Lebih Bagus DANA atau OVO? Ini Perbandingannya

lebih bagus dana atau ovo

Hadirnya ragam dompet digital di Indonesia membuat orang bertanya-tanya mana yang lebih bagus DANA vs OVO. Namun pada dasarnya, kedua e-wallet tersebut sama-sama mempunyai keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Seperti diketahui, semakin berkembangnya zaman membuat Anda harus mempunyai e-wallet. Pasalnya, sebagian besar transaksi sudah beralih jadi digital atau tanpa uang tunai.

Nah, kalau Anda bingung menentukan lebih bagus DANA atau OVO, berikut ulasan lengkap tentang perbandingan serta kelebihan dan kekurangan keduanya.

Lebih Bagus DANA atau OVO?

Saat ini DANA maupun OVO sukses menempati peringkat atas dalam daftar e-wallet terbaik. Tentunya ini bukan tanpa sebab. Selain proses pendaftaran yang mudah, banyak faktor lain yang mempengaruhi pengguna dalam memilih.

DANA merupakan sebuah e-wallet berbasis aplikasi yang menawarkan transaksi digital dengan lebih mudah dan efisien. Didirkan pada tahun 2018, e-wallet dengan warna biru ini sering menawarkan promo dan voucher menarik.

Sementara OVO, didirkan tahun 2017 dan merupakan sebuah startup yang menawarkan layanan digital untuk segala jenis pembayaran. Identik dengan warna ungu, OVO sudah menjalin kerjasama dengan Grab hingga Tokopedia.

Kelebihan dan Kekurangan DANA vs OVO

Mudah, efisien, dan cara daftar yang singkat membuat pengguna e-wallet semakin meningkat. Nah, kalau Anda bingung memilih mana yang lebih bagus antara DANA atau OVO, simak kelebihan dan kekurangan keduanya di bawah ini.

Keunggulan DANA

1. Bebas Biaya Admin

Keunggulan DANA yang pertama adalah keringanan ketika mengirim atau transfer uang. Pengguna bisa melakukan transfer ke sesama DANA dan rekening bank lain tanpa dibebankan biaya admin hingga 10 kali per bulan.

2. Cairkan Uang di Alfamart

Selain itu, DANA juga sudah bekerja sama dengan Alfamart, sehingga Anda bisa mencairkan uang dari DANA ke Alfamart dengan minimal penarikan Rp50.000. Menariknya, transaksi tidak dikenakan biaya admin alias gratis.

3. Banyak Promo Menarik

Selanjutnya, keunggulan DANA terletak pada promo yang cukup menarik. Dari semua merchant yang bekerja sama dengan DANA, kamu bisa mendapatkan cashback dan diskon hingga 50% pada barang atau makanan tertentu.

Namun tentunya, promo yang diberikan hanya berlaku bagi pengguna yang memenuhi syarat dan ketentuan, seperti akun sudah di-upgrade ke DANA Premium.

Kekurangan DANA

1. Ada Limit Top Up dan Transaksi

Kekurangan DANA yang pertama adalah maksimal top up pada akun biasa (belum upgrade) hanya Rp2 juta. Sementara pada akun Premium, limit top up sebesar Rp 10 juta. Kemudan batas transfer ke rekening hanya Rp20 juta per bulan.

2. Merchant Masih Sedikit

Memang, kemudahan transaksi di DANA sangat bagus. Namun sayangnya, jumlah merchant masih kalah dengan OVO. Hal ini membuat para pedagang ataupun ojek online ketika ditanya lebih bagus DANA atau OVO, pasti mereka memilih OVO.

Keunggulan OVO

1. Ada Fitur OVO Points

Keunggulan OVO yang pertama adalah pada OVO Point. Dengan fitur ini, Anda akan sangat terbantu karena setiap transaksi akan mendapat cashback dalam bentuk poin. Kalau Anda sering belanja di Tokopedia, fitur ini sangat menguntungkan.

2. Banyak Promo di Merchant

Menentukan lebih bagus DANA atau OVO mungkin bisa dipertimbangkan pada poin ini. Yaps, OVO sering menghadirkan promo di setiap merchant. Sampai saat ini, OVO memiliki banyak partner resmi, yakni Lazada, Tokopedia, hingga Grab,

3. Upgrade Akun OVO Premier Lebih Mudah

Dari pengalaman pribadi, ketika upgrade akun OVO Premier prosesnya lebih mudah dan cepat, bahkan dengan KTP yang sudah rusak. Berbeda dari DANA, butuh waktu berhari-hari hingga akun saya berhasil ter-upgrade. 

Kekurangan OVO

1. Fitur Pembayaran Terbatas

Perbandingan DANA vs OVO memang terlihat jelas, terutama pada transaksi. Dengan OVO pengguna hanya bisa melakukan pembayaran PBB, PDAM, dan BPJS saja. Sangat terbatas kalau dibandingkan dengan layanan yang disediakan DANA.

2. Ada Limit Top Up Bulanan

Limit pengisian saldo menjadi kekurangan OVO selanjutnya. Sebab pihak OVO memberi batasan pengguna akun Premier sebesar Rp20 juta per bulan. Jika sudah mencapai limit, maka Anda hanya bisa melakukan top up pada bulan berikutnya.

3. Tidak Bisa Tarik Tunai di Alfamart

Sayangnya, OVO belum menyediakan fitur tarik tunai ke Alfamart seperti yang ada di layanan DANA. Pengguna hanya bisa mencairkan saldo OVO lewat transfer bank. Meskipun mudah, tapi Anda harus pergi ke ATM untuk tarik uangnya.

Kesimpulan

Bagi kamu yang tingga di kota besar, dompet digital seakan menjadi “pegangan” wajib untuk memenuhi kebutuhan online. Bahkan, saat ini tak sedikit toko offline yang menerima pembayaran via dompet digital.

Nah, dengan kelebihan dan kekurangan pada penjelasan di atas, menurut Anda lebih bagus DANA atau OVO? Kalau saya pribadi memilih DANA karena fiturnya paling lengkap sejauh ini. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel