2 Cara Menghilangkan Microsoft Office Activation Wizard Terbaru 2021

cara menghilangkan Microsoft Office Activation Wizard

Beberapa waktu lalu saya sedang mengerjakan tugas di laptop, tiba-tiba muncul notifikasi Activation Wizard. Awalnya saya kaget karena jarang-jarang ada masalah seperti ini. Tapi untungnya ada teman yang memberitahu cara mengatasi Microsoft Office Activation Wizard.

Setelah beberapa kali percobaan dengan metode berbeda, akhirnya masalah tersebut langsung hilang. Pekerjaan jadi lancar karena notifikasi Activation Wizard tidak lagi muncul.

Oleh karena itu, kali ini saya akan membagikan pengalaman saya kepada kalian yang mungkin sedang mengalami permasalahan serupa. Simak ulasan tentang cara menghilangkan Microsoft Office Activation Wizard untuk versi 2013, 2010, dan 2017.

Penyebab Microsoft Office Activation Wizard

Seperti yang kita tahu, Microsoft Office adalah software yang mempunyai banyak program, Excel, Word, hingga PowerPoint. Adanya software buatan Microsoft ini sangat membantu dalam mengerjakan tugas, skripsi, maupun presentasi.

Meskipun dirancang dengan sangat baik, terkadang masalah bisa muncul tanpa kita inginkan. Tapi, sebenarnya notif Activation Wizard ini bukan termasuk masalah, melainkan proses aktivasi yang gagal karena tidak ada lisensi.

Penyebabnya tentu karena software yang didapatkan secara ilegal atau hasil unduh dari internet. Sementara untuk mengatasinya, ada dua metode mudah. Pertama dengan aplikasi tambahan dan kedua tanpa aplikasi.

Tapi, tanpa aplikasi lebih disarankan karena beberapa waktu lalu saya mengatasi Microsoft Office Activation Wizard langsung melalui sistem.

Cara Menghilangkan Microsoft Office Activation Wizard

Seperti yang saya katakan sebelumnya, Microsoft Office error atau muncul pesan Activation Wizard disebabkan karena masalah aktivasi. Software yang tidak memiliki lisensi resmi sangat rentan mengalami hal seperti ini.

Tapi jangan khawatir, karena sebelumnya saya sudah pernah mencoba dan berhasil, silahkan baca beberapa cara mengatasi Microsoft Office Activation Wizard di bawah ini.

  • Langkah pertama silahkan klik Start di laptop atau PC
  • Kemudian klik Computer, buka folder Local Disk (C:) > Program Files 
  • Lalu scroll ke bawah dan buka file Microsoft Office > Office14/Office16
  • Selanjutnya cari file OSPPREARM.EXE, gunakan kolom pencarian kalau bingung letaknya
  • Jika sudah ketemu, klik kanan pada OSPPREARM.EXE dan pilih opsi “Run as Administrator”
  • Setelah itu proses cmd.exe akan berjalan dan butuh waktu maksimal 1 menit

Kalau kalian menggunakan Office 2010, metode di atas mungkin agak membingungkan. Untuk itu, saya telah membuat metode lain yang bisa Anda coba. Agar hasilnya maksimal, harap ikuti cara mengatasi Microsoft Office Activation Wizard sampai selesai.

  • Pertama buka folder Local Disk (C:) di Windows Explorer
  • Kemudian buka file Program Files > Program Files (x86) > Common Files
  • Setelah itu cari dan klik folder bernama Microsoft Shared
  • Lalu buka juga file OfficeSoftwareProtectionPlatform
  • Selanjutnya cari file OSPPREARM
  • Seperti metode sebelumnya, klik kanan dan pilih opsi “Run as Administrator”

Setelah proses perbaikan selesai, silahkan matikan perangkat dan istirahatkan sejenak. Kemudian nyalakan kembali, buka Excel, Word, atau program Microsoft Office lainnya.

Pada dasarnya metode di atas berlaku untuk Office 2007 sampai 2013. Hanya saja, karena setiap versi tampilannya tidak sama, kemungkinan ada perbedaan pada letak file.

Kalau sudah mengikuti panduan di atas namun tidak berhasil, berarti Anda harus menggunakan software tambahan. Saya menyarankan Office Toolkit. Silahkan cari sendiri di Google. Tapi, agar aman sebaiknya unduh di situs terpercaya.

Penutup

Opsi terakhir yang juga bisa dicoba untuk mengatasi Activation Wizard adalah membeli lisensi resmi Microsoft Office dan lakukan aktivasi dengan memasukkan kode product key yang berjumlah 25 digit.

Demikian panduan yang bisa saya sampaikan berdasarkan pengalaman pribadi dan bantuan seorang teman. Semoga artikel tentang cara menghilangkan Microsoft Office Activation Wizard di laptop atau PC ini bisa mengatasi masalah Anda. Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel