tiba lowbat padahal baterai baru saja dicas. Untuk itulah maka membaca uraian yang dihadirkan berikut adalah hal yang wajib.

Lantaran semua hal mengenai penyebab dan cara mengatasi baterai HP boros akan dikupas tuntas di sini. Jadi, pastikan Anda simak sampai akhir, ya!

Penyebab Baterai HP Boros

Ada berbagai alasan yang menyebabkan baterai HP menjadi boros dan menjadi tidak maksimal untuk kinerjanya.

Sehingga para pengguna harus berkali-kali mengisi ulang daya baterai hp tersebut. Namun, secara umum yang sering terjadi antara lain:

  • Keberadaan aplikasi pemakan baterai
  • Kesalahan dari system Android
  • Setting tampilan layar yang tidak tepat
  • Usia baterai HP yang memang harus sudah diganti

Cara Mengatasi Baterai HP Boros

Dari beberapa penyebab baterai hp boros yang sudah disebutkan sebelumnya tentu memiliki solusi untuk memecahkannya.

Maka untuk para pengguna HP yang baterainya sudah bermasalah tersebut dapat memanfaatkan solusi-solusi seperti berikut ini:

1. Lakukan Pemeriksaan dan Penghapusan Aplikasi Penguras Baterai

Untuk pengguna HP tentu di dalamnya terdapat banyak aplikasi yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Tetapi untuk pengguna perlu berhati-hati dengan aplikasi-aplikasi tersebut karena mungkin ada aplikasi yang membuat baterai HP menjadi boros. 

Jadi para pengguna dapat memeriksanya melalui pengaturan yang ada pada HP tersebut. Langkah untuk memeriksa aplikasi pemakan baterai ini pengguna hanya perlu pergi ke menu pengaturan dan pilih opsi baterai. 

Dalam opsi tersebut akan terlihat aplikasi mana yang memakan baterai paling banyak. Jika sudah dilakukan pemeriksaan selanjutnya pengguna dapat menghapus aplikasi yang memakan banyak daya baterai tersebut. 

2. Lakukan Downgrade dan Factory Reset Sistem Android

Setiap HP pasti memiliki sistem Android yang membuat aplikasi dan fitur dalam HP berjalan dengan semestinya.

Ternyata system Android tersebut memakan banyak daya baterai hingga 25 persen dan sudah dipastikan bahwa baterai tersebut menjadi sangat boros. 

Solusi untuk system Android ini adalah dengan melakukan downgrade dan factory reset pada Android. Downgrade sendiri yaitu menurunkan versi yang lebih rendah dibandingkan versi yang sebelumnya ada pada Android. 

Misalnya pengguna menggunakan versi Marshmallow dapat diturunkan menjadi versi Lollipop. Untuk factory reset sendiri dapat dilakukan untuk menyembuhkan baterai boros yang diakibatkan oleh system Android.

3. Jalankan Setting yang Tepat Terhadap Layar HP

Layar HP menjadi salah satu penyebab baterai HP boros dan solusinya juga harus tepat. Tidak hanya itu saja, pengguna harus benar-benar memahami peraturan layar yang ada pada HP. Agar tidak terjadi kesalahan fatal dan membuat baterai HP jadi semakin boros.

Ada berbagai solusi yang dapat dipakai untuk membuat HP layar tidak menguras banyak daya baterai.

Di antaranya adalah dengan mengatur kecerahan layar, tidak menggunakan wallpaper GIF, dan mengurangi waktu jeda kunci otomatis melalui setting tampilan layar.

4. Perhatikan Spesifikasi Baterai

Ketika usia HP sudah lama pengguna juga harus memperhatikan hardware yang menempel pada HP tersebut seperti baterai misalnya. Pengguna harus benar-benar memperhatikan apakah baterai tersebut masih layak digunakan atau tidak.
 
Jika baterai HP sudah mulai boros berarti baterai tersebut sudah waktunya untuk segera diganti dengan yang baru.

Ketika melakukan pembelian, pengguna HP juga harus memperhatikan baterai pengganti yang akan dipasangkan.  

Jangan asal-asalan dalam membeli, karena jika itu terjadi maka tidak hanya berpengaruh pada system HP. Namun juga kinerja baterai tidak akan tahan lama dan mau tidak mau pengguna harus menggantinya lagi.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi baterai HP boros yang dapat dipahami agar para pengguna berhati-hati dalam penggunaannya.

Cobalah untuk sesekali memberikan istirahat terhadap aktivitas HP agar baterai menjadi lebih sehat dan awet.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2