6 Tips Memilih Jasa Import Barang Alibaba Agar Terhindar dari Penipuan

tips memilih jasa import barang
Image source: secureplatformfunding.com
Apa yang pertama terlintas di benak Anda ketika harus menggunakan jasa import barang? Mungkin semua sepakat memikirkan keamanan. Terlebih, bagi mereka yang membeli barang dengan nominal transaksi di atas Rp100 juta.

Biasanya, mereka yang menggunakan jasa jenis ini karena memiliki bisnis online shop maupun toko khusus barang import. Alasan lain tentu harga lebih terjangkau dibanding produk dalam negeri. Khususnya kalau membeli di Alibaba.

Nah, bagi Anda yang berencana membuka bisnis pakaian atau aksesoris unik, penting untuk mengetahui tips memilih jasa import barang Alibaba agar transaksi dan pengiriman berjalan lancar.

Kenapa Harus Teliti Memilih Jasa Import Barang?

Meskipun kita tak bisa memeriksa langsung kondisi barang, tapi banyak pebisnis dari Indonesia yang mengambil barang dari luar negeri, khususnya Alibaba. Tentu saja mereka punya alasan kuat, salah satunya karena Alibaba merupakan marketplace terbesar di dunia.

Selan itu, dengan menggunakan jasa import Alibaba transaksi lebih praktis dan mudah. Terlebih, jika kita sudah mengenal baik tata cara membeli barang dari China atau luar negeri.

Hanya saja, bagi pemula ini menjadi mimpi buruk. Sebab, membeli barang dari luar harus memiliki kartu kredit, atau paling tidak rekening PayPal. Disamping itu, barang yang masuk juga harus melewati Bea Cukai sebelum sampai ke alamat tujuan.

Sudah jelas, kan? Menggunakan jasa import barang China bisa jadi pilihan yang tepat untuk memulai bisnis besar. Tapi, harap pahami semua prosedur dengan baik agar tidak jadi korban penipuan.

Tips Memilih Menggunakan Jasa Import Barang

Berikut ada beberapa tips memilih jasa import barang yang wajib Anda perhatikan agar tidak salah langkah.

1. Perhatikan Kredibilitas dan Reputasi

Jangan pernah bertransaksi dengan seller yang punya reputasi buruk. Ini merupakan tips dasar yang wajib diterapkan ketika berhubungan dengan dunia online. Lihat dulu reputasi dan ulasan pengguna dari jasa import barang demi kenyamanan dan keamanan.

Reputasi sangat penting bagi perusahaan, jika mereka pernah melakukan penipuan atau layanan yang buruk, pasti konsumen memberikan ulasan negatif di website atau review Google Maps.

2. Punya Kantor Resmi

Bukan hanya jasa import saja, semua perusahaan yang menawarkan jasa harus memiliki kantor resmi agar konsumen tahu harus complain ke mana jika terjadi kerusakan barang. Sebab, saat ini banyak perusahaan abal-abal yang berkeliaran.

Bukan hanya itu saja, coba periksa lagi kontak yang tercantum di website apakah dapat dihubungi atau tidak. Karena biasanya, perusahaan palsu hanya memberikan nomor asal agar terlihat profesional.

3. Biaya  Kompetitif Bukan Murah

Tentu Anda pernah dengar istilah “Ada harga ada kualitas”, kan? Poin ini juga berkaitan dengan tips memilih jasa import barang Alibaba. Sebab, bisa jadi jasa yang menawarkan harga murah layanannya mengecewakan.

Oleh karena itu, pilihkan jasa yang biayanya kompetitif. Bandingkan dengan jasa pembelian barang Alibaba lain yang tersedia. Sehingga, Anda tidak perlu mengkhawatirkan keamanan dari barang yang dibeli.

Tidak masalah kalau harus mengeluarkan biaya besar, asal barang tersebut sampai ke rumah Anda dengan selamat tanpa terkena masalah di Bea Cukai ataupun kerusakan fisik.

4. Transaksi yang Mudah

Selanjutnya, tips memilih jasa import barang Alibaba adalah memperhatikan sistem transaksi. Pilih jasa yang tidak ribet dalam hal pembayaran. Misalnya, menyediakan pilihan banyak rekening bank, bukan hanya BNI, BCA, atau Mandiri saja.

Disamping itu, perhatikan juga kemudahan transaksi dari jasa tersebut. Jangan menggunakan jasa import yang mempersulit Anda saat transaksi.

5. Perhatikan Keamanan dari Jasa Import Barang

Ketika membeli barang dari luar negeri, hal pertama yang harus diperhatikan adalah keamanan. Tentunya kita tidak ingin barang sampai dengan kondisi rusak. Untuk itu, pilih jasa import barang terpercaya yang menyediakan asuransi.

Selain itu, karena semua barang yang berasal dari luar negeri harus diperiksa dulu, jangan abaikan masalah layanan Bea Cukai. Tanyakan kepada jasa tersebut secara detail mulai dari sistem hingga keamanan.

6. Keterbukaan dan Pengiriman yang Cepat

Yang terakhir, tips memilih jasa import barang Alibaba ini juga tak boleh dilewatkan. Anda tentu ingin menerima barang pesanan dengan cepat. Jangan memilih jasa yang tertutup soal transparansi, karena kita tidak bisa tahu kondisi dan lokasi barang yang dipesan. 

Untuk itu, perhatikan estimasi waktu mulai dari packing hingga sampai ke tangan Anda. Tanyakan sistem packing-nya seperti apa dan dokumennya bagaimana.

Penutup

Saat ini ada banyak pilihan jasa import barang terpercaya yang bisa Anda gunakan. Beberapa di antaranya Antara Logistics, Importir.co.id, Titipbeliin, hingga Eastexpress. Tapi, bandingkan dulu sistem dan biayanya.

Jadi, itulah beberapa tips memilih jasa import barang Alibaba atau dari luar negeri. Jika Anda ingin terjun ke dunia import barang, harap perhatikan 5 poin di atas agar bisnis bisa berjalan lancar. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel