8+ Cara Transfer Saldo PayPal ke DANA dengan Mudah

cara transfer saldo paypal ke dana

PayPal adalah jasa transfer uang antar negara terpopuler saat ini. Selain ke rekening bank, kita juga bisa menambahkan dompet digital. Terlebih, cara transfer saldo PayPal ke DANA atau OVO sangat mudah dengan fee yang tak terlalu besar.

Bicara soal PayPal, hampir semua orang, khususnya freelancer menggunakan layanan ini karena proses pendaftarannya yang mudah. Di samping itu, pemilik rekening bisa melakukan transfer atau menerima pembayaran dari dalam maupun luar negeri.

Meskipun begitu populer, namun masih banyak yang masih belum tahu cara withdraw saldo PayPal ke DANA. Padahal, ini sangat berguna bagi yang belum membuka buku tabungan bank.

Persyaratan untuk Transfer Saldo PayPal

Tapi, sebelum masuk ke pembahasan utama, mungkin kalian perlu tahu apa saja syarat yang harus dipenuhi ketika ingin melakukan transfer saldo PayPal.

1. Upgrade akun DANA Premium

Yang pertama pastikan akun DANA sudah di-upgrade ke versi premium. Sebab, PayPal hanya mengizinkan penerima yang datanya sama dengan profil di PayPal. Untuk caranya, silahkan verifikasi dengan KTP dan nomor hp aktif.

Kalau belum ada KTP, Anda bisa menggunakan KTP orang lain, tapi dengan syarat namanya harus sama dengan seperti  tertera di PayPal. Jika berbeda, silahkan ganti dulu nama di PayPal, tapi ini membutuhkan proses yang cukup lama.

2. Menambahkan Norek DANA ke PayPal

Setelah akun DANA selesai di-upgrade, selanjutnya tambahkan nomor rekening ke akun PayPal. Ini sangat penting agar tidak gagal saat melakukan transfer saldo PayPal ke DANA. Untuk caranya bisa ikuti panduan berikut.

  • Masuk ke situs PayPal
  • Klik menu Saldo
  • Selanjutnya di bagian Rekening Bank klik Hubungkan Kartu atau Bank
  • Lalu klik Hubungkan Rekening Bank
  • Setelah itu isi data-data yang diminta
  • Nama bank diisi dengan PT Bank CIMB Niaga TBK, kode bank 0220026
  • Kemudian isi nomor DANA: 8059*16 digit nomor rekening DANA* (contoh: 8059082232345234)
  • Klik tombol Hubungkan Bank Anda
  • Jika ada notifikasi rekening telah dihubungkan, langsung saja klik Selesai

3. Lakukan Verifikasi Nomor HP

Syarat selanjutnya adalah melakukan verifikasi nomor hp. Setelah itu, pihak PayPal akan mengirimkan pesan yang berisi kode. Masukkan kode tersebut ke kolom yang tersedia. Kalau tidak diminta, lewati saja dan langsung lakukan transfer saldo PayPal ke DANA di bawah ini.

Cara Transfer Saldo PayPal ke DANA Terbaru

Setelah persyaratan dan penambahan akun terpenuhi, selanjutnya Anda bisa melakukan penarikan saldo atau withdraw. Agar transaksi berhasil, ikuti langkah-langkah transfer saldo PayPal ke DANA dengan teliti.

  • Pertama masuk ke dashboard PayPal, lalu klik Transfer Dana yang letaknya di bawah saldo PayPal
  • Pilih rekening DANA yang tadi sudah ditambahkan
  • Kemudian isi nominal yang ingin Anda tarik dalam hitungan dolar (minimal transfer PayPal adalah $10)
  • Klik Lanjutkan
  • Setelah itu akan muncul rincian transaksi yang terdiri dari nama bank, nomor rekening, jenis rekening, kurs, dan jumlah konversi
  • Jika sudah sesuai, klik Transfer Sekarang
  • Sampai di sini Anda sudar berhasil mencairkan saldo PayPal ke DANA
  • Selanjutnya klik Buka Wallet
  • Di sana akan terlihat riwayat penarikan saldo
  • Jika ada keterangan “Tertunda”, berarti saldonya sedang diproses dan akan berubah jadi “Selesai” setelah saldo PayPal masuk ke akun DANA Anda dengan nama pengirim LLG-BANK OF AMERICA PAYPAL PTE LTD

Perlu diketahui, transaksi membutuhkan waktu 2 sampai 4 hari pada hari kerja dengan biaya transfer tergantung kebijakan bank. Tapi biasanya sekitar Rp16 ribu untuk sekali penarikan. Jadi, jangan kaget bila saldo yang diterima tidak sesuai dengan nominal yang Anda ketik.

Frequently Asked Questions

1. Apakah PayPal bisa transfer ke DANA?
PayPal sudah memperbarui layanannya dengan menambahkan metode transfer e-wallet. Jadi, jika kalian punya saldo, sekarang bisa transfer ke DANA maupun OVO tanpa perlu menggunakan jasa convert saldo PayPal.

2. Kenapa tidak bisa tarik dana PayPal?
Kemungkinan karena detail informasi yang Anda buat kurang tepat. Sebab, formulir pengiriman harus diisi sesuai dengan data diri yang ada pada bank terkait. Oleh karena itu, sebelum transfer periksa dulu data-datanya dengan baik.

3. PayPal bisa digunakan untuk apa saja?
Memiliki akun PayPal berarti Anda bisa melakukan semua transaksi, baik untuk membeli barang atau menerima uang. Tapi, biasanya PayPal digunakan untuk transaksi antar negara yang tidak mendukung pembayaran bank lokal.

4. Berapa biaya transaksi menggunakan PayPal?
Biaya transfer menggunakan PayPal sekitar 2,9% ditambah $0,30 dari total transaksi. Misalnya Anda ingin transfer $70, maka yang Anda terima hanya $67,67 setelah dipotong fee PayPal.

Penutup

Dengan hadirnya PayPal, kita tak perlu repot lagi untuk membeli barang atau menerima uang dari luar negeri. Apalagi, layanan ini sudah mendukung ragam metode transaksi, seperti transfer antar bank dan dompet digital.

Jadi, itulah beberapa langkah mudah dalam panduan cara transfer saldo PayPal ke DANA. Perlu diingat, lakukan prosedur yang disarankan dan selalu patuhi kebijakan PayPal agar transaksi berjalan aman dan lancar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel