6 Ide Bisnis Kuliner Rumahan dengan Modal Kecil di 2021

Ide Bisnis Kuliner Modal Kecil

Semakin hari dunia kuliner mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Lonjakan yang terjadi tentu memberikan banyak manfaat, ide bisnis kuliner modal kecil adalah salah satunya. Ya, prospek yang ada bisa dibilang sangat cerah.

Namun, tentu harus dibarengi dengan ketekunan dan sabar menjalani bisnis dalam bidang kuliner. Pasalnya, persaingan bukan hanya satu atau dua orang saja, ada puluhan bahkan ratusan pebisnis yang mempunyai ide serupa.

Selain mempelajari tips jualan agar laku keras, memahami pasar dan konsumen bisa jadi solusi yang tepat agar mampu bersaing. Berikut ini beberapa usaha makanan modal kecil untung besar yang bisa Anda coba.

Rekomendasi Ide Bisnis Kuliner Modal Kecil

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bisnis kuliner di bidang makanan akan selalu laku di pasaran. Pasarnya sangat luas, karena merupakan kebutuhan pokok manusia.

Kalau bingung mau usaha apa, simak ide bisnis kuliner modal kecil di bawah ini.

1. Indomie Berlevel

ide bisnis kuliner rumahan modal kecil

Siapa yang tak suka Indomie? Semua orang pasti tak bisa menolak aroma serta cita rasa dari produk mie instan asli Indonesia ini. Kalau Anda jeli melihat peluang, Indomie bisa lho dijadikan peluang bisnis kuliner menguntungkan.

Saat ini di media sosial banyak orang yang menjual Indomie berlevel dengan bentuk dan kemasan menarik. Terlebih, bisnis ini tak memerlukan tempat yang besar. Anda bisa memulai dari rumah dan menjualnya secara online melalui Facebook atau Instagram.

Indomie dengan varian level termasuk usaha makanan unik dengan modal kecil yang mudah dijalankan. Cukup dengan modal Indomie, sawi, telur, dan bumbu pedas. Apalagi saat ini banyak tutorial resep di Youtube yang bisa jadi referensi.

2. Donat Aneka Rasa

ide bisnis donat modal kecil

Berikutnya ada donat aneka rasa yang termasuk ide bisnis makanan online untuk pemula paling mudah. Tak perlu ahli dalam bidang pastry. Anda bisa melihat tutorial membuat donat empuk di Youtube, misalnya channel Pufflova.

Di samping itu, untuk menjualnya juga tidak dibutuhkan tempat, cukup pasarkan secara online atau tawarkan ke teman-teman terdekat dan minta mereka memposting di sosial media. Asal tekun, bisnis ini pasti akan berjalan lancar.

3. Cemilan Ringan

Mindset bisnis harus punya modal besar tak berlaku di dunia digital. Pasalnya, ada banyak usaha makanan yang bisa dititipkan di warung dengan modal kecil. Salah satunya cemilan ringan seperti keripik cabe, keripik pisang, basreng, makaroni pedas, dll.

Kebiasaan masyarakat yang suka ngemil bisa Anda manfaatkan untuk memulai bisnis. Perkiraan modal untuk bisnis ini sekitar Rp100.000 dengan keuntungan mencapai 50% - 60%.

4. Frozen Food

Berjualan frozen food atau makanan beku juga termasuk jenis usaha kuliner yang paling laku saat ini. Sebab, hampir semua orang menyukai sesuatu yang instan. Contohnya sosis, nuget, kebab, dimsum, hingga risoles.

Tapi, untuk memulai bisnis ini, Anda harus memiliki freezer atau kulkas untuk mendinginkan makanan. Sama seperti bisnis lainnya, frozen food bisa dipasarkan secara online atau membuka sistem reseller agar menjangkau lebih banyak konsumen.

5. Rice Bowl

Rice Bowl menjadi makanan yang digemari generasi milenial. Selain simpel dan praktis, variannya juga sangat beragam. Saat ini banyak contoh bisnis rice bowl yang sukses, sebut saja Sunny Fatday, Mangkok Ku, hingga Dailybox milik chef Willgoz.

Kalau Anda mencari ide bisnis makanan kekinian, mungkin berjualan Rice Bowl dari rumah bisa jadi pilihan. Anda bisa memulai usaha ini dari dapur umah dan menjualnya di medsos, GoFood, GrabFood, hingga ShopeeFood.

6. Katering ala Rumahan

Menutup rekomendasi ide bisnis kuliner modal kecil kali ini, saya punya firasat yang baik untuk katering ala rumahan. Apalagi kalau rumah Anda berada di sekitaran kampus atau tempat kos. Ini bisa jadi bisnis tanpa rugi yang untungnya berkali-kali lipat.

Kalau Anda punya kemampuan mengolah masakan, tidak ada salahnya mencoba bisnis ini. Hanya saja, kesulitannya ada di awal-awal buka. Anda harus mencari pelanggan dan memasarkan dengan sabar kepada mahasiswa atau pekerja.

Kesimpulan

Selain daftar di atas, usaha makanan rumahan online bisa dikondisikan dengan produk yang kira-kira paling dicari di sekitar tempat tinggal Anda. Intinya, jual sesuatu yang berpeluang mendatangkan banyak keuntungan dalam waktu singkat.

Demikian beberapa ide bisnis kuliner modal kecil yang mudah dan bisa dijalankan dari rumah. Kalau boleh memberi saran, coba pelajari tips promosi di media sosial seperti yang sudah saya tulis di blog ini. Akhir kata, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel