26+ Game Android Terbaik yang Seru dan Menantang di 2022 [UPDATED]

rekomendasi game android terbaik

Perkembangan game mobile terus mengalami peningkatan, tentunya dengan teknologi yang lebih canggih. Ada banyak game Android terbaik dari ragam genre yang hadir dengan gameplay menarik.

Untuk menentukan kualitas game, hal terpenting yang tak boleh diabaikan adalah gameplay. Meskipun sebagian orang mementingkan grafis, namun dengan gameplay yang bagus akan membuat game jadi lebih seru.

Sebagai referensi, kami telah merangkum deretan game Android terbaik 2022 yang bisa dimainkan offline maupun online. Game apa sajakah itu? Pastikan kamu simak ulasan berikut sampai tuntas, ya!

Daftar Game Android Terbaik

Kalau kamu sedang bosan dan butuh hiburan, memainkan game di hp Android bisa jadi pilihan. Apalagi menurut penelitian, bermain game bisa menenangkan pikiran dan meningkatkan kemampuan dalam mengatasi masalah.

Berikut ini rekomendasi game Android terbaik yang wajib dicoba:

1. Alto's Odyssey


Pernah merasa bosan dengan pilihan game di Google Play? Mungkin Anda belum pernah mencoba game yang satu ini. Alto's Odyssey adalah salah satu game petualangan Android terbaik yang sangat simple namun penuh dengan tantangan.

Kenapa Anda harus mencoba Alto's Odyssey? Pertama, game ini bisa dimainkan secara offline. Kedua, paduan grafis serta backsound yang sangat baik sehingga pemain tidak akan bosan menelusuri setiap rintangan.

2. FIFA Mobile 2022


Dikembangkan oleh EA Sports, FIFA Mobile 2022 juga bisa jadi pilihan kalau Anda mencari game Android terbaik.

Bersama e-Football, FIFA Mobile menjelma jadi game bola dengan grafis dan gameplay seru, layaknya di FIFA Console.

Selain dari segi gameplay, FIFA Mobile juga memiliki banyak event yang tak dimiliki pesaingnya, e-Football.

Setiap event menghadirkan pemain-pemain baru dengan rating terbaik. Terlebih, ada menu Market untuk jual-beli pemain.

3. Legends of Runeterra


Di tahun 2020 Legends of Runeterra boleh dibilang salah satu game Android terpopuler. Meskipun hanya menawarkan permainan kartu semata, namun game ini sangat seru.

Terlebih gambar pada kartunya diambil dari karakter yang ada di game League of Legends.

Kalau melihat konsepnya, game ini mirip Artifact atau Hearthstone yang mengharuskan pemain membuat deck dengan gaya bermain tertentu.

Mekanisme game-nya juga cukup unik, dimana pemain bisa naik level dengan mendapatkan kartu berlabel Champion.

Selain itu, pemain memiliki dua pilihan yakni Attack dan Block. League of Runeterra membutuhkan strategi dan perhitungan yang matang agar bisa memenangkan permainan.

4. Wordscapes


Bagi Anda yang mencari game Android terbaik ringan, Wordscapes bisa jadi pilihan. Selain bisa meningkatkan kemampuan otak, game ini juga bisa menambah pengetahuan kosa kata dalam bahasa Inggris.

Di dalam Wordscapes Anda akan menemukan banyak permainan seru, seperti teka-teki silang, mencari kata yang hilang, hingga anagram. Berbekal konsep permaian yang ringan, game ini bisa jadi pelarian di saat bosan.

5. Call of Duty: Mobile


Call of Duty merupakan game besutan Tencent Games yang sudah berpengalaman membuat game populer dalam beberapa tahun terakhir.

Meskipun masih kalah populer, tapi dari segi grafis COD Mobile sedikit lebih baik dari PUBGM.

Call of Duty: Mobile dibekali dengan ragam mode permainan yang berbeda dari game battle royale Android pada umumnya.

Salah satu daya tarik dari game ini adalah konsep pasukan elite yang secara tidak langsung membawa pemain merasakan atmosfer medan perang.

6. I Love Hue


I Love Hue merupakan salah satu game Android terbaik offline berdasarkan pilihan editor Google Play. Bisa dibilang game ini memiliki konsep paling simple di antara game lainnya.

Anda hanya perlu mencocokkan warna sehingga menyatu dengan warna lainnya. Ada lebih dari 900 level yang bisa Anda mainkan dengan tingkat kesulitan berbeda.

I Love Hue cocok dimainkan oleh semua umur, terlebih dengan sajian warna-warna yang indah, game ini bisa jadi teman di kala suntuk dengan pekerjaan.

7. Genshin Impact


Tak perlu diragukan lagi bahwa Genshin Impact pantas menyandang gelar sebagai game RPG Open World Android terbaik.

Pasalnya, game yang rilis di bulan September ini memiliki grafis yang bagus serta gameplay terbaik di antara game open world lainnya.

Dengan grafis yang ditawarkannya, tak heran kalau Genshin Impact hanya bisa dimainkan di hp spek tinggi. Meskipun begitu, game besutan Mihoyo ini dijamin tak akan mengecewakan.

Genshin Impact dibekali gameplay yang tak jauh berbeda dari game RPG pada umumnya. Pemain bisa menjelajahi dunia bernama Teyvat yang sangat luas, menyelesaikan misi, hingga melawan ragam musuh yang menghadang.

8. Hyper Front Lite


Mau cari game Android terbaik tema FPS 5v5 yang mirip Valorant? Hyper Front Lite bisa jadi pilihan! Game yang dibuat oleh NetEase ini menawarkan permainan seru dan karakter unik dengan skill mengagumkan.

Tak jauh berbeda dari Valorant, setiap hero atau karakter dibekali skill berbeda. Dimana Anda bisa memanfaatkannya untuk menyerang atau menghindar dari serangan musuh.

9. GRID Autosport


Meskipun banyak game balapan Android, tapi GRID Autosport menghadirkan gameplay dan suasana yang lebih menantang layaknya berpacu di lintasan nyata.

Game yang rilis pada 2019 ini memiliki banyak fitur menarik yang penuh dengan kejutan.

GRID Autosport adalah salah satu game berbayar terbaik bertemakan balapan mobil yang wajib Anda mainkan selain Asphalt.

Meskipun berbayar, tapi game ini punya banyak kelebihan yang tidak akan Anda dapatkan di game gratisan.

10. Creative Destruction


Menurut banyak gamer, Creative Destruction adalah game Android yang mirip Fortnite. Anggapan ni tentu bukan tanpa alasan, kalau melihat grafis serta gameplay-nya, game besutan NetEase ini memiliki tingkat kemiripan sekitar 90%.

Layaknya Fortnite, di game ini Anda juga bisa membangun tembok sebagai pertahanan.

Meski secara keseluruhan Creative Destruction terbilang menarik untuk dimainkan, namun kekurangan game ini ada pada matchmaking-nya yang terlalu lama.

11. Warnet Life


Sebagai game karya anak bangsa, Warnet Life pantas masuk daftar game Android terbaik. Sesuai namanya, game ini menjadikan kita sebagai pemilik Warnet (Warung Internet). Ada banyak misi yang membuat game ini sangat seru.

Bahkan, Windah Basudara sering main Warnet Life dan sudah memiliki banyak PC spek tinggi. Segera download di Playstore agar tidak ketinggalan keseruannya!

12. Fortnite Mobile


Turut serta meramaikan jagat game battle royale terbaik, Fortnite hadir membawa suasana baru dengan konsep yang berbeda dari game bertemakan battle royale lainnya.

Game yang sebelumnya populer di PC ini kini hadir di perangkat mobile, iOS dan Android.

Namun sayangnya, karena ada masalah dengan Google Play dan Apple Store, Fortnite tidak tersedia di dua platform tersebut.

Sebagain gantinya, gamer yang ingin memainkan game ini bisa mengunduh langsung dari website resmi Epic Games.

13. Among Us


Kehadiran Among Us semakin menambah daftar game Android terbaik 2022. Meskipun sudah lama dirilis, namun game yang dikembangkan oleh InnerSloth ini baru mendapatkan kepopuleran menjelang akhir tahun 2020.

Among Us adalah game bertemakan action survival yang berlatar di dalam pesawat ruang angkasa. Di game ini ada kubu Impostor dan Crewmate yang masing-masing memiliki tugas berbeda.

Untuk bisa memenangkan permainan, Impostor harus pandai berbohong, membunuh Crewmate, dan membaca situasi permainan. Sementara Crewmate akan menang jika pandai menganalisa jalannya permainan.

14. Roblox


Roblox juga termasuk game Android terbaik yang wajib dicoba. Game yang sudah diulas lebih dari 18 juta pengguna ini menghadirkan grafis yang cukup baik serta gameplay yang berbeda dari game mobile pada umumnya. 

Di Roblox Anda bisa membuat game sendiri dan mengajak teman untuk ikut bermain. Di samping itu, Anda juga bisa memainkan game yang dibuat oleh pemain lain.

Berbekal konsep yang unik, Roblox berpotensi jadi game nomor 1 di Indonesia.

15. Plants vs Zombies

Plants vs Zombies, siapa yang tak tahu game ini? Yaps, salah satu game strategi terbaik di Android yang selalu berada dalam daftar game populer di Google Play.

Dari segi gameplay PvZ 2 tak jauh berbeda dari pendahulunya, Plants vs Zombies Free.

Namun, perbedaan yang paling terlihat ada pada desain karakter Plant dan Zombie. Di versi terbaru, karakternya lebih banyak dengan detail pada setiap bagian.

16. Lords Mobile


Rekomendasi game Android terbaik selanjutnya adalah Lords Mobile. Sejak awal dirilis, game ini sudah melampaui 350 juta unduhan di Google Play.

Meskipun mengusung konsep permainan yang simple, namun gameplay-nya cukup berkesan dan tidak membosankan.

Game strategi Android ini memungkinkan pemainnya untuk membangun kastil dan melindunginya dari pemain lain dengan bantuan hero yang memiliki ragam kemampuan.

Di Lords Mobile Anda harus menyusun strategi terbaik untuk memenangkan pertempuran.

17. Asphalt 9: Legends


Setelah seri sebelumnya sukses, Gameloft merilis seri terbaru dari franchise Asphalt, yakni Asphalt 9: Legends. Game bertemakan balapan ini termasuk game balap mobil terbaik di Android.

Ini bisa dilihat dari rating 4,4 dan banyaknya ulasan positif dari pengguna.

Asphalt 9: Legends menghadirkan jajaran mobil sport keren yang tidak akan ditemukan di game balapan lain. Anda bisa memilih mobil seperti Porsche, Lamborghini, atau Ferrari.

Selain balapan offline, Anda juga bisa menantang pemain lain dengan fitur multi-player. Asphalt 9: Legends memiliki kontrol yang baik dan bisa diatur sesuai keinginan.

Selain itu tampilan grafisnya juga sangat baik dan terlihat realistis.

18. Stumble Guys


Siapa sih yang tidak tahu Stumble Guys? Game yang viral karena dimainkan beberapa Youtuber Gaming ini bisa jadi opsi kalau mencari game Android terbaik. Selain gameplay seru, Stumble Guys juga punya banyak skin lucu.

Stumble Guys juga termasuk game ringan di Android karena ukuran file-nya sangat kecil. Bahkan, Anda bisa memainkannya di hp kentang tanpa khawatir ngelag. Cobain deh sekarang!

19. The Sims

The Sims bisa jadi pilihan yang tepat jika Anda mencari game simulasi Android terbaik. Game ini sudah lama menjadi primadona di kalangan pengguna smartphone.

Meskipun saat ini banyak game bertemakan simulasi, namun The Sims masih menjadi yang terbaik.

The Sims menghadirkan gameplay yang memungkinkan pemainnya untuk menjalani hidup layaknya dunia nyata.

Anda bisa membangun karakter, membuat rumah, hingga berinteraksi. Bahkan di game ini Anda juga bisa menjalin hubungan dan menikah.

20. Cooking Madness


Hadir sebagai game Android terbaik bertemakan memasak offline, Cooking Madness menyajikan permainan seru dan penuh dengan tantangan.

Di game ini Anda berperan sebagai pemilik restoran yang harus melayani pesanan pelanggan.

Cooking Madness memiliki banyak level yang mana setiap levelnya menghadirkan kesulitan yang berbeda.

Untuk masing-masing level yang diselesaikan, Anda akan mendapatkan ragam item dapur yang bisa digunakan pada level berikutnya.

21. Farlight 84


Bertemakan battle royale, Farlight 84 adalah game baru yang siap menyaingin Free Fire dan PUBG. Berbekal grafis “cerah” dan gameplay mirip Apex Legends, game ini cukup seru dimainkan. Terlebih, full size-nya terbilang ringan.

Di Farlight 84 setiap pemain akan bertempur di medan perang untuk memperebutkan peringkat pertama.

Hal paling menarik di game ini adalah pilihan senjata unik, dan Jetpack untuk terbang atau menghindar dari tembakan musuh.

22. Rules of Survival (Sudah Hilang di Playstore)

Meskipun tidak sepopuler game battle royale Android lain seperti PUBGM atau Free Fire, namun bukan berarti Rules of Survival jelek.

Bahkan saat mencoba game ini, penulis merasa ROS mampu mengimbangi pesaingnya dari segi grafis dan gameplay.


Selain itu konsep battle royale yang dihadirkan juga berbeda, Rules of Survival lebih menonjolkan grafis penuh warna baik dari bangunan maupun arena permainan.

Kekurangannya mungkin ada pada cheater yang membuat banyak pemain meninggalkan game ini.

23. Naruto x Boruto Ninja Voltage

Untuk melengkapi daftar ini, kami merekomendasikan Naruto x Boruto Ninja Voltage sebagai game Naruto terbaik di Android.

Mengusung tema action, game besutan Bandai Namco ini menghadirkan banyak karakter dari gabungan anime Naruto dan Boruto.

Di game ini Anda akan disuguhkan dengan pertarungan menarik layaknya anime Naruto. Anda bisa mengeluarkan jutsu pada karakter yang dipilih, seperti Naruto, Sasuke, Jiraiya, hingga Sarada Uchiha.

Selain itu Anda juga bisa membuat klan yang terdiri dari 4 orang dan bertarung dengan pemain lain ataupun musuh untuk meningkatkan level permainan.

24. Sakura School Simulator


Selanjutnya ada Sakura School Simulator yang merupakan game Android terbaik tema simulasi saat ini. Dikembangkan oleh Garusoft Development, game ini sangat populer karena menghadirkan gameplay sederhana namun berkesan.

Bahkan ada ID Sakura School Simulator yang bisa Anda gunakan untuk mengunjungi tempat-tempat keren nan indah, seperti mall, rumah BTS, rumah Blackpink Krusty Krab, hingga rumah Upin Ipin.

25. League of Legends: Wild Rift


Bosan dengan game Mobile Legends? Anda bisa mencoba League of Legends: Wild Rift yang menghadirkan gaya permainan serupa seperti game MOBA lainnya.

Ini termasuk game Android terbaru yang menjadi pesaing utama dari Mobile Legends dan AOV.

LOL Wild Rift dikembangkan oleh Riot Games dan merupakan versi mobile dari League of Legends PC dengan menyajikan banyak perbedaan mulai dari karakter hingga arena permainan.

26. Mars


Jika daftar sebelumnya terlalu mainstream, mungkin Anda akan menyukai game ini. Mars adalah game terbaik Android bergenre aksi dengan konsep pengiriman kelompok sukarelawan untuk mengeksplorasi planet Mars menggunakan jetpack.

Game ini memiliki ragam fitur menari, di antaranya menjelajahi planet Mars untuk menyelesaikan misi, hingga selfie di daratan planet. Uniknya, Mars dibekali dengan grafis yang sangat smooth dan berkualitas.

Selain daftar di atas, masih banyak lagi game terbaik di Android yang menyajikan gameplay luar biasa. Beberapa di antaranya, Into the Dead 2, The Walking Zombie 2, Gardenscape, Dream League Soccer, hingga Last Day on Earth.

Semuanya gratis dan bisa dimainkan di Android 5.0 Lollipop. Tapi, guna mendapatkan kenyamanan saat bermain, sebaiknya kamu pakai perangkat dengan chipset dan prosesor terbaik.

Akhir Kata

Sebagai catatan, pada daftar ini kami tidak menyertakan PUBG Mobile, Free Fire, maupun Mobile Legends. Tapi bukan berarti tidak bagus, melainkan game tersebut sudah terlalu mainstream dan sering dibahas di banyak situs.

Demikian ulasan tentang game Android terbaik yang bisa membuat pemainnya ketagihan., Mulai dari gameplay hingga grafis dibuat sangat menarik sehingga meningkatkan rasa penasaran pemain untuk memainkannya lagi dan lagi.