4 Cara Mengatasi Situs Ini Tidak Dapat Dijangkau di Chrome Android (UPDATE 2021)

cara mengatasi situs ini tidak dapat dijangkau di chrome android

Normanardik.com
– Beberapa waktu lalu ketika sedang mencari informasi di Chrome Android, tiba-tiba Google error dan menampilkan pesan, “Situs ini tidak dapat dijangkau”. Setelah ditelusuri, ternyata ini disebebabkan oleh beberapa hal, salah satunya server down.

Namun pada dasarnya, error Chrome Android sangat biasa terjadi mengingat Google merupakan search engine terbesar di dunia. Lebih dari 80% pengguna internet menggunakan Google untuk mencari informasi, entah itu hiburan atau materi dan Brainly atau lainnya.

Sehingga ketika traffic ke melebihi kapasitas, server akan down untuk sementara waktu. Tapi, kalau kamu ingin tahu cara mengatasi situs ini tidak dapat dijangkau di Chrome Android, silahkan simak penjelasan berikut ini.

Cara Mengatasi Situs Ini Tidak Dapat Dijangkau di Google

1. Hapus Browser History, Cache Data, dan Cookies

Penyebab situs ini tidak dapat dijangkau di Chrome Android salah satunya browser mengalami over capacity atau sudah terlalu banyak situs yang dibuka sehingga menyebabkan sampah/cache menumpuk.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menghapus riwayat browsing, cache, dan cookies, seperti langkah-langkah berikut ini.

  1. Silahkan buka browser Chrome di Android
  2. Ketuk titik atau garis tiga di pojok kanan atas, lalu pilih Riwayat/History
  3. Kemudian tap Hapus Data Browsing
  4. Cecklist semua opsi kecuali “Sandi yang disimpan”
  5. Terakhir tap Hapus Data

Setelah semua history terhapus, tutup browser, tunggu beberapa saat dan coba kunjungi kembali situs yang ingin Anda buka sebelumnya. Notifikasi Situs ini tidak dapat dijangkau masih ada atau sudah hilang?

2. Force Stop dan Hapus Data Aplikasi

Kalau cara sebelumnya tidak berhasil, kamu bisa melakukan force stop atau menghentikan paksa Google Chrome dan menghapus data aplikasi. Sebenarnya langkah ini sangat mudah. Apa? Belum tahu caranya? Mmm, baiklah, perhatikan tutorial berikut.

  1. Buka Pengaturan/Setting di smartphone Anda
  2. Selanjutnya tap Manajer Aplikasi
  3. Kemudian pilh Google Chrome
  4. Scroll ke bawah, ketuk Hapus Data dan Force Stop/Paksa Berhenti

3. Restart Smartphone dan Aktifkan Mode Pesawat

Selanjutnya, jika cara mengatasi situs ini tidak dapat dijangkau di Chrome Android pada poin di atas masih belum berhasil, silahkan restart atau mulai ulang perangkat Anda. Setelah itu, coba akses situs lewat Google Chrome.

Masih belum ada perubahan? Coba aktifkan mode pesawat selama 2 menit, kemudian nonaktifkan kembali.

4. Internet Bermasalah, Ubah Pengaturan Jaringan

Pada beberapa kasus, internet yang kurang stabil juga dapat menyebabkan akses ke Google Chrome terganggu, apalagi kalau jaringan hanya tersisa 1 batang. Kalau masalahnya seperti ini, solusi terbaik adalah dengan mengubah mode jaringan atau APN.


Penyebab situs ini tidak dapat dijangkau di Chrome Android juga bisa karena situs yang Anda buka sudah diblokir pemerintah karena mengandung unsur-unsur pornografi atau ilegal. Selain itu, masalah server down juga bisa jadi penyebabnya.

Simpulan

Dengan mengikuti beberapa panduan di atas, kemungkinan masalah error Google dapat teratasi. Namun, kalau tidak ada perubahan, tentu Anda harus sedikit bersabar karena ada masalah di server Google atau sedang di-maintenance.

Demikian beberapa cara mengatasi situs ini tidak dapat dijangkau di Chrome Android. Semoga artikel ini bisa membantu Anda yang sedang mengerjakan tugas atau mencari informasi seputar dunia hiburan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel